PD Muhammadiyah Grobogan Sarankan Daging Kurban Diantar ke Penerima

Hindari kerumunan selama pandemi, PD Muhammadiyah Kabupaten Grobogan menyarankan hewan kurban diantarkan panitia ke rumah para penerima.

 Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Grobogan, Jati Purnomo (kiri). (Solopos.com-PD Muhammadiyah Grobogan)

SOLOPOS.COM - Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Grobogan, Jati Purnomo (kiri). (Solopos.com-PD Muhammadiyah Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Hindari kerumunan selama pandemi Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Grobogan sarankan hewan kurban diantarkan panitia ke rumah para penerima.

Melalui video berdurasi sekitar dua menit, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, Jati Purnomo menyampaikan anjuran tersebut. Selain itu juga ada anjuran kepada warga Muhammadiyah yang hendak salat Iduladha.

Selain itu Jati Purnomo menyarankan agar penyembelihan hewan kurban diserahkan kepada pihak ketiga. Salah satunya Lazismu, sebagai bidang ketahanan pangan dan kebencanaan dari Muhammadiyah.

Baca juga: Salut! Pengusaha Restoran di Pekalongan Ini Suplai Makanan untuk Warga Isoman

Kendati demikian, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan tetap memperbolehkan masjid dan musala menyelenggarakan penyembelihan kurban. Hanya saja, ia berpesan agar jumlah panitia dibatasi dan pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Hindari kerumunan, untuk itu sebaiknya daging kurban diantarkan langsung ke rumah-rumah penerimanya. Ini sebagai ihtiar, insyaAllah, Allah akan mengangkat pandemi Covid-19. Semoga pula segala ihtiar kita menjadi amal ibadah,” imbuhnya.

Baca juga: Berjemur Dekat Rel, 2 Lansia di Gabus Meninggal Terserempet KA Barang

Sedangkan imbauan PD Muhammadiyah Grobogan agar warga salat Iduladha di rumah menurut Jati Purnomo mengacu pada Surat Edaran (SE) dari PP Muhammadiyah. Surat edaran Nomor 05/EDR/I.0/E/2021 tentang Imbauan Perhatian, Kewaspadaan, dan Penanganan Covid-19, Serta Persiapan Menghadapi Iduladha 1442 H/2021 M

Lebih lanjut dalam video tersebut, Ketua PD Muhammadiyah Grobogan, juga mengajak masyarakat tetap menyerukan takbir dan tahmid pada Hari Raya Iduladha. Bahkan hingga hari tasyrik di masjid atau musala secara terbatas.

“Sedangkan untuk salat Iduladha, untuk menjauhi hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan di rumah saja bersama keluarga. Dengan imam dan khatib dipimpin oleh kepala rumah tangga atau anggota keluarga yang ada,” kata Jati Purnomo dalam video singkat itu, Senin (19/7/2021).

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Periksa Panitia Diklat Menwa UNS Solo, Polisi Belum Tetapkan Tersangka

Polisi belum menetapkan tersangka dalam kasus kematian mahasiswa UNS Solo, Gilang Endi Saputra, saat mengikuti Diklat Menwa.

Air Curug Mini Bengkelung Park Diklaim Obat Segala Penyakit

Air sungai yang ada di Bengkelung Park Doro ini konon baik untuk kesehatan karena dapat menyembuhkan penyakit.

Batang Jadi Produsen Minyak Atsiri Unggulan di Jateng

Kabupaten Batang ternyata merupakan produsen minyak atsiri unggulan di Jawa Tengah.

Misteri Jembatan Tanggulangin Kudus, Bikin Ciut Nyali Pejabat

Kisah misteri kali ini dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) terkait mitos di Jembatan Tanggulangin yang akan membuat pejabat yang melintas apes.

UMR Jateng 2022 Diprediksi Naik, Jadi Berapa?

UMR Jateng 2022 diprediksi naik sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam sistem penentuan upah.

Pemasangan Grider Jembatan Tol Batang-Semarang Disetop saat Akhir Pekan

Pemasangan jembatan grider yang menjadi penghubung Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang di ruas Tol Batang-Semarang akan dihentikan pada akhir pekan.

1 Rumah Di Godong Grobogan Roboh Diterjang Angin Kencang

Diterjang angin kencang saat hujan deras, rumah milik Ali Mursidi, 37, Desa Karanggeneng, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, roboh.

Keterlaluan! Baru Lahir, Bayi di Semarang Dibuang di Saluran Air

Warga Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang digegerkan dengan penemuan jasad bayi perempuan di saluran air.

Aqua Dwipayana: AKHLAK Bukan Hanya Ucapan Tapi Harus Diimplementasikan

AKHLAK adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri.

Balmon SFR Semarang Musnahkan Ratusan Perangkat Telekomunikasi Ilegal

Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio atau Balmon SFR Kelas I Semarang melakukan pemusnahan 270 unit alat atau perangkat telekomunikasi ilegal.

Nasi Brongkos, Makanan Spesial Raja Jawa

Nasi brongkos merupakan salah satu kuliner spesial raja-raja Jawa zaman dulu yang populer di Demak, Jawa Tengah.

Motif & Pengakuan Pria Bunuh Calon Istri di Hutan Angker Grobogan

Pria yang tega membunuh calon istrinya dan membuang mayat korban di hutan angker Grobogan mengaku sakit hati karena dibandingkan dengan pria lain.

Astaga! Desa Kumuh di Pemalang Terbanyak Se-Jateng

Kabupaten Pemalang kembali disorot dalam perbincangan di media sosial akhir-akhir ini lantaran berada di urutan tetatas daerah yang memiliki kawasan pemukiman kumuh terbanyak di Jawa Tengah.

Ini Kronologi Lengkap Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Berikut kronologi lengkap pembunuhan perempuan yang dilakukan Agus Supriyanto hingga mayat janda berinisial DS, warga Pemalang dibuang di hutan Grobogan.

Duh, Penangguhan Penahanan Ditolak, Mbah Minto Demak Tetap Dibui

Permintaan penangguhan penahanan terhadap kakek penjaga kolam ikan di Demak yang gagalkan aksi pencuri, Kasminto alias Mbah Minto, ditolak hakim Pengadilan Negeri (PN) Demak.

Ini Cara Pelaku Lakukan Pembunuhan Perempuan Di Hutan Grobogan

Agus Supriyanto, 37, menghabisi perempuan berinisial DS yang dibuang di hutan Grobogan di dalam mobil saat perjalanan ke Pemalang.