Pendapatan UMKM Semarang Naik 11% Gara-Gara Harkulnas
Logo Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) Gofood. (Semarangpos.com-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Momentum menyambut Hari Kuliner Nasional yang digelar Gofood sejak 1 April hingga 5 Mei 2020 mendongkrak pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM kuliner di Kota Semarang. Nilai peningkatan yang dipicu Harkulnas itu mencapai 11%.

Head of Regional Corporate Affairs Gojek Jateng dan DIY Arum K. Prasodjo memaparkan bahwa tidak dapat dimungkiri ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner akibat pandemi Covid-19. Kondisi itu dipicu berlakunya physical distancing

Ini Commander Wish Kapolda Jateng Ahmad Luthfi

Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun dilakukan. Langkahnya termasuk momentum Hari Kuliner Nasional Gofood 2020 sebagai pemicu eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.

"Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di Gofood, kami justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir," kata Arum, Kamis (28/5/2020).

Pilih Pesan Online

Menurutnya, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen. Jika sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in) maka kini harus melakukan pemesanan makan secara online dari rumah.

Di Temanggung, Ayah Tega Bakar Anak Sendiri...

“Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar. Hal itu terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant Gofood sebesar 10% di awal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April," jelasnya.

Adapun, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi. Nilainya mencapai 30% dibandingkan sebelum masa pandemi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Bisnis


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho