Pemkab Wonogiri akan Bangun Mal Pelayanan Publik di Lokasi Ini

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di area Gedung Pertemuan Giri Cahaya, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada tahun ini.

 Gedung Giri Cahaya Wonogiri, yang bakal dibongkar dan dibangun menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) Wonogiri. Foto diambil Kamis (26/5/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Gedung Giri Cahaya Wonogiri, yang bakal dibongkar dan dibangun menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) Wonogiri. Foto diambil Kamis (26/5/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di area Gedung Pertemuan Giri Cahaya, Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri pada tahun ini. Anggaran membangun ruang layanan publik yang terintegrasi dalam satu area itu diperkirakan senilai Rp14 miliar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, pembangunan MPP sebenarnya telah direncanakan pada 2019 silam. Lokasinya pun harusnya berada di lahan milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU) di Desa Bulusulur, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Di lahan seluas 14 hektare (ha) itu, Pemkab Wonogiri tak hanya membangun MPP. Tetapi fasilitas publik one stop service area yang lebih luas.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo mengatakan, rencana pembangunan di lahan milik DPU itu tak jadi direalisasikan karena terkendala pandemi Covid-19.

“Sebenarnya, dalam kondisi normal kami mempunyai rencana membangun fasilitas publik one stop service area di lahan DPU sekitar hampir 14 hektare. Persiapan teknis, seperti DED [Detail Engineering Design] sampai potensi anggaran sudah oke. Problem besarnya setelah dua tahun kena Covid-19, dengan keterbatasan anggaran, tidak memungkinkan kami merealisasikan program tersebut,” kata bupati yang akrab disapa Jekek, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (27/5/2022).

Baca Juga: Inilah Keistimewaan Wonogiri, Ternyata Daerah Super Kaya di Soloraya

Ia mengatakan rencana pembangunan di lahan milik DPU Wonogiri itu bakal memakan biaya hampir Rp260 miliar. Pemkab Wonogiri pun merasa tidak mampu. Atas dasar itulah, Pemkab Wonogiri mengambil skala prioritas.

“Menurut perhitungan tim teknis dari DPU dan Bappeda, anggaran pembangunannya mencapai Rp14 miliar. Dari paparan DPMPTSP [Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu] kemarin, minimal ada 30 booth [stan] yang pelayanannya akan terintegrasi. Perencanaannya tahun ini harus selesai,” kata Jekek.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono menambahkan, pembangunan MPP telah menjadi ketentuan yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kepada Pemkab. Tujuan dibangunnya MPP, yaitu menjadikan ruang pelayanan masyarakat di satu tempat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Haryanto, mengatakan pembangunan MPP di Gedung Giri Cahaya dimulai Juli mendatang. Waktu pengerjaan berlangsung 5,5 bulan. Pembangunan dimulai dengan pembongkaran Gedung Giri Cahaya terlebih dahulu (akhir Mei 2022 hingga akhir Juni 2022).

Baca Juga: Layanan Pengaduan Daring: Solo Punya Lapor Mas Wali, Wonogiri Ada Halomasjekek

“Amanah pembangunan MPP itu ditujukan ke DPMPTSP. Tapi dari Kemenparekraf [Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif] mengamanahkan bangunan yang mewadahi ekonomi kreatif ke Disporapar dan Dinas KUKM Perindag [Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perindustrian dan Perdagangan]. Ada program pusat latihan UMKM. Jadi ada tiga OPD yang bergabung,” katanya.

Berdasarkan DED, gedung MPP terdiri dari dua lantai. Lantai I digunakan untuk DPMPTSP. Sedangkan lantai II dibagi dua OPD, yaitu Disporapar dan Dinas KUKM Perindag.

Di lantai II yang dikelola Disporapar dan Dinas KUKM Perindag, bakal dibikin area food court, ruang pertunjukan, dan wadah kreatifitas juga bakal disiapkan.

“Mulai dari ruang podcast, pertunjukan dari rekan-rekan pegiat seni musik, kami siapkan di sana sambil menghibur pengunjung yang datang di food court. Untuk jam kerja di lantai bawah sesuai jam kerja biasa, yaitu lima hari kerja mulai pagi hingga sore. Tapi lantai atas bisa sampai malam,” terangnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

+ PLUS Dana Abadi Rp7 Triliun untuk Mencapai Status Kampus Kelas Dunia

Pemerintah mengalokasikan dana abadi Rp7 triliun untuk menunjang peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Berita Terkini

Penduduknya Paling Sedikit, Ini 5 Fakta Unik Kelurahan Laweyan Solo

Kelurahan Laweyan, Laweyan, yang berpenduduk paling sedikit di Kota Solo menyimpan sejumlah keistimewaan dan keunikan dibanding kelurahan lain.

Tak Perlu Khawatir Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini

Cuaca Karanganyar diprakirakan bakal berawan sepanjang hari. Jadi Anda tak perlu khawatir bakal basah kehujanan.

Full Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini

Cuaca Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dari pagi sampai malam. Simak informasi lengkap prakiraan cuaca sragen hari ini di sini.

Sebelum Berkegiatan Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 28 Juni 2022

Artikel ini menyajikan informasi tentang prakiraan cuaca wilayah Boyolali pada hari Selasa (28/6/2022).

Khawatir Aktivitas Terganggu Hujan? Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini

Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Selasa (28/6/2022), menurut BMKG cenderung stabil berawan dan tak banyak berubah.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Selasa 28 Juni 2022: Berawan Terus

Simak informasi prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari ini Selasa (28/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Stabil Berawan

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Berawan Pagi dan Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 28 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Walah, Literasi Keuangan Digital Milenial Indonesia Jauh dari Singapura

Skor penilaian literasi keuangan digital anak muda milenial di Indonesia masih sangat rendah, hanya separuh dari skor Singapura.

Siap-Siap! Ribuan Warga Solo Jadi Sasaran Simulasi Penanganan Kebakaran

Ribuan warga di lima kecamatan Kota Solo akan menjadi sasaran kegiatan simulasi penanganan kebakaran bersama Dinas Damkar Solo.

Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Kelurahan Jebres, Solo, masuk tiga besar kelurahan terbaik dalam Lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jateng 2022.

Ini Kelurahan Dengan Jumlah Penduduk Paling Sedikit Di Solo, Wilayahmu?

Kelurahan di Kecamatan Laweyan ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit meski bukan merupakan wilayah kelurahan paling kecil di Kota Solo.

CFS Wonogiri, Paguyuban Pedagang-Karang Taruna Silang Pendapat Soal Ini

Setelah dua tahun terhenti akibat pandemi Covid-19, car free sunday (CFS) di Wonogiri kembali berjalan, Minggu (26/6/2022). Tetapi, terdapat permasalahan dalam pengelolaannya.

Bawa Miras Dan Mabuk, 18 Suporter PSS Sleman Ditangkap Polisi Solo

Sebanyak 18 suporter PSS Sleman tertangkap aparat Tim Sparta Polresta Solo karena kedapatan membawa miras dan mabuk di Stadion Manahan.

Tersisa 10 Kloter Belum Diberangkatkan, Termasuk Calhaj Dari Kota Solo

Embarkasi Solo hingga Senin (27/6/2022) masih menyisakan 10 kloter yang belum diberangkat ke Tanah Suci, termasuk calhaj dari Kota Solo.

Kritik Birokrasi, Habib Syech Cerita Pernah Diminta Bayar Saat Urus KTP

Pendakwah selawat terkemuka Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf mengaku pernah diminta membayar sejumlah uang saat urus pembuatan KTP.