Jadi Kota Tertua di Jawa, Ternyata Salatiga Punya Kuliner Zaman Mataram

Menjadi kota tertua di Pulau Jawa, Salatiga ternyata mempunyai kuliner legendaris yang sudah eksis sejak zaman Mataram hlo.

 Kantor Wali Kota Salatiga merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota tersebut. (Dok. Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

SOLOPOS.COM - Kantor Wali Kota Salatiga merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota tersebut. (Dok. Solopos.com-Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA — Jadi kota tertua di Pulau Jawa, ternyata Salatiga, Jawa Tengah, mempunyai kuliner legendaris yang sudah eksis sejak zaman Mataram.

Dilansir Salatiga.go.id, Minggu (22/5/2022), ada beberapa sumber yang dijadikan dasar yang menyatakan bahwa Salatiga adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Dari beberapa sumber tersebut, Prasasti Plumpungan dijadikan dasar informasi terkait hari lahir Kota Salatiga. Dalam prasati itu tercantum bahwa Kota Salatiga berdiri pada 750 Masehi.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Salatiga juga menempati urutan kedua dari 10 kota tertua di Indonesia. Posisi pertama adalah Palembang, kemudian posisi ketiga ada pada Kediri, kemudian Magelang, Banda Aceh, Surabaya, Baubau, Ambon, Tegal dan Padang.

Baca Juga:  Diyakini Masih Ada, Bagaimana Wujud Harimau Jawa?

Disebut sebagai kota tertua di Pulau Jawa, Salatiga memiliki kuliner tumpang koyor yang diyakini sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram.

Kuliner lezat yang satu ini sangat sederhana, karena warnanya tidak begitu mencolok.

Baca Juga: Foto Profil Gibran di Instagram Bikin Kaget, Netizen: Dihack Kaesang?

tumpang koyor salatiga
Tumpang koyor khas Salatiga. (Indonesia.go.id)

Bahkan sekilas penampilannya kurang menarik karena tampak buram. Namun, siapa sangka di balik penampilan yang biasa saja itu tersimpan rasa yang luar biasa. Cita rasa makanan yang satu ini sangatlah gurih, pedas, asin, manis, dan sedikit asam.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, yang menjadi ciri khas dari tumpang koyor khas Salatiga adalah bahan bakunya yang menggunakan tempe semangit atau di masyarakat Jawa disebut tempe bosok alias busuk. Bahan utama lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah daging tetelan dan koyor alias tunjang.

Baca Juga: Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Peneliti sejarah kuliner dan dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Heri Priyatmoko mengatakan bahwa kuliner legendaris dari kota tertua di Pulau Jawa ini ini sudah ada sejak dua abad lalu. Hal itu tertulis di Serat Centhini dari tahun 1814 hingga 1823 yang menyebutkan bahwa ada sambal tumpang di Bumi Mataram.

Dalam serat itu menceritakan bahwa banyak tokoh masyarakat yang melakukan perjalanan mengelilingi desa-desa di Pulau Jawa. Mereka memasuki kampung-kampung demi mengumpulkan berbagai pengetahuan. Salah satunya ialah pengetahuan kuliner.

Baca Juga: Heboh Kisah KKN di Rumah Kosong Klaten, Mana Lokasinya?

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Waspada! 2 Pekan, Sembilan Kejadian Banjir & Longsor Terjang Banyumas

      BPBD Banyumas mencatat sembilan bencana hidrometeorologi selama periode 1 sampai 14 Agustus 2022.

      Sadis! Pemuda di Kendal Meninggal dengan Luka Sabetan Senjata Tajam

      Seorang pemuda ditemukan meninggal dunia dengan kondisi kritis di Kampung Krajan, Desa Plantaran, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal.

      Truk Kargo Tabrak Truk Tangki di Tol Semarang-Solo, 2 Orang Meninggal

      Dua orang meningga dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Semarang-Solo KM 460, Desa Barukan, Tengaran, Kabupaten Semarang.

      Geger! Warga Semarang Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Kaligarang

      Warga Kelurahan Ngemplak Simongan, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, digegerkan dengan penemuan mayat laki-laki di Jembatan Kaligarang.

      Kapal Ocean 17 Kecelakaan di Laut, 13 ABK Asal Batang Jadi Korban

      Sebanyak 13 warga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menjadi korban dalam kecelakaan kapal colecting atau penampung ikan KM Ocean 17.

      Anggota DPR RI: Jangan Sampai Uang Negara Dibakar Karena Vaksinasi

      Anggota DPR RI Edy Wuryanto mengatakan jangan sampai uang negara dibakar karena minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 rendah.

      Potret Tambak Lorok, Kampung Nelayan yang Terus Tenggelam di Semarang

      Kisah tragis datang dari warga Kampung Tambak Lorok, Semarang, yang terancam tenggelam akibat rob.

      Ceramah di Salatiga, Abdul Mu'ti Beberkan 3 Rahasia Muhammadiyah

      Pimpinan Daerah Muhammadiyah menggelar pengajian akbar dengan menghadirkan Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, sebagai penceramah.

      Angkringan di Semarang Ini Sajikan Panorama Desa & Berdayakan Warga

      Angkringan Baloeng Gadjah di Tuntang, Kabupaten Semarang, menjadi pilihan tempat nongkrong warga di sekitar Salatiga dan Kabupaten Semarang.

      Diburu! Polisi Kejar 4 Pelaku Pengeroyokan Suporter Persijap di Kudus

      Polisi tengah memburu pelaku pengeroyokan suporter Persijap Jepara di Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Jateng.

      Hujan Deras dan Angin, Perkemahan Hari Pramuka di Grobogan Dibatalkan

      Kegiatan perkemahan yang rencananya digelar dalam rangka Hari Pramuka di Desa Sulursari, Kecamatan Gabus, pada Sabtu (13/8/2022) dihentikan.

      Viral! Suporter Persijap Jepara Dikeroyok Enam Orang di Kudus

      Dua suporter Persijap Jepara dikeroyok di Kudus saat hendak menyaksikan laga uji coba tim kesayangannya.

      Puting Beliung Terjang 2 Desa di Kudus, Puluhan Rumah Rusak

      Puluhan rumah di dua desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung.

      Geger! Warga Buntu Cilacap Dihebokan Penemuan Mayat Bayi Perempuan

      Warga Buntu, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), dihebohkan dengan penemuan mayat bayi perempuan di pekarangan rumah warga.

      Seorang Lansia di Grobogan Ditemukan Meninggal di Pinggir Sungai

      Seorang pria lansia ditemukan meninggal di pinggir sungai di Dusun Buduran, Desa Mojorebo, Kecamatan Wirosari, Grobogan.