Pembangunan Masjid Agung Karanganyar Segera Dimulai, Ini Tahapannya

Lelang konstruksi dimulai dari tahap menyusun dokumen perencanaan.

 Masjid Agung Karanganyar (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Masjid Agung Karanganyar (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pembangunan fisik Masjid Agung Kabupaten Karanganyar senilai Rp101 miliar akan dimulai pada Februari 2020.

Tahapan dimulai dari lelang pembongkaran gedung induk Masjid Agung Kabupaten Karanganyar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memperkirakan lelang pada pertengahan Februari 2020 melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Karanganyar, Sri Asih Handayani, menyampaikan proses lelang pembongkaran Masjid Agung secara elektronik.

Umbul Udal-Udalan Karanganyar Ditarget Buka April 2020

"Kami umumkan kepada publik. Siapapun dipersilakan berpartisipasi. Pembongkaran menunggu hasil lelang. Kalau ada pemenang baru bisa dibongkar. Kami perkirakan lelang pertengahan Februari. Tugas kami menyediakan lahan yang akan digunakan membangun masjid," kata Asih, sapaan akrabnya, saat dihubungi , Minggu (2/2/2020).

Sedangkan Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Karanganyar menyiapkan lelang konstruksi.

Kabid Cipta Karya DPUPR Kabupaten Karanganyar, Asihno Purwadi, menyampaikan lelang konstruksi dimulai dari tahap menyusun dokumen perencanaan.

Kisah Widodo, 40 Tahun Jualan Putu Bambu Keliling di Karanganyar

Dokumen tersebut disusun konsultan perencana dan manajemen konstruksi. Konsultan perencana adalah PT Saranabudi Prakarsaripta sedangkan konsultan manajemen konstruksi yaitu Aretas Wicaksana Konsultan.

"Jadi ada dua sisi, yaitu lelang pembongkaran oleh Bidang Aset BKD dan lelang konstruksi oleh kami. Rencana [lelang konstruksi] sebelum 14 Februari [dokumen] masuk Pokja ULP. Kuncinya pada konsultan. Mereka yang menyusun dokumen perencanaan, seperti gambar, RAB [rencana anggaran biaya], HPS [harga perkiraan sendiri], dokumen lelang lengkap," jelas Asihno saat dihubungi , Minggu.

Dua rencana pekerjaan itu harus dimulai dan rampung sesuai jadwal karena pembangunan konstruksi dapat dilakukan setelah bangunan lama dibongkar.

Ini Pemenang Kuis Zona Warna Indaco Periode Terakhir 2019

Rencana Pemkab mengalokasikan Rp101 miliar untuk membangun Masjid Agung Kabupaten Karanganyar. Pembangunan dilaksanakan selama tiga tahun dengan sistem anggaran dana kontrak tahun jamak atau multiyears contract dimulai tahun 2019 hingga 2021.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Kabupaten Karanganyar periode 2014-2019, Abdul Muid, menuturkan takmir masjid sudah mulai memindahkan sejumlah aset ke lokasi lain. Hal itu dilakukan setelah takmir masjid mengikuti rapat dengan Pemkab.

"Kami cicil memindahkan toko, koperasi, sekretariat MUI dan DMI, Baznas, perpustakaan, poliklinik, dan lain-lain ke sejumlah tempat. Ada yang ke Gedung IPHI Karanganyar dan tempat lain. Hla dua tahun kan lama. Kami cari tempat yang representatif dan strategis," tutur Muid, sapaan akrabnya, Minggu.

Sambal Tabur dari Colomadu Karanganyar, Solusi Saat Cabai Mahal!

Dia mengaku sudah mengumumkan rencana pembongkaran dan memindahkan lokasi kegiatan dari Masjid Agung ke lokasi lain saat pengajian Ahad Pagi.

