Tutup Iklan

PENJUALAN SATWA : BKSDA Gagalkan Penjualan 5 Satwa Dilindungi

PENJUALAN SATWA : BKSDA Gagalkan Penjualan 5 Satwa Dilindungi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/satuuntukindonesia.com)

Ilustrasi (google/.satuuntukindonesia.com)

Solopos.com, SEMARANG—Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah menggagalkan penjualan lima satwa dilindungi yang dilakukan di Pasar Terminal Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Kepala BKSDA Jawa Tengah Suharman di Semarang, Selasa (16/12/2014), mengatakan lima satwa liar yang dilindungi undang-undang berhasil diamankan dari transaksi tersebut. Lima satwa yang diselamatkan tersebut masing-masing Kancil, Kukang Jawa, serta Trenggiling.

Dalam pengungkapan tersebut, petugas juga mengamankan seorang pelaku yang tidak lain sebagai penjual satwa-satwa dilindungi itu. Ia menuturkan jual beli satwa langka ini sudah dijalani pelaku sejak enam bulan lalu.

Modusnya, lanjut dia, dengan menawarkan satwa-satwa ini secara on line, melalui jejaring sosial.

"Petugas sudah mengetahui praktik ilegal tersebut sejak lama, hanya saja masih menunggu saat yang tepat," katanya seperti dikutip Antara.

Saat ditangkap, kata dia, pelaku sedang melakukan transaksi dengan calon pembelinya.

"Kami tangkap, pembelinya kami minta menjadi saksi," katanya.

Satwa-satwa hasil sitaan ini selanjutnya dititipkan di Lembaga Konservasi mangkang, Semarang.

Penjual satwa-satwa dilindungi ini selanjutnya akan dijerat dengan Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Zodiak Ini Konon Piawai Kendalikan Stres

Setiap orang menghadapi stres dalam kehidupan, padahal astrologi menengarai adanya pemilik tanda zodiak yang piawai mengendalikan stres.

Polri Jaring Mitra Sentra Komunikasi di Jateng, Ini Tujuannya...

Sebanyak 201 anggota Sentra Komunikasi atau Senkom Mitra Polri di Jateng digembleng untuk menjadi tracer Covid-19.

Cerpen Ketika Lurah Jombang Sakit Gigi

Lurah Desa Jombang itu muncul dari balik pintu. Mukanya pucat dan merah.

Baru Buka Sekali, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Harus Tutup Lagi

Puluhan pedagang di Objek Wisata Kuliner Pasar Doplang, Slogohimo, Wonogiri, kecewa berat karena tempat wisata baru buka satu kali sudah harus ditutup lagi.

Curhatan Pilu Annas Habibie Sebelum Meninggal: Kehilangan 6 Orang Tersayang Dalam 2 Bulan

Presenter Soloraya, Annas Habibie, mengunggah curhatan memilukan di akun Facebooknya sekitar satu bulan sebelum meninggal dunia.

Mungkinkah Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024?

Prediksi calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 masih teka-teki, namun nama Ganjar Pranowo kian sering disebut .

Gegara Virus Corona Salatiga Tutup Pasar

Pemkot Salatiga menerapkan kebijakan baru dalam penanganan virus corona pemicu Covid-19 dengan membatasi operasional pasar tradisional.

Sentra Jamu Kismoyoso Terus Berdaya dan Berkembang

Sebagian warga Dusun Gambirsari RT 002/RW 010, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali terus menekuni industri jamu tradisional. Mereka berdaya dan berkembang.

Epidemiolog Ramal Covid-19 Varian Delta Kuasai Indonesia Juli 2021

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan Covid-19 varian Delta mendominasi virus corona Indonesia, Juli 2021.

Mantap! Peluang Persis Solo Jadi Tuan Rumah Liga 2 Kian Besar

Peluang Persis Solo untuk menjadi salah satu tuan rumah Liga 2 2021 semakin besar. Salah satu pesaing, Dewa United, memutuskan mundur dari pencalonan.

Oposisi Biner dan Lawan Kata

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin, 14 Juni 2021. Esai ini karya Joko Setiyono, pustakawan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Akun Facebook Presenter Solo Annas Habibie Dibanjiri Ucapan Duka Cita

Ucapan duka dan bela sungkawa membanjiri akun Facebook Annas Habibie, presenter kondang Solo yang meninggal dunia pada Minggu (20/6/2021).