Pembangunan GOR di Gayam Sukoharjo akan Dimulai Mei, Ini Maketnya

Proyek pembangunan GOR tipe B merupakan kontrak tahun tunggal sehingga harus rampung pada Desember 2022.

 Maket gedung olahraga (GOR) tipe B di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo. (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Maket gedung olahraga (GOR) tipe B di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo. (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Proyek fisik pembangunan Gedung Olahraga (GOR) tipe B di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Sukoharjo, diperkirakan mulai dikerjakan pada Mei 2022. Saat ini, proyek itu masuk tahap proses lelang jasa konsultasi manajemen konstruksi.

Pantauan Solopos.com di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Sukoharjo, Rabu (12/1/2022), proses lelang jasa konsultasi manajemen konstruksi pembangunan GOR tipe B masuk masa sanggah prakualifikasi. Penandatanganan kontrak dengan pemenang lelang direncanakan dilakukan pada 4 Februari 2022.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Setelah proses lelang manajemen konstruksi rampung dilanjutkan dengan mempersiapkan berkas dokumen lelang pengerjaan konstruksi fisik. “Kalau tidak ada perubahan, proses lelang konstruksi fisik dilakukan pada akhir Maret atau awal April. Sehingga proyek fisik bisa dikerjakan pada Mei,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu.

Baca juga: Kontraktor Gedung Budi Sasono Gugat DPUPR Sukoharjo, Ini Alasannya

Proyek pembangunan GOR tipe B merupakan kontrak tahun tunggal sehingga harus rampung pada Desember 2022. Karena itu, perencanaan pembangunan GOR dirancang sematang mungkin mulai dari detail engineering design (DED) hingga proses lelang pengadaan barang dan jasa. Pemkab Sukoharjo mengalokasi anggaran pembangunan GOR tipe B senilai Rp13,5 miliar.

Proses Lelang Lebih Awal

Sebelumnya, proyek pengurukan tanah di lokasi pembangunan GOR telah rampung pada akhir 2021. “Pembangunan GOR tipe B menjadi proyek strategis pada 2022. Kami menekankan pada proses lelang lebih awal agar kontraktor pelaksana bisa mengerjakan proyek lebih lama,” ujar dia.

Mantan Camat Nguter itu menyampaikan Sesuai Peraturan Kemenpora No 145/2016 tentang Gedung Olahraga disebutkan GOR tipe B menampung enam cabang olahraga yakni futsal, voli, bulu tangkis, tenis lapangan, basket dan sepak takraw. GOR tipe B dilengkapi fasilitas seperti lapangan indoor, kamar mandi dan tribun penonton.

Baca juga: 5 Temuan BPK Ini Soroti Penanganan Sampah di Sukoharjo

Daya tampung GOR tipe B berkapasitas sekitar 3.000 orang. “Rencananya, GOR tipe B diproyeksikan sebagai venue event atau turnamen olahraga di Sukoharjo. Selama ini, pemerintah dan pengurus cabang olahraga kebingungan saat ditunjuk sebagai tuan rumah event atau turnamen olahrga lantaran tak memiliki sarana dan prasarana yang memadai,” papar dia.

Aji, sapaan akrabnya, berharap prestasi olahraga di Kabupaten Jamu meningkat seiring pembangunan GOR tipe B. Terlebih, potensi bibit atlet muda bertalenta tinggi di Sukoharjo tak kalah dibanding daerah lain di Soloraya atau Jawa Tengah.

Seorang warga Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Arifin, mengatakan tak sedikit bibit atlet muda tak bisa mengembangkan bakat dan talentanya lantaran sarana olahraga belum memadai. Dia berharap muncul bibit atlet muda potensial asal Sukoharjo yang mampu mengukir tinta emas di berbagai ajang olahraga baik level nasional maupun internasional.

Baca juga: Dapat Saran dari Mentan, Ini Cara Sukoharjo Genjot Budidaya Padi IP 400

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      + PLUS Indonesia Butuh Cetak Biru Pedagogi Digital

      Indonesia membutuhkan cetak biru pedagogi digital. Kebutuhan ini urgen berdasarkan pengalaman penyelenggaraan pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Pandemi kini telah masuk tahun ketiga.

      Berita Terkini

      Cara & Syarat Nobar Pengabdi Setan 2 di Bioskop Tua Singosaren Solo

      Berikut ini terdapat cara dan syarat untuk nobar film Pengabdi Setan 2: Communion di bioskop tua Plaza Matahari Singosaren Solo, besok, Minggu (14/8/2022).

      Jelang Pentas Ketoprak "Brandall Sukowati", Sutradara Kasih Bocoran

      Sutradara ketoprak menyebutkan adanya kekeliruan dalam pemaknaan brandal. Pentas ketoprak nanti malam akan meluruskan pemahaman yang kurang pas soal brandal.

      Ini Pesan Terakhir Pegawai Dishub Sragen yang Laka Saat Kawal Pejabat

      Pegawai Dishub Sragen yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saat mengawal pejabat Pemkab, sempat menuliskan status WA.

      Inilah Pejabat Pemkot yang Dilantik, 2 Lurah Berusia 31 Tahun

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melantik pejabat eselon termasuk dua lurah yang masih berusia 31 tahun.

      Lantik 51 Pejabat, Gibran: Tidak Bisa Bersantai

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpesan para pejabat tidak menyalahgunakan wewenang dan tidak bersantai karena Kota Solo menyambut berbagai event besar dalam waktu dekat.

      Bioskop Tua Plaza Singosaren, Lokasi Nonton Bareng Pengabdi Setan 2

      Bioskop tua di Plaza Singosaren yang telah lama tutup menjadi lokasi menonton bareng film Pangabdi Setan 2: Communion.

      Habil Akbar, Bek Kiri Timnas U-16 asal Gemolong, Bikin Ortu Bahagia

      Ana menerangkan untuk masuk di Timnas untuk Piala AFF itu sangat ketat dan bongkar pasang pemain.

      Pengabdi Setan 2 Bakal Disetel di Bioskop Tua Solo, Pemain Juga Ikut?

      Film Pengabdi Setan 2: Communion bakal ditayangkan di sebuah bioskop tua di Kota Solo, Jawa Tengah. Akankah para pemain juga ikut?

      Pengabdi Setan 2 Bakal Disetel di Bioskop Tua Solo, Ini Lokasinya

      Film Pengabdi Setan 2: Communion bakal ditayangkan di sebuah bioskop tua di Kota Solo, Jawa Tengah. Berminat tonton?

      Kasus Penjebolan Benteng, PPNS Limpahkan Berkas Ke Kejati Jateng

      berkas perkara perusakan benteng bekas Keraton Kartasura ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, Rabu (27/7/2022).

      Pegawai Dishub Jadi Korban Tabrak Lari, Meninggal di RSUD Sragen

      Almarhum Aji meninggal setelah menjadi korban tabrak lari truk tak dikenal di Jalan Sragen-Solo, tepatnya di depan Toko Lestari Poultry Shop km 4/27, Kranggan RT 006, Desa/Kecamatan Sidoharjo, Sragen, Jumat, pukul 15.45 WIB.

      Tak Hanya Jual-Beli, Polisi Temukan Sertifikat Tanah di Bong Mojo

      Polisi menemukan sertifikat hak milik di lahan bong Mojo selain kuitansi jual-beli lahan.

      Pelaku Jual Beli Bong Mojo Solo Terancam Penjara-Denda Miliaran Rupiah

      Hukuman penjara hingga denda miliran rupiah menanti para pelaku yang terbukti melakukan jual beli lahan kawasan Bong Mojo, Jebres, Solo.

      Cuaca Boyolali Hujan Lebat Hari Ini, Jangan Lupa Payung dan Mantel Lur!

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (13/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Sabtu 13 Agustus: Hujan Lagi Sore sampai Malam

      Hujan akan kembali mengguyur Kota Solo pada sore hingga malam hari ini, Sabtu (13/8/2022), berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.