SOLOPOS.COM - Ilustrasi ekspor impor. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA–Perang Rusia dan Ukraina ternyata tidak berdampak signifika terhadap kinerja ekspor dan impor Indonesia.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono pada 2021, pangsa ekspor Indonesia ke Rusia hanya sebesar 0,65% dari seluruh total ekspor Indonesia pada 2021. Pangsa impor dari Rusia ke Indonesia juga kecil, yaitu hanya 0,64% dari total impor sepanjang 2021.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Pada Januari dan Februari 2022, pangsa ekspor dari Indonesia ke Rusia mencapai 0,84% dan impor dari Rusia sebesar 1% pada Januari dan Februari 2022. Demikian juga dengan Ukraina, di mana pangsa ekspor dari Indonesia ke negara itu hanya 0,18% dan impor dari Ukraina sebesar 0,53% pada 2021.

Baca Juga: Presiden Jokowi Serukan Perang Rusia Vs Ukraina Dihentikan

Pada Januari dan Februari 2022, pangsa ekspor Indonesia ke Ukraina tercatat sebesar 0,07% dan impor dari Ukraina sebesar 0,1%. “Jadi hubungan Indonesia dan Rusia-Ukraina dari ekspor impor, share-nya tidak terlalu besar ke kedua negara tersebut,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (15/3/2022).

Margo menambahkan komoditas impor terbesar dari Rusia ke Indonesia adalah besi dan baja. Namun, pangsanya hanya 3,74%, jauh lebih rendah dibandingkan dengan impor besi dan baja dari China yang mencapai 22,95%. “Artinya kita bisa mengimpor atau meningkatkan impor dari negara lain jika impor dari Rusia pada Maret 2022 terjadi gangguan,” jelasnya.

Baca Juga: BPS Prediksi Produksi Padi Januari-April 2022 Tembus 14,6 Juta Ton

komoditas impor utama dari Ukraina ke Indonesia adalah Serealia. Namun pangsanya juga kecil, hanya 2,16%, dibandingkan dengan Australia yang mencapai 36,09%. “Jika impor serealia dari Ukraina terganggu kita bisa meningkatkan impor dari negara lain agar pasokan tidak terganggu sehingga ekonomi Indonesia bisa berjalan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul: BPS Pastikan Dampak Perang Rusia vs Ukraina Tak Signifikan ke Kinerja Ekspor dan Impor RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya