Pentingnya Pengembangan Model-Model Bisnis demi Optimalkan Investasi

Optimisme sektor industri terus terlihat pada Triwulan IV tahun 2021 dengan kembalinya PMI Manufaktur di level ekspansif dengan capaian 53,5.

 Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Istimewa-Kemenko Perekonomian)

SOLOPOS.COM - Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Istimewa-Kemenko Perekonomian)

Solopos.com, JAKARTA — Optimisme sektor industri terus terlihat pada Triwulan IV tahun 2021 dengan kembalinya PMI Manufaktur di level ekspansif dengan capaian 53,5.

Utilisasi industri pengolahan juga terus meningkat dan mencapai yang tertinggi sebesar 67,6%. Impor Barang Modal dan Bahan Baku juga tumbuh masing-masing 23,1% dan 60,5% secara year on year di bulan November 2021. Hal ini mencerminkan bahwa sektor industri semakin solid dalam menopang pemulihan ekonomi nasional.

PromosiPembuktian BNI Jadi Pelopor Green Banking

“Melalui penciptaan pusat-pusat ekonomi baru, pembentukan kawasan strategis ekonomi, serta memberikan insentif yang menarik untuk berbagai Kawasan Industri (KI), termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Pemerintah terus mendorong pemulihan ekonomi dan peningkatan investasi di daerah,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual dalam acara dialog nasional bertajuk “Strategi Meningkatkan Daya Saing Kawasan Industri Indonesia” yang diselenggarakan oleh Himpunan Kawasan Industri (HKI), Kamis (27/1/2022) dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Baca Juga: Airlangga: Sinergi Semua Pihak, Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Airlangga  juga menyampaikan bahwa pengembangan KI diutamakan di luar Pulau Jawa dan difokuskan pada percepatan penyediaan sarana penunjang, infrastruktur, mempercepat perizinan, guna mendorong peningkatan investasi, juga bentuk-bentuk kerja sama antara Pemerintah dan Badan Usaha.

“Peningkatan daya saing di sektor industri tidak lepas dari dukungan infrastruktur, juga terkait dengan aplikasi teknologi. Tentunya industri yang berbasis hilirisasi, substitusi impor, orientasi ekspor, dan juga pendalaman struktur value chain membutuhkan SDM yang tangguh,” kata Airlangga.

Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Sektor Industri. Melalui PP tersebut diharapkan dapat diwujudkan industri yang mampu menjadi pengungkit pengembangan ekonomi daerah, memperluas kesempatan kerja dan juga meningkatkan daya saing ekspor, serta mampu menarik investasi baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga: Airlangga: Vaksin Nusantara Hanya untuk di Rumah Sakit

Percepatan Program PSN

Lebih lanjut, Pemerintah juga terus melakukan percepatan program PSN melalui percepatan pembangunan infrastruktur kewilayahan guna mendukung pengembangan industri. Total investasi kegiatan tersebut mencapai Rp5.698,5 triliun, dimana kontribusi dari swasta mendekati kisaran 70%.

“Hingga bulan November tahun 2021, telah selesai sebanyak 32 proyek. Sementara itu, 25 proyek dan 7 program telah beroperasi sebagian, 93 proyek dalam tahap konstruksi, 10 proyek dalam transaksi, terutama financing, dan 48 proyek dalam tahap penyiapan,” ungkap Airlangga.

Sehubungan dengan Presidensi Indonesia dalam Forum G20 tahun ini, Menko Airlangga kembali menegaskan bahwa momentum ini akan mendorong peningkatan lapangan kerja secara langsung, meningkatkan konsumsi domestik, dan meningkatkan PDB nasional.

Baca Juga: Menko Airlangga: Indikator Pemulihan Ekonomi Beri Sinyal Sangat Baik

Ini merupakan momentum bagi para pelaku usaha dan industri yang juga berada di dalam kawasan ataupun yang terhimpun dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Tentunya hal ini juga akan difasilitasi dalam penyelenggaraan Business20 (B20), guna memperkuat kerjasama business to business antar para pelaku industri dan usaha.

