Tutup Iklan
Pengin Minggat dari China, Pabrik Iphone di India Digelontor Rp14 Triliun
Rumor Iphone 9 yang berkembang di kalangan netizen. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, SOLO — Apple dikabarkan akan menggeser lokasi prodiksu Iphone dari China ke India. Hal itu diduga dilakukan untuk menghindari efek buruk dari perang dagang antara China dan Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Detik.com, Minggu (12/7/2020), perusahaan yang berbasis di Taiwan, Foxconn, siap berinvestasi senilai hingga USD 1 miliar atau sekitar Rp14,3 triliun. Investasi itu untuk pabrik Iphone di India. Pabrik yang terletak di Kota Sriperumbudur, Tamil, India itu meruapakan tempat merakit Iphone.

Pelonggaran Ekonomi Sukoharjo Gagal Bendung Gelombang PHK, Sudah 5.204 Buruh Jadi Korban

"Ada permintaan kuat dari Apple kepada kliennya untuk memindahkan bagian dari produksi Iphone keluar dari China," sebut salah satu sumber kepada Reuters.

Namun, Foxconn dan Apple menolak berkomentar terkait penggeseran lokasi produksi Iphone terseut.

5 Keluarga Nakes Pejuang Covid-19 Gugur di Semarang Dapat Penghargaan & Santunan dari Menkes Terawan

Menurut sumber kedua yang enggan disebut namanya, investasi yang direncanakan Foxconn di pabrik Sripperumbur di mana Iphone XR dibuat akan bertahap selama tiga tahun. Beberapa model Iphone yang dibuat oleh Foxconn di China akan dibuat di pabrik di India tersebut.

Positif Ditulis Negatif, RSUD Wongsonegoro Semarang Akui Salah Ketik Hasil Swab Covid-19 Calon Penumpang di Bandara YIA

Selain itu, sumber bersangkutan juga mengatakan Foxconn yang bermarkas di Taipei, Taiwan akan berencana menambahkan sekitar 6.000 pekerja di Sriperumbudur, India. Penambahan pekerja itu untuk mengoperasikan pabrik terpisah di negara bagian Andhra Pradesh di India selatan yang membuat smartphone Xiaomi.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho