Pemadaman Kebakaran Pabrik Busa di Kalijambe Sragen Dibantu Hidran Presiden Jokowi
Proses pemadaman kebakaran di pabrik Kalijambe, Sragen, Sabtu (24/10/2020). (Solopos.com/Moh Khodiq Duhri)

Solopos.com, SRAGEN – Pemadaman kebakaran di pabrik busa yang berlokasi di Dusun Salam, Desa Saren, Kalijambe, Sragen, Sabtu (24/10/2020), memakan waktu sekitar tujuh jam. Hal ini disebabkan sejumlah kendala di lapangan, mulai dari ketiadaan hidran hingga arah angin yang bertiup cukup kencang.

Pada awalnya, tim pemadam kebakaran memanfaatkan air dari hidran yang berada di pabrik milik Presiden Jokowi, PT Rakabu. Sebab, mereka tidak menemukan hidran di pabrik PT Eiro Foam & Function yang terbakar hebat.

“Sangat disayangkan pabrik sebesar ini belum dilengkapi hindran. Padahal, di dalamnya terdapat banyak barang yang mudah terbakar. Kami terbantu dari PT Rakabu [milik Presiden Jokowi] yang sudah memiliki hidran,” papar Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Satpol PP dan Damkar Sragen, Anton Sujarwo.

AC Terbakar, SMA Regina Pacis Solo Kebakaran

Tetapi, debit air dari hidran pabrik milik Presiden Jokowi itu semakin kecil karena terus dipakai selama lima jam memadamkan kebakaran di Kalijambe, Sragen, itu.

“Namun, debit air dari hidran PT Rakabu juga makin kecil karena lebih dari lima jam dipakai. Jadi, kami harus mencari air dari hidran di Gemolong,” sambung Anton Sujarwo.

Api akhirnya berhasil dipadamkan pada Sabtu malam pukul 22.30 WIB. Total 10 unit pemadam kebakaran dari Sragen, Solo, Karanganyar, dan Boyolali terjun menjinakkan api dengan 30 tangki air.

Gempa M 5,9 Terjadi di Pangandaran, Guncangan Terasa hingga Cilacap

Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran pabrik busa di Kalijambe, Sragen itu. Jajaran kepolisian belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

“Kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran karena sampai sekarang api belum padam. Untuk memastikan penyebab kebakaran, kami harus menggelar olah TKP. Tentunya setelah api benar-benar padam,” papar Kapolsek Kalijambe, AKP Aji Wiyono, kepada Solopos.com di lokasi.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran pabrik di Kalijambe, Sragen, itu terjadi Sabtu sore sekitar pukul 15.00 WIB. Asap hitam pekat mebumbung tinggi akibat kebarakan sempat membuat warga setempat panik.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom