Pecah Telur, Akhirnya Ada Kasus Positif Covid-19 di Karangpandan Karanganyar
Ilustrasi Covid-19. (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Setelah empat bulan pandemi Covid-19 tidak pernah ada kasus positif di Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, pada Jumat (7/8/2020), terkonfirmasi satu kasus.

Informasi tersebut dihimpun Solopos.com dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar. Pada Jumat malam, ada penambahan dua kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Karanganyar.

Dua tambahan positif Covid-19 itu tercatat sebagai warga Kecamatan Karanganyar dan Kecamatan Karangpandan. Dengan ini berarti rekor empat bulan bebas Covid-19 di Karangpandan terpecahkan.

Kasus Pencurian di Solo Turun, Penyalahgunaan Narkoba Mendominasi

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar sekaligus Bupati Karanganyar, Juliyatmono, membenarkan ada kasus pertama terkonfirmasi positif Covid-19 di Karangpandan.

Sebelum terkonfirmasi positif Covid-19, pasien asal Karangpandan itu sempat menjalani perawatan karena penyakit asam lambung dan mengeluh sesak napas.

"Jadi memang pernah dirawat di rumah sakit karena hal itu. Dugaan awal dia tertular dari rumah sakit. Kali terakhir Juli itu pernah dirawat di rumah sakit swasta di Solo. Saat ini dirawat di rumah sakit," tutur Juliyatmono saat dihubungi Solopos.com, Jumat.

Unik Banget, Pohon Kelapa di Giriwoyo Wonogiri Punya Cabang!

Kontak Erat Pasien Positif Covid-19

Sementara itu, satu kasus positif lainnya dari Kecamatan Karanganyar. Dia terdata sebagai kontak erat kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dia diduga tertular keluarganya yang bekerja sebagai pegawai di RS Daerah Moewardi (RSDM) Solo.

"Yang Karanganyar itu kontak erat Rumah Sakit Daerah Moewardi. Sudah lama itu. Suaminya terkonfirmasi, nah ini istrinya. Swab Senin, hasil baru keluar Jumat. Dia tidak bergejala sehingga diisolasi mandiri di rumah," ujar dia.

Selain info pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Karangpandan, Bupati membagikan kabar gembira. Pada Jumat satu orang warga Kecamatan Matesih dinyatakan sembuh. Dia menjalani perawatan di RSDM Solo.

Gunung Sinabung Erupsi Lagi Setelah 1 Tahun "Tidur"

Yuli, sapaan akrabnya, menyebut saat ini tren persebaran Covid-19 di Kabupaten Karanganyar bergeser ke kontak erat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Mengacu akun resmi Instagram Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar saat ini masih ada 33 kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, 143 orang dinyatakan sembuh dan enam orang meninggal dunia.

"Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada nakes [tenaga kesehatan] jarang. Kali ini menyasar kontak erat dan masyarakat yang keluar masuk rumah sakit. Transmisi lokal. Ya kuncinya tetap protokol kesehatan," tutur dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom