Perampok yang Bunuh Satpam Gudang Rokok di Solo Ternyata Banyak Utang

Banyaknya utang yang ditanggung pelaku melatarbelakangi aksi perampokan selain adanya motif dendam kepada korban yang dibunuh.

 Garis polisi dipasang di lokasi kejadian perampokan di gudang rokok di Serengan, Solo, yang menyebabkan seorang satpam meninggal dunia. (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

SOLOPOS.COM - Garis polisi dipasang di lokasi kejadian perampokan di gudang rokok di Serengan, Solo, yang menyebabkan seorang satpam meninggal dunia. (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Penyidik Satreskrim Polresta Solo menyimpulkan aksi perampokan gudang rokok di Serengan, Solo, dilakukan tersangka RS/RM alias S, 21, sendirian. Perampokan tersebut mengakibatkan satpam gudang, Suripto, 35, meninggal dunia.

“Sampai saat ini berdasarkan bukti-bukti yang kami dapatkan, kami simpulkan pelaku tunggal. Apakah nanti ada peranan atau bantuan dari yang lain, masih kami dalami,” terang Kasatreskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika, Rabu (24/11/2021) pagi.

PromosiSiasat Candradimuka Paku Buwono VI & Diponegoro di Lereng Merbabu Selo

Dia menjelaskan tersangka nekat melakukan aksinya dilatarbelakangi rasa dendam kesumat terhadap korban. Sebelum beraksi, tersangka terlebih dulu merencanakan aksinya termasuk melakukan pengintaian terhadap korban terlebih dulu.

Baca Juga: 10 Fakta Terkait Perampokan dan Pembunuhan Satpam Gudang Rokok di Solo

Ketika ada kesempatan tersangka langsung melancarkan aksinya. “Setelah kami telusuri semuanya, bahwa tersangka ini merencanakan terlebih dulu, melakukan pengintaian terlebih dulu, baru di saat ada waktu luang dia melancarkan aksinya,” papar dia.

Selain dengan motif dendam terhadap korban, tersangka mengambil brankas berisi uang Rp310 juta karena didasari motif ekonomi. Berdasarkan keterangan yang dihimpun penyidik diketahui tersangka mempunyai banyak sekali utang yang harus dia lunasi.

“Makanya disampaikan Pak Kapolresta sebelumnya bahwa selain dendam itu adalah motif ekonomi. Karena tersangka punya banyak sekali meninggalkan utang. Di sisi lain bahwa memang ada permasalahan pribadi antara korban dengan tersangka,” urai dia.

Baca Juga: Terkuak, Perampok Gudang Rokok Solo Buang Brankas ke Sungai di Wonogiri

Namun Andika enggan menyebutkan berapa besaran utang tersangka. Sedangkan disinggung brankas yang dicuri dan dibuang tersangka, menurut dia lokasinya di sungai yang besar dan arusnya sedang deras. Sebab saat ini sedang musim penghujan.

Dengan kondisi seperti itu menurut Andika belum memungkinkan bagi penyidik untuk melakukan pencarian. Sehingga penyidik berencana menerbitkan daftar pencarian barang (DPB). Terkait barang bukti (BB) kejahatan, dia menyatakan tak harus brankas.

“Kan BB tidak harus dari brankas, tapi uang yang diambil bisa dijadikan petunjuk buat kami,” terang dia. Saat ditanya sisa uang setelah digunakan tersangka, Andika tak mau menyebutkan. Uang disimpan di beberapa rekening di sebuah bank di Wonogiri. “Ada yang buka rekening baru, dan ada yang ditransfer ke rekening dia yang lama,” urai dia.

Baca Juga: Foto-Foto Penyerahan Tali Asih kepada Satpam Korban Perampokan di Solo

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pura-Pura Mau Beli, Warga Karangnongko Klaten Gondol Motor Showroom

Pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di showroom yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten, Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap polisi.

Joss! Pelajar SMA di Teras Boyolali Diterima di 7 Kampus Luar Negeri

Kisah inspiratif kali ini tentang seorang pelajar SMA asal Teras, Boyolali, diterima di tujuh kampus luar negeri.

Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Jembatan Jurug Lama di Kota Solo konon menyimpan segudang kisah misteri.

Waduh! Pemuda Wonogiri Emoh Jadi Petani

Generasi muda di Wonogiri, Jawa Tengah, enggan belajar di bidang pertanian.

Sekolah di Sragen Siap PTM 100%,

Sekolah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, sudah siap menggelar PTM secara penuh.

Ini Alasan Kemenparekraf Bangun Kampus Rp400 Miliar di Gemolong Sragen

Keberadaan kampus Politeknik Pariwisata senilai Rp400 miliar yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, diyakini akan membawa multiplier effects bagi warga setempat.

Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sampah Putri Cempo di Mojosongo, Solo, diproyeksikan menjadi tempat wisata edukasi.

Curhatan Ibu-Ibu Solo Pengguna Sepur Kelinci: Dulu Senang, Kini Waswas

Sejumlah ibu-ibu yang kerap naik sepur kelinci untuk hiburan bersama anak-anak mereka di wilayah Solo mengaku kini takut naik kendaraan tersebut setelah peristiwa kecelakaan di Boyolali.

Tak Hanya Ganjar dan Rudy, Gibran Juga Absen Halalbihalal PDIP Jateng

Selain Ganjar Pranowo yang tak diundang, FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka yang diundang juga tak menghadiri halalbihalal DPD PDIP Jateng.

TPA Putri Cempo Solo Bakal Impor Sampah, Dari Mana?

TPA Putri Cempo di Mojosongo, Solo, akan impor sampah untuk memenuhi kebutuhan operasional PLTSa beberapa tahun ke depan.

Kereta Kelinci di Klaten hanya Diperbolehkan Beroperasi di Area Wisata

Jajaran Polres Klaten mengimbau ke pemilik/pengelola kereta kelinci tidak mengoperasikan kendaraan tersebut di jalan raya di Kabupaten Bersinar.

Dulu Penuh Sampah, Lahan di Mojayan Klaten Kini Jadi Tempat Berkuda

Ada tempat berkuda yang terhitung baru di Klaten. Namanya de Christo Equine Park.

Agrowisata Tani Manunggal Selogiri Wonogiri Ajak Anak Muda Bertani

Agrowisata Barro Tani Manunggal berdiri di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri. Agrowisata tersebut menjadi tempat bagi siapa pun yang ingin belajar bercocok tanam dengan benar.

Wow! Politeknik Pariwisata Sragen Dilengkapi Hotel Internasional Lur

Kampus Politeknik Pariwisata yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, akan dilengkapi sejumlah fasilitas pembelajaran mewah hotel berkelas internasional.

Basarnas Pos SAR Surakarta Bertemu Perwakilan Sukarelawan se-Soloraya

Basarnas Pos SAR Surakarta menyelenggarakan halalbihalal di kantor Basarnas Pos SAR Surakarta Jl. Tentara Pelajar, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (14/5/2022).