SOLOPOS.COM - Kembang api menyala menghiasi langit kawasan Manahan Solo saat pembukaan ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan. Foto dari Rooftop Solo Paragon Hotel & Residence, Solo, Sabtu (30/7/2022) malam. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – ASEAN Para Games (APG) resmi dibuka Wakil Presiden Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin di Stadion Manahan Solo pada Sabtu (30/7/2022) malam WIB. Semangat olahraga untuk kaum disabilitas menyala seiring pesta kembang api dipengujung opening ceremony tersebut.

Pembukaan mengangkat tema wayang dengan panggung berbentuk kelir yang menutupi seluruh sisi timur tribune stadion. Dua wayang besar berada di dua sisi panggung. Alunan gamelan mengiringi seluruh rangkaian acara.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Prosesi pembukaan pesta olahraga itu diawali penampilan komedian Dodit Mulyanto bersama Endah Laras, dan Arda Tatu yang membawakan lagu Bengawan Solo. Di sela-sela acara, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga tampil sebagai pengiring dengan alat musik kendang.

Setelahnya disusul penampilang dalang Ki Purbo Asmoro membawakan kisah Rajamala yang tak lain merupakan maskot APG 2022.

Ribuan penonton di tribune sisi utara, timur, dan selatan Stadion Manahan mendadak riuh saat Wali Kota Solo, Gibran Rakuming Raka, yang juga ketua penyelenggara APG 2022 berkuda menuju panggung. Gibran memakai pakaian kebesaran adat Jawa khas Keraton Solo.

Baca Juga: Bikin Bangga, Ribuan Warga Antusias Saksikan Pembukaan APG 2022 di Solo

Dalam sambutannya Gibran mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bahu-membahu demi kesuksesan pelaksanaan APG 2022.

Prosesi kemudian dilanjutkan dengan defile dari seluruh kontingen negara peserta APG 2022 disambut oleh Wapres. Kontingen Indonesia tampil terakhir sebagai penutup defile.

Sebagai puncak acara, dilakukan penyalaan obor APG 2022 oleh dua atlet Indonesia, Fadli Imamudin dan Najiha Zahra.

Baca Juga: Ni Nengah Berburu Emas Pertama Indonesia di APG 2022

Pesta belum berhenti sampai di situ. Penonton kembali dibuat riuh ketika penyenyi dangdut Nella Kharisma membawakan lagu tema APG 2022 dan pesta kembang api ikut membuat heboh suasana.

Sementara itu, dalam sambutanya, Wapres Ma’ruf Amin mengatakan sangat gembira berada di Stadion Manahan untuk membuka acara istimewa. APG adalah ajang istimewa karena menjadi sumber inspirasi bagi semua dan ada makna tentang kesetaraan.

Baca Juga: Klasemen Lengkap Tim Liga 1 2022 dan Hasil Pertandingan Hari Ini

ASEA Para Games merupakan suatu yang istimewa karena atlet para game adalah atlet-atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negara mereka. APG membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi harus lebih kuat daripada hambatan yang dihadapi.

“Saya ucapkan selamat datang di Indonesia khususnya di Solo kepada para atlet kebanggaan yang mewakili 11 negara dari kawasan Asia Tenggara. Solo adalah kota yang kaya akan kebudayaan. Di kota ini Pekan Olahraga Nasional Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 1948 tahun ini Kota Solo menjadi tuan rumah [APG],” kata Wapres.

Baca Juga: Prediksi Persis Solo Vs Persija, Susunan Pemain dan Siaran Langsung

Masih menurut Wapres, APG adalah kompetisi yang sehat dan sportif. Dia berharap perhelatan olahraga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara di kawasan ASEAN dan masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya