SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, saat berada di Kebumen, beberapa waktu lalu. (Twitter/@ganjar_pranowo).

Solopos.com, JAKARTA — PDIP akan mengumumkan siapa cawapres Ganjar Pranowo setelah Prabowo Subianto menetapkan pasangannya menuju Pilpres 2024.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengakui partainya memilih untuk bersabar melihat kontestan lain setelah bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapresnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Memang sebaiknya begitu [tunggu Prabowo umumkan cawapres]. Jadi tenang saja,” jelas Djarot seusai acara Petani Milenial: Inovasi dan Kreasi Menuju Pertanian Modern Berkelanjutan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (21/9/2023).

Dia menjelaskan, PDIP masih melihat dinamika politik yang berjalan.

Malahan, satu bulan ke depan jelang masa pendaftaran capres-cawapres, Djarot merasa belum tentu tiga kandidat kuat capres yang ada sekarang maju semua.

“Anda yakin bahwa tiga poros ini semuanya bisa jalan daftar di KPU? Tanggal 19-25 Oktober ya kan [masa pendaftaran capres-cawapres ke KPU], masih ada dinamika-dinamika lho ini, ya kan?” tanyanya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, PDIP memilih menunggu dinamika koalisi pendukung bakal capres lainnya.

Dia mengklaim partai politik pendukung Ganjar yaitu PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura yang paling solid di antara koalisi lain.

“Maka sebaiknya ya kita tunggu saja dan PDIP tetep konsisten lebih baik kita melakukan gerakan-gerakan yang real politik, apa itu? Ya seperti acara hari ini, menjawab tantangan-tantangan Indonesia ke depan untuk membangun pertanian kita lebih modern, maju, dan mandiri,” ungkap Djarot.

Sekadar catatan, saat ada tiga kandidat kuat bakal calon presiden yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies Baswedan.

Anies sudah menggandeng Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi cawapresnya.

Sementara itu, Ganjar dan Prabowo belum kunjung mempunyai pendamping meski kurang dari sebulan lagi pendaftaran capres-cawapres dibuka oleh KPU.

Meski demikian, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan pihaknya yang dukung pencapresan Ganjar akan menunggu langkah politik kubu Prabowo.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “PDIP Tunggu Prabowo Umumkan Cawapres”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya