SOLOPOS.COM - Infografis Penyakit Bawaan Pasien Covid-19 (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JAKARTA — Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sejumlah risiko kesehatan seperti obesitas, gula darah tinggi, dan polusi udara luar ruangan memicu tingkat kematian akibat serangan virus corona pemicu Covid-19.

Penelitian The Global Burden of Disease Study (GBD) yang dipublikasikan The Lancet, salah satu jurnal pengobatan, mengungkapkan perbanyakan kematian akibat Covid-19 itu. Lebih jauh, hal itu menunjukkan bahwa dunia tengah mendekati titik balik dalam peningkatan harapan hidup.

Promosi Jadi Merek Bank Paling Berharga di RI, Nilai Brand BRI Capai US$5,3 Miliar

Inilah Situs-Situs Streaming Legal Subtitle Indonesia Anime Jepang

"Sebagian besar faktor-faktor risiko ini dapat dicegah dan diobati, dengan mengatasinya akan memberikan manfaat sosial dan ekonomi yang besar," kata Professor Christopher Murray, Direktur Institute for Health Metrics and Evaluation/IHME di Universitas Washington, Amerika Serikat, dikutip dari riset yang dipubikasikan The Lancet, Minggu (18/10/2020).

Meningkatnya kematian akibat Covid-19 itu, jelasnya, diakibatkan oleh kegagalan masyarakat untuk mengubah perilaku-perilaku tidak sehat, terutama yang berkaitan dengan kualitas makanan, asupan kalori, dan kegiatan fisik. Hal itu juga didorong oleh tidak adanya perhatian yang cukup dari pemangku kebijakan dan pendanaan untuk kesehatan publik dan riset perilaku.

Penyakit Tidak Menular

"Faktor risiko seperti diabetes, gula darah tinggi, obesitas, dan penyakit tidak menular [PTM] misalnya jenis kardiovaskular dapat meningkatkan risiko kematian karena Covid-19," jelas penelitan itu.

Rumah di 2 Negara, Terima Tamu di Indonesia, Makan di Malaysia

Richard Horton, pemimpin redaksi The Lancet, mengatakan penyakit tidak menular telah memainkan peran penting dalam kematian lebih dari 1 juta orang akibat Covid-19 hingga saat ini.  "Dan akan terus mempengaruhi kondisi kesehatan di setiap negara setelah pandemi ini mereda," katanya.

Untuk itu, tindakan darurat diperlukan guna mengatasi penyakit-penyakit kronis global, kesenjangan sosial, dan Covid-19. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan sistem kesehatan yang kuat, sehingga negara-negara di dunia dapat lebih kuat dalam menghadapi ancaman pandemi di masa depan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya