SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendidikan SMP. (Solopos/Wishnu Paksa)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pendaftaran penerimaan peserta didik baru atau PPDB SMP Sukoharjo jalur lingkungan rukun warga (RW) dan verifikasi piagam dimulai pada Senin (21/6/2021).

Total kuota calon siswa baru pada PPDB SMP tahun ajaran 2021/2022 ini sebanyak 9.894 siswa yang tersebar di 50 sekolah. Mekanisme pendaftaran calon siswa baru tak berbeda jauh daripada saat PPBD tahun ajaran 2020/2021.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pendaftaran calon siswa baru dilakukan secara online lantaran masih masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan PPDB jenjang SMP menggunakan dua jalur yakni lingkungan RW serta zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Baca Juga: 1 Peserta Positif Covid-19, Sepeda Santai Milad Masjid Di Gatak Sukoharjo Dihentikan

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini, mengatakan kuota calon siswa baru untuk pendaftaran PPDB SMP tahun ini paling banyak pada jalur zonasi yakni sebanyak 6.092 siswa.

Kemudian, kuota jalur afirmasi sebanyak 2.255 siswa, jalur prestasi sebanyak 1.230 siswa, dan jalur perpindahan tugas orangtua sebanyak 317 siswa.

“Jadi jumlah total kuota calon siswa baru sebanyak 9.894 siswa. Ada 50 sekolah yang ikut dalam pelaksanaan PPDB jenjang SMP secara online,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (20/6/2021).

Baca Juga: Dihadiri 300 Tamu, Hajatan Pernikahan Di Wisma Boga Solo Baru Sukoharjo Dibubarkan Paksa

Pelaksanaan pendaftaran PPDB SMP Sukoharjo jalur lingkungan RW dimulai pada Senin. Jalur lingkungan RW memprioritaskan calon siswa baru yang domisilinya berdekatan dengan lokasi sekolah.

Verifikasi Piagam Penghargaan

Panitia PPDB sekolah bakal memverifikasi berkas dokumen administrasi untuk memastikan domisili calon siswa baru satu lingkungan RW dengan sekolah. Panitia PPDB juga bakal memverifikasi piagam penghargaan selama tiga hari pada 21-23 Juni.

“Verifikasi berkas administrasi dilakukan untuk memastikan domisili calon siswa baru. Misalnya, kartu keluarga atau identitas orang tua/wali calon siswa baru diteliti secara jelas,” ujarnya.

Baca Juga: Tinggal Sendirian, Seorang Perempuan Ditemukan Membusuk Di Kamar Indekos Sukoharjo

Para calon siswa baru yang diterima pada pendaftaran PPDB SMP Sukoharjo lewat jalur lingkungan RW diumumkan pada 24 Juni. Mereka bisa langsung melakukan daftar ulang di sekolah yang dituju pada 24 Juni-26 Juni.

Sementara pendaftaran calon siswa baru jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan orang tua dilaksanakan pada 28-30 Juni. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SMPN 1 Sukoharjo, Suratman, mengatakan pelaksanaan PPDB jenjang SMP menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Para orang tua/wali dan calon siswa baru wajib memakai masker saat melakukan daftar ulang di sekolah. Panitia PPDB bakal mengatur jarak saat mereka mengantre saat melakukan daftar ulang di sekolah. Hal ini untuk mencegah transmisi penularan Covid-19 di area sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya