SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi pecel keong Warung Makan Mbak Toen di Jalan Raya Muncul, Kabupaten Semarang. (Youtube Dyodoran)

Solopos.com, SALATIGA — Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), memang memiliki aneka kuliner yang unik yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Salah satu kuliner unik yang ada di Kota Salatiga adalah pecel keong.

Pecel selama ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Masyarakat Jawa sudah sejak lama mengonsumsi pecel. Bahkan, konon pecel sudah dinikmati masyarakat di Pulau Jawa sejak abad ke-9. Hal ini didukung dengan pencantuman nama pecel dalam kitab-kitab Jawa kuno seperti Kakawin Ramayana, Babad Tanah Jami, hingga prasasti Siman yang ditemukan di Kediri.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Makanan pecel inipun cukup digemari masyarakat. Hal ini dikarenakan pecel kaya akan serat dan gizi yang berasal dari sayur-sayuran yang dipadukan dengan bumbu sambal kacang.

Kuliner pecel ini pun banyak ditemukan di berbagai daerah di Jawa. Meski demikian, di sekitar wilayah Salatiga ada satu warung yang menyajikan kuliner pecel dengan unik, yang dipadukan dengan keong atau siput besar.

Warung itu adalah Warung Pecel Mbak Toen yang terletak di Jalan Raya Muncul, Dusun Rowoganjar, Desa Rowobani, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Warung yang menyajikan kuliner unik pecel keong ini pun terbilang cukup legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1970-an.

Baca juga: Patut Dicoba! Ini 5 Kuliner Legendaris Salatiga

Berdasarkan pantauan Solopos.com di sebuah kanal Youtube, Selasa (21/6/2022), Warung Pecel Mbak Toen ini tidak hanya menyajikan kuliner unik khas Salatiga berupa nasi pecel keong. Di warung ini, pengunjung juga bisa menikmati hidangan aneka nasi pecel mulai dari nasi pecel belut, nasi pecel ayam, nasi pecel mujair maupun nasi pecel belut.

Harga Terjangkau

Selain itu, warung ini juga menyajikan kuliner unik lainnya berupa kolak ketan yang dipadukan dengan pisang kepok jawa. Kendati demikian, menu yang menjadi andalan atau primadona di warung adalah nasi pecel keong, nasi pecel belut, dan kolak ketan pisang kepok.

Selain nikmat, sajian kuliner unik yang lokasinya tak jauh dari pusat Kota Salatiga, yakni nasi pecel keong ini pun harganya cukup terjangkau. Satu porsi nasi pecel keong hanya diharga Rp12.500.

Baca juga: Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

Lokasi Warung Makan Mbak Toen ini juga cukup mudah dijangkau. Warung makan ini juga terletak di dekat objek wisata pemandian Muncul yang cukup populer di kalangan warga Salatiga maupun pinggiran Kabupaten Semarang.

Jarak Warung Makan Mbak Toen yang menyajikan kuliner unik pecel keong ini dari Kota Salatiga hanya sekitar 8,7 km atau sekitar 17 menit perjalanan. Jika Anda dari Kota Salatiga, bisa mengambil rute melalui Jalan Osamaliki, lalu mengambil rute di Jalan Imam Bonjol hingga bertemu perempatan Jalan Lingkar Salatiga. Setelah melewati Jalan Lingkar Salatiga, ambil arah Jalan Raya Salatiga-Muncul hingga bertemu dengan Warung Makan Mbak Toen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya