Peneliti Australia Bandingkan Gibran dan Jokowi Saat Maju Cawali Solo
Gibran Rakabuming Raka sat mendaftar Cawali Solo. (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Peneliti asal Australia, Benjamin Bland, rupanya tertarik dengan sepak terjang Gibran Rakabuming Raka yang mendaftakran diri menjadi Calon Wali Kota Solo. Penulis buku Man of Contradictions ini mengomentari simbol-simbol yang diusung Gibran saat mendaftarkan diri menjadi Cawali Solo, Jumat (4/9/2020).

Gibran Bersimpuh di Hadapan Habib Luthfi

Gibran mendaftarkan diri ke Kantor KPU Solo dengan mengenakan pakaian adat khas Jawa, mengendarai sepeda onthel dan dihantar oleh pendukungnya. Gaya ini mirip dengan ayahnya, Joko Widodo (Jokowi), saat mendaftar sebagai Cawali Solo tahun 2010 silam.

Terhadap gaya Gibran itu, Benjamin Bland memberikan komentar pedasnya lewat akun Twitter @benjaminbland. “Anak laki-laki Jokowi, Gibran, memiliki sedikit pengalaman politik, tetapi dia telah mengambil pelajaran dari buku ayahnya, pergi ke kantor pemilihan untuk mendaftar pencalonan walikota Solo dengan sepeda, dengan pakaian Jawa,” tulis Benjamin memberi keterangan terhadap foto Gibran yang tengah bersepeda.

Daftar Jadi Rival Gibran di Pilkada Solo 2020, Bajo Naik Kuda Balap Diiringi 9 Andong & Ribuan Orang

Foto Viral

Dalam foto yang disebar Benjamin itu, Gibran tampak tengah melewati sebuah jalan raya dengan sepeda onthel dilengkapi bendera merah putih kecil, serta memakai blangkon yang memberi kesan kuat bahwa ia adalah orang Jawa asli.

Tidak cukup sampai di situ, Benjamin dalam kicauannya yang lain memperkuat kalau Gibran meniru gaya ayahnya dalam berpolitik. “Like father, like son,” tulis Benjamin dengan menyertakan sebuah foto Joko Widodo zaman dahulu saat mendaftarkan diri sebagai Calon Wali Kota Solo, Senin (07/09/2020).

Dalam foto kedua ini, Joko Widodo terlihat sama persis dengan Gibran saat ini yakni menggunakan blangkon, sepeda onthel, baju khas Jawa dan selendang batik.

Kompak, Begini Penampilan Selvi-Serlly Antar Gibran-Teguh ke KPU Solo

Kritikan Benjamin terhadap gaya berpolitik Gibran itu pun langsung menuai banyak komentar dari netizen.

Gara-gara kelakuan politisi aku jadi penasaran. Apa iya masyarakat kita masih segitu mengagungkan simbol-simbol & makna-makna tersirat sampai politisi jadi berkelakuan segini noraknya?” kata salah seoran netizen.

Jokowi also had little experience when running for mayor of Solo. [Jokowi juga punya sedikit pengalaman ketika ia mencalonkan diri jadi Wali Kota Solo],” tulis netizen lain.

Sumber: Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom