SOLOPOS.COM - Tugu selamat datang di Sukogharjo. (ppid.sukoharjokab.go.id)

Solopos.com, SUKOHARJO – Setelah sempat tertunda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo akan mengerjakan dua proyek mercusuar pada 2021 mendatang. Dua proyek itu masing-masing peningkatan Jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari, dan gedung pertemuan di lahan bekas kantor lama DPRD Sukoharjo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo mengatakan dua mega proyek yang diperkirakan menelan anggaran hingga Rp100-an miliar tertunda karena pandemi Covid-19.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

"Proyek tertunda di tahun 2020 akan dikerjakan tahun depan. Proyek ini meliputi pembangunan Jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari dan gedung pertemuan di lahan bekas kantor lama DPRD Sukoharjo," katanya kepada wartawan di Sukoharjo pada Rabu (22/12/2020).

2 Mayat Pria Ditemukan Membusuk di Selokan Tol Semarang-Batang

Bowo mengatakan Pemkab Sukoharjo sesuai rencana siap merealisasikan proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo di Kecamatan Bendosari pada tahun ini. Di mana Pemkab Sukoharjo mengalokasikan anggaran Rp53 miliar untuk proyek Jalan Sugihan-Paluhombo.

Namun anggaran kedua proyek mercuruar tersebut terkena realokasi untuk penanganan Covid-19 di Sukoharjo. Pembangunan mercusuar tersebut kemudian menjadi prioritas yang dikerjakan Pemkab Sukoharjo pada 2021.

"Di tahun ini kita sudah menyelesaikan kewajiban pembayaran ganti rugi tanah kepada para pemilik terdampak proyek Sugihan-Paluhombo," katanya.

Bangunan Dekat Gerbang Tol Sambungmacan Sragen Dibongkar Paksa, Ini Pengakuan Penyewanya

Ganti Rugi

Diakui Bowo, beberapa pembayaran ganti rugi tanah dan bangunan terdampak pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo, Bendosari ada yang terpaksa dititipkan melalui pengadilan. Sebab DPUPR Sukoharjo belum berhasil menemui ahli waris pemilik tanah.

Namun kini pengadaan tanah telah selesai sehingga di awal tahun nanti pihaknya tinggal melaksanakan lelang kegiatan. Dengan demikian proyek pembangunan jalan Sugihan-Paluhombo bisa terealisasi di tahun depan.

Pemkab Sukoharjo menilai proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo mendesak dikerjakan sebagai rintisan pembangunan Jalur Lingkar Timur (JLT).

Enggak Jadi Menteri, Rudy Wali Kota Solo: Saya Juga Tidak Mau!

Selain jalan Sugihan-Paluhombo, Pemkab Sukoharjo juga akan melaksanakan pengerjaan pembangunan gedung pertemuan yang diperkirakan menelan anggaran Rp52 miliar.

Mega proyek pembangunan Gedung Pertemuan sesuai rencana dibangun di bekas lahan Gedung Serbaguna Budi Sasono, DPRD dan Bank Pasar. Merujuk detail engineering design (DED) gedung pertemuan akan dibangun terbuka untuk umum di lahan seluas 11.169 meter persegi, dimana luas bangunannya 6.550 meter persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya