SOLOPOS.COM - Ilustrasi disuntik vaksin (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pedagang dua pasar tradisional Kabupaten Sukoharjo mendapat prioritas untuk program vaksinasi Covid-19. Kedua pasar itu yakni Pasar Gawok di Kecamatan Gatak dan Pasar Kartasura di Kecamatan Kartasura.

Namun, hingga Pemkab belum bisa memastikan kapan vaksinasi untuk pedagang di dua pasar itu akan dilaksanakan. Sebelumnya, jatah vaksin yang sedianya untuk mereka dialihkan untuk warga lanjut usia (lansia).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Sukoharjo Sutarmo mengatakan dua pasar telah dipersiapkan sebagai sasaran vaksinasi bagi pedagang.

Baca Juga: Kabar Duka, Penyiar Solopos FM Putu Narendra Meninggal Dunia

Namun dalam perkembangannya, pemberian vaksin untuk pedagang belum bisa dilaksanakan. "Koordinasi kami dengan Satgas Covid-19, vaksinasi sekarang baru menyasar prioritas pelayan publik dan warga lansia," katanya kepada Solopos.com, Senin (15/3/2021).

Sutarmo mengatakan vaksinasi terhadap pedagang pasar tradisional ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan. Menurutnya kewenangan vaksinasi virus Corona sepenuhnya ada pada pemerintah pusat melalui Satgas Covid-19.

Untuk saat ini vaksinasi masih diprioritaskan bagi pelayan publik dan warga lansia. Pemkab Sukoharjo tetap berharap pedagang pasar tradisional masuk sasaran vaksinasi Covid-19 tahap selanjutnya.

Baca Juga: Penemuan Jasad Bayi Misterius Dalam Tas Gegerkan Warga Sine Sragen

Protokol Kesehatan

"Kami terus mengimbau pedagang tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona di pasar tradisional," tuturnya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan sasaran penerima vaksinasi menyesuaikan instruksi pemerintah pusat. Sebab penentu sasaran vaksinasi virus Corona sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Awalnya memang ada rencana vaksinasi virus Corona akan menyasar pedagang pasar tradisional. Tapi dialihkan dulu untuk sasaran prioritas pelayan publik dan warga lansia," katanya.

Baca Juga: Solopos FM Berduka: Sosok Penyiar Periang Itu Pergi Untuk Selamanya...

Yunia mengatakan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran pedagang pasar tradisional Sukoharjo baru dilaksanakan pemerintah pusat pada sejumlah kabupaten/kota yang ditunjuk. Untuk Kabupaten Sukoharjo masih menunggu.

"Ke depan pedagang pasar tradisional tetap masuk sasaran vaksinasi virus Corona. Tapi pelaksanaannya menunggu instruksi lanjutan dari pemerintah pusat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya