Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLOSeleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mulai digelar, Senin (27/1/2020). Kemen PAN-RB memberikan kisi-kisi seputar SKD.

Dalam seleksi CPNS 2019, ada 100 soal pilihan ganda yang harus dikerjakan peserta SKD selama 90 menit. Tes ini dikerjakan dengan sistem computer assisted test (CAT).

Ada tiga jenis tes dalam SKD CPNS 2019, yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

Penilaian TKP yang berjumlah 35 soal meliputi pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, serta profesionalisme.

Mulai Juli 2020, Beli Elpiji 3 Kg Pakai Aplikasi Scan Barcode

Nilai yang diperoleh untuk setiap soal yang dijawab adalah 1-5. Sementara jika tidak dijawab nilainya 0. Nilai ambang batas yang ditentukan adalah 126 untuk kategori umum dan tenaga pengamanan siber.

Driver Ojol Cantik Ini Melawan saat Dipepet Penumpang Laki-laki Nakal

Sementara TIU terdiri dari 35 soal. Penilaiannya meliputi kemampuan verbal (analogi, silogisme, dan analitis), kemampuan numerik (berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita), serta kemampuan figural (analogi ketidaksamaan dan serial).

Setiap soal TIU yang dijawab benar nilainya 5. Jika salah diberi nilai 0.

Mahasiswi Cantik UNS Solo Sukses Jualan Sari Lemon Beromzet Ratusan Juta

Adapun nilai ambang batas yang ditentukan untuk kategori umum dan tenaga pengamanan siber adalah 80, 85 (kategori cumlaude dan diaspora), 85 (penyandang disabilitas), 60 (putra putri Papua dan Papua Barat), 80 (tenaga medis dan instruktur penerbangan), dan 70 (rescuer dan lainnya).

Biar Bisa Capai Orgasme, Ini Cara Stimulasi Payudara Wanita

Sedangkan TWK berisi 30 soal yang penilaiannya meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

Setiap soal TWK yang dijawab benar nilainya 5. Jika salah diberi nilai 0.

27 Tahun Mengurung Diri di Rumah, Perempuan Ini Ditemukan Mirip Genderuwo

Adapun nilai ambang batas yang ditentukan untuk kategori umum dan tenaga pengamanan siber adalah 65.

Jika ingin lolos SKD CPNS 2019, maka peserta setidaknya harus mencapai nilai kumulatif minimal.

Merinding! Cerita Driver Ojol Antar Makanan ke Kuburan

Adapun besarannya adalah 271 (cumlaude dan Diaspora serta tenaga medis dan instruktur penerbangan), 260 (penyandang disabilitas, putra putri Papua dan Papua Barat, serta rescuer dan lainnya).

Kematian Kobe Bryant Sudah Diprediksi Sejak 2012

Peserta juga semestinya aktif mencari informasi di website atau media sosial resmi instansi yang dilamar.

Gejala hingga Cara Pencegahan Virus Corona

Kisah Pilu Rehan, Bocah SD Wonogiri yang Terpaksa Sering Bolos karena Urus Nenek

Anda juga bisa bergabung dengan grup Whatsapp untuk mencari informasi penting terkait SKD CPNS 2019 seperti jadwal tes, passing grade, dan lainnya.

Lowongan Kerja Terbaru, Klik di Sini!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten