Tutup Iklan

Pecel Tawangmangu, Kuliner Sehat Kombinasi 11 Sayuran Segar yang Lezat

Kuliner pecel khas Tawangmangu, Karanganyar ini selain lezat juga bergizi tinggi berisi kombinasi 11 sayuran segar berpadu dengan sambal kacang yang nikmat.

 Pecel tawangmangu. (Youtube/ 
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

SOLOPOS.COM - Pecel tawangmangu. (Youtube/ BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Solopos.com, KARANGANYAR — Saat berkunjung ke lereng Gunung Lawu, jangan lewatkan untuk mencoba kuliner khas yakni pecel Tawangmangu. Pecel ini selalu menjadi buruan pencinta kuliner lokal maupun luar daerah yang berlibur di Tawangmangu.

Pedagang pecel ini berjualan ini pinggir jalan menggunakan tenda. Lokasinya di jalan Kalisoro, Tawangmangu, atau di atas objek wisata The New Balekambang. Kuliner sehat ini selalu habis diserbu pencinta kuliner desa ini. Uniknya, pecel tawangmangu ini hanya dijual saat hari libur dan buka sejak pagi.

Baca Juga: Gurihnya Camilan Kepelan Khas Pedan Klaten yang Gurih dan Nagih

Kuliner khas Tawangmangu ini berisi sayuran yakni selada air, bunga turi, tauge, kenikir, daun singkong, daun pepaya, kubis, bayam, kangkung, petai cina, kemangi, dan timun. Anda bisa melihat wujud asli pecel khas yang menggugah selera ini di video channel Babahe Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan berjudul Kuliner Murah di Solo | Ramai Sekali, Sudah 40 Tahun, Hanya Buka di Hari Libur | Pecel Tawangmangu, Rabu (9/6/2021).

Pecel tawangmangu.
Pecel tawangmangu dengan 11 macam sayuran. (Youtube/
BABAHE Kamus Kuliner Dan Jalan Jalan)

Kuliner pecel dengan isi kombinasi 11 sayuran ini harganya cukup murah, yakni dibanderol Rp5.000 per porsi. Cara penyajiannya juga unik dan tradisional, yakni menggunakan daun pisang dan kertas minyak yang dipincuk.

Anda bisa menambahkan gorengan yang digunting-gunting dan telur untuk menambah kelezatan  pecel ini. Tak lupa peyek kacang yang renyah ditambahkan sebagai pelengkap pecel tawangmangu. Sambal kacangnya yang super endul memiliki dua varian, yaitu pedas dan biasa. Pembeli bisa memesan sesuai selera baik sayuran maupun sambalnya.

Baca Juga: Endul! Ada Mie Ayam Bakar Bumbu Rempah di Solo Baru Sukoharjo

Selain lezat dan segar, kuliner yang berisi aneka dedaunan dan ditambahkan sambal kacang ini banyak mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Rasa dari bumbu kacangnya pas di lidah dan sayurannya pun segar, karena diperoleh dari perkebunan di Tawangmangu.

“Sambalnya pedesnya ge terlalu tapi manisnya oke, ada asinnya, bumbu kacangnya mantap banget dan sayurnya segar-segar,” kata pemilik Youtube Babahe Kamus Kuliner.

Netizen pun berkomentar tentang kelezatan pecel tawangmangu yang murah ini. “Pecel tawangmanggu, murah, meriah dan nikmat,” komentar pengguna Youtube, Naira Ramadhani Susanti.

Baca Juga: Dijamin Nagih! Nasi Gandul Khas Pati di Jebres Solo Ini Patut Dicoba

“Mantap pecel tawangmangunya, uueenak tenan, terimakasih info kulinernya,” tulis pengguna Youtube, dapur omsas.

Berita Terkait

Berita Terkini

9 BUMD Sragen Diguyur Modal Rp25 Miliar Tahun Depan

Dari sembilan BUMD di Sragen, ada tiga BUMD berprestasi secara manajemen dengan mendapatkan penghargaan Top BUMD 2021 Bintang 4.

Desa Sendang Wonogiri Terbaik Nasional, Ini Keunggulannya

Ada tiga hal yang dinilai pada ajang ini, yakni administrasi desa memiliki bobot 20, aktivasi dan akses masyarakat bobot 20, dan inovasi desa terkait pelayanan publik bobot 60.

Jumlah Sambungan Pelanggan Baru PLN di Boyolali Meningkat

Jumlah penyambungan ke pelanggan di Klaten dan Boyolali pada Agustus menyasar sekitar 5.000 pelanggan.

Kejar Herd Immunity, Kapolres Klaten Tinjau Vaksinasi di SMPN 2 Wedi

Peninjauan Kapolres Klaten ke SMPN 2 Wedi guna memastikan vaksinasi di sekolah setempat berlangsung lancar.

Hebat! Desa Sendang Terbaik Nasional soal Keterbukaan Informasi Publik

Desa Sendang, Wonogiri, menjadi desa terbaik se-Indonesia dalam hal keterbukaan informasi publik desa.

Ada Sekolah Langgar Prokes, Pemkot Solo Diminta Tak Sekadar Reaktif

Pemkot Solo diminta tidak hanya bersikap reaktif ketika ada sekolah melanggar prokes saat PTM namun juga melakukan pengawasan sistematis.

PJU Kembali Dinyalakan, Alun-Alun Wonogiri Terang Benderang

Dishub memadamkan PJU di ruas jalan raya tertentu sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, awal Juli 2021.

PTM Terbatas di 824 SD dan SMP di Klaten Bakal Disidak secara Rutin

Sri Mulyani mengatakan sidak dilakukan oleh lima tim yang menyebar ke berbagai sekolah terutama yang menyelenggarakan PTM terbatas.

Dukung Swasembada Daging, Kesehatan Reproduksi Sapi Boyolali Dipantau

Sapi yang memiliki masalah dalam sistem reproduksi akan diobati dan dipantau selama tiga pekan ke depan. 

Timbang Mangkrak, Pawartos Bikin Taman di Lahan Eks Terminal Kartasura

Masyarakat yang tergabung dalam Pawartos membangun taman dan pusat kuliner di lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang lama mangkrak.

RAPBD Kabupaten Boyolali 2022 Rp2,27 Triliun

Dalam Ranperda APBD 2022, struktur pendapatan daerah dalam APBD Boyolali tahun 2022 diestimasikan Rp2.278.633.677.000.

Kucing, Hewan Paling Banyak Divaksin Rabies di Wonogiri

Vaksin rabies untuk hewan peliharaan ini digelar sebagai tindakan preventif dan mempertahankan status Jawa Tengah yang bebas rabies.

Baru 40-An Pelaku Usaha Ajukan QR Code PeduliLindungi lewat Pemkot Solo

Jumlah pelaku usaha yang mendaftar pengajuan QR Code PeduliLindungi melalui Dinas Pariwisata Solo masih minim, baru 40-an.

KPA Sragen Gelar Tes HIV di Gunung Kemukus Sasar Pekerja Hiburan

Pemkab Sragen kini punya alat khusus untuk memindai sidik jari warga jika menemui kelompok rentan HIV/AIDS yang tidak memiliki KTP.