Tutup Iklan

Pelaku Pembunuhan Wanita Di Purwantoro Wonogiri Soko Dikenal Sakti

Pelaku pembunuhan wanita yang mayatnya ditemukan bersimbah darah di Purwantoro, Wonogiri, dikenal sakti dan sering bepergian keluar kota.

 Soko, warga Purwantoro, Wonogiri, yang ditangkap karena membunuh seorang wanita bernama Karmila. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Soko, warga Purwantoro, Wonogiri, yang ditangkap karena membunuh seorang wanita bernama Karmila. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Pelaku pembunuhan wanita di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri, Soko, 57, dikenal warga sekitar sebagai orang sakti. Ia sering pergi ke luar kota dan meninggalkan rumahnya.

Soko merupakan warga Lingkungan Mbiting, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Purwantoro. Ia menghabisi nyawa Karmi alias Mila, 39, warga Dusun Manding RT 003/RW 005, Desa Sukorejo, Puhpelem, Wonogiri, Minggu (27/6/2021).

Soko tertangkap polisi sehari kemudian di Surabaya, Jawa Timur. "Benar, Soko merupakan warga asli sini [Mbiting, Tegalrejo]. Namun saat ini tinggal di rumah istri sirinya, Nunung Dwi Prihayati," kata Lurah Tegalrejo, Narto, saat dihubungi Solopos.com,  Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan Wanita Di Purwantoro Wonogiri

Ia mengatakan rumah Nunung masih satu kelurahan namun beda lingkungan. Rumah Nunung berada di Lingkungan Sigereng RT 004/RW 006, Kelurahan Tegalrejo, Purwantoro. Rumah itu lah menjadi lokasi pembunuhan wanita bernama Karmila alias Mila dengan Soko sebagai pelakunya.

"Soko memiliki istri sah dan mempunyai anak. Namun saya tidak tahu secara pasti apakah dia dan istrinya cerai atau belum. Setahu saya anaknya di Ponorogo, Jawa Timur," ungkapnya.

Kehidupan Sosial Baik

Saat kejadian penemuan mayat, Minggu (27/6/2021), dikabarkan bahwa jenazah yang bersimbah darah di dapur rumah Nunung itu adalah Soko. Awalnya warga tidak percaya Soko menjadi korban pembunuhan karena dikenal sosok sakti atau memiliki kelebihan.

Baca Juga: Terungkap! Ini Motif Pelaku Pembunuhan Wanita Di Purwantoro Wonogiri

"Berdasarkan keterangan warga, [Soko] terkenal sakti. Pak Soko pernah dihajar beberapa orang, saat pulang sudah sehat, kata warga seperti itu," katanya mengenai sosok pelaku pembunuhan wanita di Purwantoro, Wonogiri, itu.

Pada sisi lain, Soko dikenal memiliki kehidupan sosial yang baik dengan warga. Hal itu terbukti saat Soko melakukan pengondisian di rumah kakak Soko di Lingkungan Mbiting.

"Kalau di lingkungan Mbiting sosial kemasyarakatannya bagus. Saat saya ke sana juga seperti itu menurut warga. Tapi mereka tidak tahu seperti apa Mas Soko di luar lingkungan," ujarnya.

Baca Juga: Ini Identitas Jasad Wanita Bersimbah Darah di Purwantoro Wonogiri

Beredar kabar di masyarakat dan media sosial bahwa pelaku pembunuhan wanita di Purwantoro itu adalah seorang bandar judi. Namun, Narto tidak menampik rumor tersebut.

Disebut-Sebut Sebagai Bandar Judi

Narto mengaku belum melihat sendiri secara langsung bahwa Soko adalah bandar judi. Ada rumor juga bahwa Soko pernah menghilang dari Tegalrejo selama beberapa waktu karena terlilit utang. Terkait hal itu Narto juga mengaku tidak mengetahuinya.

"Yang jelas, Soko sering pergi keluar kota, kemungkinan untuk bekerja. Karena saat di rumah tidak bekerja. Lama tidak kelihatan terus muncul lagi. Memang sering keluar. Kakaknya bilang kalau di rumah paling cuma mandi, ganti baju, kemudian keluar lagi," kata Narto.

Baca Juga: Terungkap, Mayat Bersimbah Darah di Purwantoro Wonogiri Bukan Pria Tapi Wanita

Sebagaimana diberitakan, kasus pembunuhan wanita di Purwantoro ini sempat menggegerkan warga Wonogiri. Awalnya ada video yang beredar mengenai lokasi penemuan mayat bersimbah darah di salah satu rumah Lingkungan Sigereng, Tegalrejo, Purwantoro, Minggu (27/6/2021).

Warga awalnya mengira jasad itu adalah Soko, sang penghuni rumah. Namun belakangan diketahui jasad itu adalah seorang wanita bersama Karmi alias Mila. Keduanya diduga memiliki hubungan khusus.

Soko pun kemudian menjadi orang yang dicurigai dan tertangkap pada Senin (28/6/2021) di Surabaya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ada Makam Pinggir Jalan di Pajang Solo, Empunya Siapa?

Ada makam pinggir jalan di Pajang, Laweyan, Solo, Jawa Tengah, yang dulu ternyata sumur. Kira-kira siapa yang dikubur di makam tersebut?

Dedy dan Suwardi Jadi Kandidat Kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen

Nama Dedy Endriyatno dan Suwardi mencuat sebagai kandidat kuat Ketua Kwarcab Pramuka Sragen.

Vaksin AstraZeneca Tidak Diminati Lansia Klaten

Lansia di Klaten lebih suka vaksin Sinovac daripada vaksin AstraZeneca.

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.