"Hari ini terakhir pengajian Ahad Pagi di sini [Masjid Agung]. Selanjutnya gabung dulu ke pengajian di tempat lain. Kalau Jumatan di sini pekan depan terakhir, setelah itu bergabung ke masjid lain. Kegiatan lain menyesuaikan. Impian warga Karanganyar segera terwujud. Nanti kalau fisik sudah bagus, tinggal memakmurkan. Itu tanggung jawab bersama," ungkap dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Bappeda Sragen Pertanyakan Sedikitnya Jumlah Sampel Susenas 2021

BPS Sragen hanya menggunakan 870 dari total 339.065 rumah tangga di Sragen sebagai sampel survei sosial ekonomi nasional (Susesnas) 2021. Bappeda Sragen mempertanyakan sedikitnya jumlah sampel itu.

Dikenal Teknik Putaran Miring, Melikan Bangun Wisata Edukasi Gerabah

Desa Melikan mengembangkan potensi gerabah dengan membikin wisata edukasi.

Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Dari seluruh potensi bencana alam yang ada, seluruh wilayah Sukoharjo perlu mewaspadai risiko terjadinya angin kencang yang berpotensi merusak.

Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

Banjir yang menerjang Sragen pada Selasa (18/1/2022) berdampak pada kegiatan belajar mengajar di SDN 4 Ngrampal. Sebagian siswa SD tersebut harus belajar dari rumah karena sekolah kebanjiran.

Harga Minyak Goreng di Klaten Masih Rp21.000 per Liter, Pedagang Pusing

Harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional masih berada pada kisaran Rp19.500-Rp21.000 per liter.

Retribusi Fasilitas Manahan & Sriwedari Solo Naik, Termasuk Kamar Mandi

Tarif retribusi penggunaan fasilitas rekreasi dan olahraga termasuk Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari Solo naik mulai awal tahun ini.

Puan Dijadwalkan Hadiri Peresmian Jembatan Gantung Girpasang

Selain ke Girpasang, rombongan Puan Maharani beserta sejumlah anggota DPR dijadwalkan mengunjungi wilayah Polanharjo, Klaten.

Masuk Kamar Tanpa Busana, Ayah Bejat Ini Tunggu Anak Tiri Selesai Mandi

Pelaku bersembunyi di kamar anak tirinya tanpa busana, menunggu korban selesai mandi. Untungnya aksi pencabulan itu gagal, pelaku ditangkap Polres Karanganyar.

Pasar Legi Solo Banjir, Pedagang: Ngarep Kios Banyune Gumrojog Lur!

Bangunan baru Pasar Legi Solo malah tergenang banjir sehari menjelang peresmian yang dijadwalkan pada Kamis (20/1/2022).

Binda Jateng Alokasikan 2.000 Dosis Vaksin untuk Anak-Anak Kartasura

Total vaksinasi anak se-Kartasura dari total 10.000 target anak sudah mencapai sekitar 70 persen per Selasa (18/1/2022).

Sering Tak Dilayani Istri, Pria Tasikmadu Berusaha Cabuli Anak Tiri

Seorang ayah asal Tasikmadu, Karanganyar, berupaya mencabuli anak tirinya yang baru selesai mandi. Beruntung aksi bejat pelaku gagal.

Kades Gondang Harap Pemkab Sragen Jadi Bangun Pasar Mbah Gajah

Kades Gondang berharap pernyataan Bupati Sragen yang ingin membangun Pasar Mbah Gajah bisa terealisasi untuk menghapus stigma negatif, yakni sebagai tempat mangkal PSK.

Patroli Pakai Helm Kopek, Polisi Klaten Beri Tilang 932 Pengendara

Saat melanggar peraturan lalu lintas, aksi ratusan pengendara kendaraan terekam helm dengan kamera portabel penindakan kendaraan bermotor (Kopek).

Kasus Perampokan Maut di Gudang Rokok Serengan Solo Segera Disidangkan

Polresta Solo telah melakukan pelimpahan tahap II kasus perampokan gudang rokok di Jl Brigjen Sudiarto, Joyotakan, Serengan, ke Kejari Solo.

Belum Diresmikan, Bangunan Baru Pasar Legi Solo Malah Kebanjiran

Bangunan baru Pasar Legi Solo yang baru mulai ditempati pedagang dan belum diresmikan kebanjiran saat hujan deras pada Rabu (19/1/2022) siang.