”Kita perlu terus menarik investasi, terutama untuk memperbaiki daya saing di berbagai sektor yang nilai tambah maupun value chain-nya perlu diperdalam, antara lain, makanan dan minuman, otomotif, kimia, farmasi, produk tekstil, dan kesehatan,” ujar Airlangga.

Untuk itu, lanjutnya, penting dikembangkan model-model bisnis yang tentunya bisa mendorong ekosistem yang lebih berdaya saing di pasar regional. Dia juga berharap agar pelaku usaha, pelaku ekonomi dan juga pengusaha dari HKI dapat memberikan masukan sekaligus upaya untuk menyerap dan mempromosikan investasi di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

B20 Sustainability 4.0 Awards Pertama di Indonesia Resmi Digelar

Seremonial pemilihan pemenang B20 Sustainability 4.0 Awards rencananya akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2022.

SKK Migas Dorong Peran Industri dalam Aktivitas Industri Hulu Migas

SKK Migas terus mendorong peran industri nasional maupun lokal di seluruh pelaksanaan aktivitas industri hulu migas.

Waspada! Serangan Siber Internal Bisa Ancam Perusahaan Sektor Keuangan

Timbulnya serangan internal, salah satunya juga dipicu akses-akses karyawan yang membuka pintu bagi oknum untuk masuk ke sistem penting.

India Larang Ekspor Gandum, Ini Kata Mendag Soal Stok Terigu Indonesia

Meski India melarang ekspor gandum, pemerintah memastikan stok terigu di Indonesia masih aman hingga tiga bulan ke depan.

Siap-Siap, Penunggak Pajak Di Atas Rp100 Juta Harta Disita

KPP Pratama Boyolali menyita unit truk tangki susu milik warga yang menunggak pajak sekitar Rp400 juta.

Harga Material Naik, Waskita Realty Pastikan Harga Properti Stabil

PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty) memastikan tidak akan menaikkan harga properti yang dipasarkan meski harga material bangunan naik.

Calon Emiten Tunda IPO, Begini Respons Direksi BEI

Ada sejumlah faktor baik internal dan eksternal yang membuat calon emiten menunda pelaksanaan IPO di BEI.

Tahun 2022 Saat yang Tepat Multifinance Berekspansi? Ini Kata OJK

OJK memprediksi tahun ini menjadi tahun yang tepat bagi industri pembiayaan untuk melakukan ekspansi.

Gampang, Ini Cara Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Tabungan emas Pegadaian merupakan layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

Reaktivasi Jalur KA Semarang Tawang-Pelabuhan Tanjung Emas Dilanjutkan

Reaktivasi jalur KA Semarang Tawang-Pelabuhan Tanjung Emas dilanjutkan.

India Segera Buka Keran Ekspor Gandum, Menunggu Bea Cukai

Pemerintah India segera membuka keran ekspor gandum setelah Sabtu (14/5/2022) melarang ekspor.

Harga Rumah Komersial Diprediksi Tak Naik, Begini Alasannya

Permintaan rumah komersial yang belum pulih menyebabkan belum ada kenaikan harga di tengah mahalnya material.

Gunakan Bank Digital, Ini Untung dan Ruginya

Sejumlah keuntungan dan kerugian dari penggunaan Bank Digital

India Larang Ekspor Gandum, PT Garudafood (GOOD) Klaim Tak Terimbas

Garudafood (GOOD) mengklaim tidak terpengaruh dengan kebijakan India yang melarang ekspor gandum.

Oishii! Nikmati Promo Kuliner Jepang di Aston Solo Hotel

Salah satu menu andalan yang dihadirkan Aston Solo Hotel dalam promo kuliner Jepang adalah chicken katsudon.