SOLOPOS.COM - Kapolsek Tawangmangu dibantu anggota Polres Karanganyar dan Polda Jateng mengecek kendaraan dari Jatim yang masuk wilayah Jateng melalui Kecamatan Tawangmangu pada Selasa (26/5/2020). (Istimewa/Polsek Tawangmangu)

Solopos.com, SOLO -- Jajaran Polresta Solo masih menggelar operasi penyekatan di beberapa batas Kota Solo sebagai antisipasi arus balik Lebaran. Dalam hal ini, Polresta Solo bekerja sama dengan satuan polres lain seperti Polres Karanganyar.

Dalam penyekatan itu, polisi akan memeriksa kendaraan yang diduga hendak meninggalkan Kota Solo menuju wilayah Jabodetabek. Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai kepada wartawan, Kamis (28/5/2020), mengatakan kendaraan yang akan keluar Kota Solo diperiksa petugas di wilayah perbatasan.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Kapolresta menyebut dikarenakan Kota Solo merupakan lokasi tujuan pemudik, untuk memudahkan penyekatan jajarannya berkoordinasi dengan satuan wilayah lain seperti Polres Karanganyar.

Rapid Test Covid-19 di Pasar dan Swalayan Sukoharjo: 5 Orang Reaktif

"Di pintu tol berada di wilayah Karanganyar, sedangkan kami di Solo tinggal berkoordinasi dengan Polres Karanganyar menginformasikan kendaraan-kendaraan yang akan melintas di lokasi tersebut," papar dia.

Ia menyebut saat penyekatan arus balik, polisi di Solo akan memeriksa kelengkapan yang dibawa pengguna kendaraan. Kelengkapan itu termasuk surat izin keluar masuk atau SIKM bagi yang hendak ke Jakarta.

Update Kasus Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Tembus 24.538, Sembuh 6.240

Menurutnya, apabila pengguna kendaraan itu tidak melengkapi diri dengan persyaratan dimaksud, kepolisian akan meminta mereka kembali ke daerah masing-masing.

Kenormalan Baru

Kapolresta menyebut Bhabinkamtibmas di wilayah sudah berkoordinasi dengan ketua lingkungan mengantisipasi arus mudik maupun arus balik saat ini. Sementara itu, selain penyekatan arus balik pemudik dari Solo, saat ini jajaran Polresta Solo tengah menyiapkan diri di era kenormalan baru di Kota Solo.

Ganjar Belum Terapkan New Normal, Berapa Tingkat Penularan Covid-19 di Jateng versi Bonza?

"Berdasarkan rapat dengan Forkopimda beberapa waktu lalu beberapa kegiatan masyarakat seperti perekonomian dan tempat ibadah akan dimulai lagi. Kami kepolisian juga menyiapkan berupa penempatan personel di lokasi berkumpulnya masyarakat," ujar Kapolresta Solo.

Menurutnya, kepolisian akan berperan untuk membantu menertibkan masyarakat agar patuh pada protokol kesehatan. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa namun protokol kesehatan tetap menjadi kewajiban.

Pemkab Sukoharjo Kini Tak Lagi Terbitkan Suket Pengganti E-KTP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya