SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkades (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Solopos.com, BOYOLALI -- Tahapan pemilihan kepala desa atau pilkades serentak 2020 di Boyolali kembali dilanjutkan, Minggu (5/7/2020). Sedangakn pelaksanaan pemungutan suara telah dijadwal ulang yakni pada 26 Agustus 2020.

Bukan hanya pilkada, pandemi Covid-19 juga berdampak pada pelaksanaan pilkades di Boyolali. Tahapan pilkades harus ditunda sejak Maret lalu untuk mengantisipasi persebaran Covid-19.

Promosi Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Lantik Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Namun saat ini tahapan tersebut mulai dilanjutkan kembali. "Kemarin tahapan sempat dihentikan, tapi ini sudah dilanjutkan. Ini suratnya [pemberitahuan] sudah turun," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Boyolali, Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Besarkan Sapi Hingga 1,2 Ton, Petani Mojosongo Boyolali Ini Habiskan Rp60.000/Hari Untuk Pakan

Dia mengatakan untuk selanjutnya, pilkades serentak Boyolali akan melanjutkan tahapan yang sebelumnya sudah berjalan. Hanya, akan ada penyesuaian berkaitan dengan daftar pemilih sementara yang berubah.

Selain aturan yang sudah ada, ke depan pelaksanaan pilkades juga harus mematuhi protokol kesehatan. Untuk jadwal pelaksanaan pilkades pun mengalami perubahan.

Sebelumnya, pemungutan suara pilkades direncanakan pada 18 April 2020. Namun sesuai jadwal baru, pemungutan pilkades serentak akan digelar pada 26 Agustus.

Sejarah Pilkada Solo Dikuasai Cawali Dari Utara, Ini Penyebabnya Menurut Pemerhati Budaya

Kabid Bina Pemerintah Desa Dispermasdes Boyolali, Candra Irawan, mengatakan saat ini sudah ada perubahan jadwal tahapan pilkades serentak gelombang pertama 2020.

Penetapan DPT

Untuk perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) dan penambahan daftar pemilih tetap (DPT) tambahan karena adanya penundaan pilkades dilakukan paling lambat 24 Juli 2020. Penetapan DPT akan dilakukan 29 Juli 2020. "Untuk pemungutan suara dilakukan 26 Agustus 2020," kata dia.

Pada pilkades serentak periode pertama di 2020 ini akan digelar di sebelas desa. Di Kecamatan Selo ada satu desa, yakni Desa Suroteleng. Di Kecamatan Ampel pilkades digelar di Desa Ngenden.

Status Risiko Covid-19 Solo Berbeda Menurut Bappenas dan Gugus Tugas, Kok Bisa?

Lalu Kecamatan Sambi ada empat desa yang menggelar pilkades, yakni Desa Babadan, Desa Nglembu, Desa Sambi, dan Desa Trosobo. Di Kecamatan Klego pilkades digelar di Desa Kalangan.

Kemudian di Kecamatan Wonosegoro, pilkades digelar di Desa Ngablak. Pilkades juga dilakukan di Desa Dologan, Kecamatan Karanggede. Dua desa lain yang menggelar pilkades adalah Desa Bawu dan Klewor di Kecamatan Kemusu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya