SOLOPOS.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljo beserta jajaran memantau lokasi tanah longsor di Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dalam agenda tinjauan jalur mudik 2022, Sabtu (9/4/2022)

Solopos.com, PEKALONGAN — Pemerintah mempersiapkan jalur pantai selatan (pansela) Jawa untuk mengurai kemacetan yang berpotensi terjadi di jalur tengah dan jalur pantai utara (pantura) selama arus mudik Lebaran 2022 mendatang.

Menteri PUPR RI, Mochamad Basoeki Hadimuljo beserta jajaran memantau jalur pantai selatan dan tol Solo hingga ke Pekalongan yang akan menjadi jalur mudik Lebaran 2022, Sabtu (9/4/2022).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Turut hadir dalam tinjauan tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja. Serta Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, Wida Nurfaida, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu, Opak Dwi Purwantoro, dan Kepala BBWS Bengawan Solo, Agus Rudyanto.

Baca Juga: Hindari Macet, Menteri PUPR Sarankan Pemudik Lewat Jalur Pansela

Titik kumpul dan pemberangkatan rombongan dimulai dari Hotel Alila Solo pukul 07.00 WIB. Rombongan Menteri PUPR melewati rute dari Solo–Sukoharjo–Wonogiri–Pansela–Wonosari–Yogyakarta–Temanggung–Semarang–Pekalongan.

Rombongan sampai di titik pertama yakni jalur Pantai Selatan (Pansela), Pracimantoro, Wonogiri, pukul 08.30 WIB.

Kepada Wartawan, Basuki menerangkan jalur pansela melewati Cilacap, Kebumen, Wonosari, dan tembus sampai ke Pacitan sepanjang 1.242 kilometer.

Baca Juga: Pemprov Jateng garap Jalur Pansela tahun 2010

Kementerian PUPR memmpersiapkan jalur Pansela ini untuk menghindari kemacetan dan penumpukan jalur mudik di jalur Pantura dan jalur tengah.

“Kami mempersiapkan jalur ini, agar pemudik tidak menumpuk di jalur pantura dan tengah,” ungkapnya, Sabtu (9/4/2022).

Basuki menjelaskan pansela dibangun sekitar lima sampai enam tahun yang lalu, pembangunan masih bertahap dan pada tahun 2024 akan dilanjutkan hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

“Pembangunan dikit-dikit bertahap, saat ini baru sampai Pacitan, dua tahun lagi 2024 sampai Banyuwangi,” terangnya kepada wartawan saat meninjau lokasi jalur pansela, Pracimantoro, Wonogiri.

Baca Juga: Ditanya Ida Soal Pansela, Yasin Bahas Karimunjawa

Setelah mengunjungi Pracimantoro dilanjutkan menuju lokasi titik kedua yakni lokasi tanah longsor di Pingit, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung karena badan jalan nasional sisi kanan dari Yogyakarta longsor.

Rombongan Menteri PUPR beserta jajarannya melanjutkan perjalanan hingga Pekalongan, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya