SOLOPOS.COM - Wujud pohon kelapa yang mempunyai batang bercabang di area pekarangan Lingkungan Tameng, Desa Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Fenomena pohon kelapa unik ditemukan di pekarangan atau alas warga di Lingkungan Tameng, Desa Girikikis, Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri.

Pohon kelapa ini punya cabang alias ada dua batang di satu pohon. Padahal, pada umumnya pohon kelapa hanya mempunyai satu batang. Cabang pohon kelapa unik di Desa Girikikis tersebut berada di bagian atas.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pohon yang mempunyai tinggi sekitar delapan meter tersebut tumbuh di pekarangan atau alas milik warga Desa Tirtosuworo, Giriwoyo.

Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19, Ini Sederet Fasilitas Edotel di Klaten

Sukarelawan Srikandi Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri, Welas Handayani, mengatakan pada 2014 pohon kelapa unik tersebut sudah terlihat akan mempunyai cabang. Kemudian pada 2017 baru terlihat jelas bahwa pohon tersebut benar-benar mempunyai cabang.

"Kalau saat ini yang terlihat jelas baru bercabang dua. Tetapi jika dilihat secara detail, di cabang tersebut juga akan tumbuh batang lagi. Kemungkinan akan bercabang menjadi empat batang," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (8/8/2020).

Berdasarkan informasi dari warga sekitar, pohon kepala unik tersebut tidak disakralkan atau dikeramatakan oleh pemilik maupun masyarakat. Bahkan, pemilik pohon selalu memanen buahnya ketika sudah tua untuk dijual.

Puluhan Mobil Antik Dipamerkan di Karanganyar Besok, Pengunjung Boleh Selfie

Fenomena Serupa Pernah Terjadi

Welas menceritakan akhir-akhir ini ada beberapa orang yang datang untuk memastikan kebenaran kabar ada pohon kelapa bercabang. Untuk mencapai lokasi pohon unik ini tidak sulit.

Dari jalan perdesaan lokasi hanya berjarak 50 meter. Sedangkan dari jalan raya sekitar satu kilometer. "Beberapa tahun lalu saya juga sering ke daerah tersebut. Namun tidak menyadari dengan fenomena pohon kelapa itu," ungkap dia.

Menurut Welas, fenemena pohon kelapa unik serupa juga pernah terjadi di Desa Guwotirto, Giriwoyo. Namun sudah beberapa tahun lalu, saat ini pohonnya pun sudah ditebang.

Siap-Siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi Siang Ini, Kuotanya Banyak!

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, pihaknya bersama tim survei dari Forkompincam Giriwoyo mendatangi lokasi. Tim juga mencari pemilik dari pohon tersebut. Namun saat hendak ditemui ke rumah yang bersangkutan, pemilik tidak ada.

Dia menambahkan lokasi tempat pohon kelapa bercabang ini sangat potensial menjadi tujuan wisata. "Lokasi tersebut potensial untuk wisata desa. Selain ada pohon kelapa unik juga ada Gua Langse di dekatnya. Ini baru kami rembuk bersama," kata Welas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya