SOLOPOS.COM - Panorama lokawisata Baturraden di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (id.wikipedia.org)

Solopos.com, BANYUMAS — Purwokerto merupakan nama sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Terletak di selatan Gunung Slamet, Purwokerto memiliki sederet wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari berbagai kanal Youtube tentang wisata, ada berbagai destinasi wisata yang menampilkan nuansa keindahan alam di Purwokerto. Wisata alam itu tidak hanya menampilkan perbukitan yang asri, kemegahan bangunan, tapi juga wisata air.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Berikut deretan wisata alam di Purwokerto yang dirangkum Solopos.com:

Baca juga: Purwokerto Populer dengan Julukan Kota Satria, Ini Penjelasannya

1. Baturraden

Baturraden telah menjadi ikon wisata di Purwokerto. Lokasinya berada di sebelah utara Purwokerto dan tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet.

Lokasi Baturraden dengan Purwokerto terbilang sangat dekat, yakni 11,5 kilometer (km), atau sekitar 24 menit berkendara. Di Baturraden, wisatawan bisa menikmati berbagai destinasi wisata seperti Pancuran Pitu, Pancuran Telu, kebun botani, kebun binatang Taman Kaloka Widya Mandala, dan lain-lain.

2. Bukit Bintang Baturraden

Bukit Bintang Baturraden sebelum tidak terlalu dikenal wisatawan. Meski demikian, belakangan ini bukti yang terletak di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden ini mulai diburu wisatawan karena lokasinya yang instagramble.

Bukit Bintang Baturraden menyajikan panorama Purwokerto dari atas bukti. Banyak wisatawan yang datang ke Bukit Bintang Baturraden hanya untuk menikmati pemandangan saat matahari terbit atau sunrise. Bahkan tak jarang yang memutuskan untuk menginap di lokasi dengan menggelar tenda.

3. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Lokasinya hanya berjarak 3 km dari kawasan wisata Banyumas.

Telaga Sunyi menampilkan panorama air yang jernih bersumber dari mata air Gunung Slamet. Pemandangan di tempat ini sangat eksotis hingga membuat pengunjung tak mampu menahan hasrat berenang. Selain itu, Telaga Sunyi juga dikelilingi pepohonan atau hutan pinus yang membuat kesan semakin natural.

Baca juga: Banyumas Juga Dikenal Sundanya Jawa Tengah Hlo, Ini Sejarahnya

4. Curug Cipendok

wisata alam purwokerto
Wisata alam di Purwokerto, Curug Cipendok. (Instagram @curugcipendok_)

Satu lagi wisata alam yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Purwokerto adalah Curug Cipendok. Curug Cipendok merupakan air terjun dengan ketinggian 92 meter.

Lokasi Curug Cipendok berada di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Diresmikan sejak 27 Februari 1987, Curug Cipendok menawarkan berbagai destinasi wisata mulai dari cottage, outbond, jogging track, junggle tracking, hingga pumi perkemahan.

Di Curug Cipendok kabarnya juga masih terdapat elang dan macan Jawa, di mana keberadaannya saat ini semakin berkurang.

5. Telaga Pucung

Telaga Pucung terletak jauh dari Curug Cipendok. Lokasinya pun masih sama-sama berada di wilayah Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok.

Telaga Pucung menyajikan suasana yang hening dan asri dan cocok untuk berkemah. Tak jauh dari Telaga Pucung juga terdapat Kampung Panginyongan, yang merupakan desa wisata yang mengusung nuansa budaya Banyumasan.

Baca juga: 109 Objek Wisata Banyumas Buka Lagi, Pemerintah Wajibkan Ini

6. Desa Wisata Ketengger

wisata alam purwokerto
Curug Jenggala di Desa Ketenger diambil dari unggahan Instagram baniamru, Sabtu (11/1/2020). (instagram – @bhanne_cassuma)

Berkunjung ke Baturraden tak lengkap jika tidak mengunjung Desa Wisata Ketengger. Desa Wisata Ketengger terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Dikutip dari Semarangpos.com, Desa Ketengger disebut-sebut mirip perdesaan di Swiss karena menyajikan pemandangan hijau berlatar gunung.
Desa Ketenger berada di kaki Gunung Slamet sehingga memiliki hawa yang sejuk. Di sini, pengunjung juga bisa menekmati berbagai air terjun seperti Curug Bayan, Curug Gede, Curug Kembar, Curug Celiling, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya