SOLOPOS.COM - Ilustrasi perjalanan mudik. (Freepik.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Progam mudik gratis bantuan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan para bupati/wali kota se -Jawa Tengah serta Bank Jateng untuk para perantau di wilayah Jabodetabek dipastikan ada pada Lebaran 2023 ini.

Pendaftaran peserta program mudik gratis tersebut dibuka mulai Senin (13/3/2023) secara online. Hal itu sesuai pengumuman di akun Instagram Badan Penghubung Provinsi Jateng @penghubungjateng, Jumat (10/3/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Informasi serupa diunggah juga di akun Instagram Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, @ganjar_pranowo, Minggu (12/3/2023). Dari unggahan-unggahan tersebut diinformasikan, pendaftaran mudik gratis menggunakan bus dari Jabodetabek dibuka mulai Senin (13/3/2023).

Pendaftaran dibuka secara online melalui link https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa. Syarat pendaftaran cukup dengan KTP wilayah Jateng atau kelahiran Jawa Tengah. Pendaftar dalam keluarga atau kelompok dibatasi maksimal empat orang.

Mudik gratis Lebaran 2023 untuk para perantau di wilayah Jabodetabek menggunakan bus itu rencananya berangkat dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur pada Senin (17/4/2023).

Sebelum berangkat pendaftar harus melakukan daftar ulang pada pukul 07.00 WIB di lokasi pemberangkatan. Disediakan bus menuju beberapa wilayah termasuk Soloraya untuk pemudik yang menuju ke wilayah Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Boyolali, Sragen, dan Karanganyar.

Selain Soloraya, ada juga bus yang menuju wilayah Semarang, Banyumas, Kedu, Pati, dan Pekalongan. Bagi peserta mudik gratis yang ingin balik ke perantauan seusai berlebaran di kampung halaman, akan disediakan pula sekitar 43 bus untuk perjalanan balik rantau dengan lokasi keberangkatan Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk wilayah Soloraya.

Mudik Gratis Kereta Api

Kemudian Terminal Mangkang untuk wilayah Semarang dan Terminal Bulupitu untuk wilayah Purwokerto. Sementara itu, bagi yang tidak kebagian bus mudik gratis tak perlu khawatir, Gubernur Jateng juga memberikan bantuan untuk mudik gratis menggunakan kereta api pada Lebaran 2023 ini.

Pendaftaran untuk mudik gratis menggunakan kereta api dibuka pada Senin (27/3/2023) secara online melalui link yang sama dengan pendaftaran mudik gratis menggunakan bus. Syarat pendaftarannya pun sama, yakni menggunakan KTP Jawa Tengah atau kelahiran Jawa Tengah dan ada pembatasan untuk pendaftaran keluarga atau kelompok maksimal empat orang.

Ada tiga kereta api yang akan diberangkatkan untuk mudik gratis Lebaran 2023 dari Jabodetabek menuju wilayah Jawa Tengah dari Pasar Senen dengan jadwal berangkat Selasa (18/4/2023). Pertama, KA Kutojaya Utara dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Kutoarjo dengan jadwal keberangkatan pukul 04.55 WIB.

Kedua, KA Jaka Tingkir dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Solo Purwosari dengan jadwal keberangkatan pukul 12.50 WIB. Terakhir, KA Menoreh rute Pasar Senen-Semarang Tawang dengan jadwal keberangkatan pukul 19.25 WIB.

Persyaratan untuk penumpang KA bisa disimak di link https://www.kai.id/information/full_news/5507-syarat-naik-ka-terbaru-mulai-19-desember-2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya