SOLOPOS.COM - Petugas parkir menata sepeda motor di koridor Jl. Gatot Subroto Solo, Kamis (2/1/2020). (Solopos-M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menambah tujuh alat untuk mendukung parkir elektronik di Jl. dr. Radjiman mulai simpang empat Pasar Klewer hingga simpang empat Coyudan.

Sistem parkir elektronik mulai beroperasi Jumat (3/1/2020) ini untuk kendaraan roda empat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Bidang Perparkiran Dishub Kota Solo, Henry Satya Nagara, menjelaskan parkir elektronik diterapkan untuk menghindari terjadinya gesekan antara juru parkir dengan pengguna parkir mengenai tarif parkir progresif.

“Kami telah melakukan evaluasi penerapan sejak 17 Desember hingga 31 Desember 2019. Alhamdulillah sudah bisa berjalan dengan baik, jadi pemberlakukan tarif progresif sudah bisa jalan dengan alat ini dengan kejelasan durasi parkir,” katanya kepada saat ditemui di kantornya, Kamis (2/1/2020).

Dia menjelaskan sebelum ada tambahan tujuh alat, Dishub Solo sudah memiliki 35 mesin untuk mendukung parkir elektronik. Pembayaran dapat dilakukan dengan tunai maupun nontunai.

“Untuk membayar dengan cara nontunai baru dapat dilakukan dengan Link Aja. Kami baru melakukan proses izin kepada Bank Indonesia untuk mengembangkan cara bertransaksi dengan produk nontunai lain. Pada prinsipnya perbankan siap mendukung Pemerintah Kota Solo untuk pembayaran nontunai seperti e-money,” ujarnya.

Menurut Hendry, dompet digital akan dikembangkan pada pekan depan bekerja sama dengan penyedia jasa, Telkom, untuk mengembangkan QR Code bagi pengguna Ovo dan Go-pay.

Ia menilai pengguna Ovo dan Gopay memiliki jumlah pengguna lebih banyak dari pada layanan dompet digital milik perusahaan negara (BUMN), Link Aja.

“Pengembangan memang harus bertahap. Sama seperti pemberlakuan e-toll yang membutuhkan proses hingga semua pengendara bertransaksi nontunai. Suatu saat kami akan menutup cara pembayaran tunai,” ujarnya.

Kasi Parkir Umum dan Khusus, Haryono Nugroho menjelaskan, tujuh alat baru akan diterapkan hari ini untuk kendaraan roda empat. Alasan menyasar kendaraan roda empat karena jumlah alat yang terbatas bila diterapkan untuk sepeda motor.

“Alat mulai dioperasikan pada Jumat. Tim kami akan memantau di lapangan untuk mendampingi juru parkir mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB,” katanya.

Baca pula: Usia 78 Tahun, Mbah Sogol Setia Jualan Martabak Telur di Solo

Haryono menjelaskan alat e-parkir yang sudah diterapkan pada Jl. Slamet Riyadi mulai dari Gendengan ke timur untuk kendaraan roda empat, Jl. Sutowijoyo untuk sepeda motor, Jl. Honggowongso untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat, Jl. dr. Radjiman dari simpang empat Coyudan hingga simpang empat Singosaren untuk sepeda motor dan mobil, Jl. dr. Radjiman dari simpang empat Singosaren hingga Masjid Raya Fatimah untuk mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya