Pengidap Covid-19 China Kembali Melonjak

China kembali mencatatkan 76 kasus baru inveksi virus corona yang menjadi angka harian tertinggi Covid-19 di China sejak Januari 2021.

 Tenaga medis melayani warga yang mengantre uji asam nukleat di sebuah halaman perumahan, menyusul kasus impor penyakit Covid-19 dari negara tetangga Myanmar, di kota perbatasan Ruili, Prefektur Dehong, Provinsi Yunnan, China, Rabu (16/9/2020). (Antara)

SOLOPOS.COM - Tenaga medis melayani warga yang mengantre uji asam nukleat di sebuah halaman perumahan, menyusul kasus impor penyakit Covid-19 dari negara tetangga Myanmar, di kota perbatasan Ruili, Prefektur Dehong, Provinsi Yunnan, China, Rabu (16/9/2020). (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — China kembali mencatatkan 76 kasus baru inveksi virus corona. Catatan itu sekaligus menjadi angka harian tertinggi pengidap Covid-19 di China sejak Januari 2021 yang ditandai dengan lonjakan infeksi lokal di Kota Nanjing.

Lonjakan jumlah pengidap Covid-19 itu terjadi saat China memulai putaran kedua pengujian massal untuk menekan penyebaran wabah tersebut. Padahal China telah mengambil pendekatan tanpa toleransi terhadap kasus baru dengan cepat melacak dan menguji sebagian besar populasinya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: WHO Tak Kunjung Pastikan Perlunya Penguat Anti-Covid

Infeksi lokal menyumbang 40 dari kasus baru tersebut, menurut Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Theguardian.com, Senin (26/7). Sebanyak 39 kasus lokal dilaporkan di provinsi Jiangsu dan satu di provinsi timur laut Liaoning, kata komisi itu.

Sedangkan jumlah kasus baru tanpa gejala, yang tidak diklasifikasikan China sebagai kasus yang dikonfirmasi, naik menjadi 24 dari 17 kasus sehari sebelumnya. Puluhan ribu orang kemudian di-lockdown di ibu kota provinsi Jiangsu, Nanjing, saat otoritas menguji 9,2 juta penduduk kota itu setelah wabah yang terkait dengan bandaranya pekan lalu.

Diakui Pejabat Nanjing

Pelacakan kontak juga menemukan lima orang yang melakukan perjalanan melalui bandara Nanjing positif corona setelah tiba di Anhui dan tiga provinsi lainnya sehingga memicu kekhawatiran bahwa klaster tersebut dapat menyebabkan wabah nasional baru.

Situasi tersebut mendorong pejabat Nanjing untuk mengumumkan putaran kedua pengujian massal bagi semua penduduk mulai Minggu (25/7/2021) guna mengidentifikasi pasien yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menunjukkan gejala.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Bom Waktu China Itu Bernama Evergrande

Evergrande adalah raksasa perusahaan real estat China yang paling terbebani utang saat ini.

Surat Terbuka Brigjen Junior ke Kapolri Berujung Pemeriksaan Puspomad

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin menyayangkan surat terbuka itu.

Geger Jenderal TNI Bela Tentara yang Lindungi Warga dalam Konflik Lahan

Brigjen Junior mengatakan siap bertanggung jawab atas apa yang ditulisnya.

Diserang PSI, Anies Baswedan Disebut Pura-Pura Peduli Rakyat

Uang muka acara Formula E dibayar Anies pada saat pemerintah mengumumkan negara dalam keadaan darurat karena pandemi.

Penggabungan Gojek dan Tokopedia Diusut KPPU, Adakah Monopoli Bisnis?

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina meminta jangan sampai terjadi monopoli bisnis dari hasil merger Gojek-Tokopedia.

Ganjar Pranowo: Soal Capres Urusan Bu Mega

Perihal pelarangan itu disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristyanto menyikapi dinamika politik yang berkembang belakangan ini.

Bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Seberapa Menguntungkan?

Diperkirakan potensi pengurangan konsumsi BBM-nya bisa sampai 6 juta kiloliter di 2030

Dililit Utang Rp4.275 Triliun, Evergrande Juga Meminjam Uang ke Karyawan

Pembeli rumah dan karyawan memadati lobi kantor Evergrande pekan lalu dan meminta uang mereka kembali.

Perusahaan Properti China Bangkrut Picu Kekhawatiran Ekonomi Global

Ketakutan akan kebangkrutan Evergrande mengarah pada kekhawatiran tentang momen Lehman Brothers di seluruh kawasan

Selamat Jalan Prof Sahetapy, Pakar Hukum Perumus Rancangan KUHP

Dia pernah tercatat sebagai anggota tim perumus RKUHP yang diketuai pakar hukum Universitas Diponegoro Prof. Soedarto pada 1964.

Update Covid-19 Indonesia: Hari Ini Kasus Covid-19 Tambah 3.263

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan total kasus positif Covid-19 di Indonesia menembus 4.195.958 orang.

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

PPKM Makin Longgar, Jangan Buru-Buru "Balas Dendam" Berwisata!

Pelonggaran kegiatan seusai pembatasan ketat berbulan-bulan demi menurunkan penularan Covid-19 memicu munculnya revenge travel atau revenge tourism atau biasa disebut wisata balas dendam. Kedisiplinan terhadap protokol kesehatan selama revenge travel menjadi kunci mencegah lonjakan kasus berikutnya. Revenge travel terjadi ketika masyarakat merasa haus mendapatkan hiburan atau refreshing setelah pengetatan aktivitas di rumah saja dalam periode yang lama.

Akui Dukung Gibran Jadi Wali Kota Solo, Kaesang: Biar Bisnisnya Bisa Saya Ambil

Kaesang mengaku kini memegang bisnis bapaknya, Jokowi. Ia juga sering mengirim makanan ke Istana lewa Gofood.

Diwawancara Deddy Corbuzier, Kaesang Mengaku Tertarik Terjun di Politik, Tapi..

Kaesang Pangarep mengaku kasihan dengan gaji kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Ia juga mengaku bisa membeli pabrik ayahnya secara tunai sekarang juga.