Rumah di 2 Negara, Terima Tamu di Indonesia, Makan di Malaysia
Penampakan rumah unik di dua negara yang diunggah pengguna akun Tiktok @keykokey, Sabtu (17/10/2020). (TikTok-@keykokey)

Solopos.com, JAKARTA —  Potret sebuah rumah yang berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia menjadi sorotan netizen. Pasalnya, rumah tersebut dinilai unik karena beberapa bagian dari rumah itu berada di dua negara berbeda, yaitu Indonesia dan Malaysia.

Penampakan rumah unik tersebut diunggah oleh pengguna akun Tiktok @keykokey, Sabtu (17/10/2020). Hingga kini, video tersebut sudah ditonton lebih dari 7,9 juta orang di TikTok. Bahkan menjadi video yang paling banyak ditonton di akun tersebut.

Setelah ditelisik lebih dalam, rumah itu berada di daerah Desa Aji Kuning, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Video Sejoli Bercumbu di Taman Kota Ponorogo Viral di Medsos

Sebagaimana diketahui, wilayah tersebut merupakan perbatasan darat antara Indonesia dan Malaysia yang membentang sepanjang 2.019 km. Perbatasan itu memisahkan provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat dengan negara bagian Sabah dan Sarawak.

“Jadi ini rumah yang viral, antara Indonesia dan Malaysia. Ini ruang tamunya ada di Indonesia sedangkan dapurnya sendiri itu ada di Malaysia. Bayangin gak si guys kalian itu bisa mondar-mandir Inonesia-Malaysia dong,” jelas @keykokey di video tersebut.

Dalam video berdurasi 18 detik itu mulanya @keykokey menyoroti tentang beberapa ruangan di kediamannya itu. Ruang pertama yang ia tunjukkan adalah sebuah potret ruang tamunya yang berada di Indonesia.

Rekam Demo Omnibus Law, Warga Malah Digebrak Polisi

Ruangan tersebut memiliki tembok warna merah dengan potret Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di temboknya.

Setelah itu, ia beralih memperlihatkan dapur dan ruang makan yang berada di Malaysia. Bahkan, tembok di ruangan itupun ditempel bendera Malaysia dengan ukuran yang cukup besar.

Patok Tiga

Rumah unik itu bahkan disebut sebagai Rumah Perbatasan Patok Tiga. Patok Tiga adalah kawasan perbatasan yang dijaga ketat oleh petugas perbatasan karena mobilitas warga keduanya yang sangat aktif dan berkembang.

Warganet Indonesia Duduki Instagram Rapper DPR Live

“Jadi emang gitu rumah-rumah di sini itu dibagi dua antara Indonesia dan Malyasia dan ini tuh benderanya antara Indonesia dan Malaysia,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang di himpun oleh Madiunpos.com, pada awalnya rumah ini adalah kediaman milik warga Indonesia bernama Mangapara. Sebelum dijadikan tempat tinggal, rumah ini berfungsi sebagai kantor dan tempat penyimpanan biji cokelat.

Namun, saat ini Mangapara telah pindah dan rumah tersebut dijadikan tempat wisata. Tiket masuknya pun tak dipungut biaya sepeserpun atau gratis. Gimana guys tertarik enggak main ke sini?

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Sumber: Madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom