Tutup Iklan
Positif Ditulis Negatif, RSUD Wongsonegoro Semarang Akui Salah Ketik Hasil Swab Covid-19 Calon Penumpang di Bandara YIA
RSUD Wongsonegoro Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Pihak RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang mengakui salah memberikan kesimpulan pada surat keterangan bebas Covid-19 kepada salah seorang pemohon. Pemohon tersebut adalah calon penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA yang hendak terbang ke Balikpapan, Kalimanta Timur.

Calon penumpang yang seharusnya dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR), justru dinyatakan negatif.

Untungya, calon penumpang asal Kota Semarang itu batal melakukan perjalanan setelah ketahuan positif Covid-19 dalam pemeriksaan kesehatan di YIA, Jumat (10/7/2020).

PSHT Sukoharjo: Pemukulan kepada Remaja Pesilat Gatak Murni Penganiayaan, Bukan Latihan 

“Benar, ada kesalahan ketik pada kesimpulan [surat keterangan bebas Covid-19]. Mohon maaf. Kami sudah jelaskan ke pasien,” ujar Direktur RSUD Wongsonegoro, Semarang, Susi Herawati, kepada Semarangpos.com, Sabtu (11/7/2020).

Meski demikian, Susi enggan menjelaskan panjang lebar terkait kesalahan tersebut. Ia hanya memastikan jika calon penumpang itu sudah ditangani sesuai prosedur,

Sebelumnya, pihak otoritas YIA dihebohkan dengan adanya calon penumpang asal Kota Semarang yang akan melakukan perjalanan ke Balikpapan.

Hasil Swab Covid-19 di RSUD Wongsonegoro Keliru, Pria Semarang Ini Gagal terbang ke Balikpapan

Ketahuan Salah

Calon penumpang berjenis kelamin laki-laki itu dinyatakan positif Covid-19 dalam pemeriksaan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) YIA. Padahal, calon penumpang itu telah mengantongi surat kesehatan bebas Covid-19 dari RSUD Wongsonegoro.

“Dalam dokumen tersebut disimpulkan bahwa calon penumpang ini negatif. Tapi, setelah dicek lebih lanjut oleh KKP tertulis positif. KKP kemudian mengkonfirmasi hasil pengecekan ini ke rumah sakit yang bersangkutan [RSUD Wongsonegoro], dan memang benar ada kesalahan penyimpulan. Harusnya positif tertulis negatif,” kata Pts General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, dilansir dari Harianjogja.com.

Kenalkan, Ini Daniella Si Bakul Hik Cantik di Klaten, Pelanggan Dijamin Auto-Modus 

Setelah diketahui positif, calon penumpang itu pun dimasukkan ke ruang isolasi. Ia lalu dijemput Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY untuk dibawa pulang ke Semarang.

Pandu mengatakan calon penumpang itu sebenarnya telah mematuhi protokol kesehatan. Ia juga tidak menunjukkan gejala sakit atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho