Pasar Gondang Sragen Sepi, Pedagang Pilih Jualan di Pasar Pagi

Sepinya Pasar Gondang, Sragen, membuat sebagian pedagang memilih berjualan di pasar pagi yang mulai beroperasi dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

 Para pedagang mulai mengemas dagangan lantaran batas waktu perdagangan di Pasar Pagi Gondang, Sragen, segera berakhir pada pukul 06.30 WIB, Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para pedagang mulai mengemas dagangan lantaran batas waktu perdagangan di Pasar Pagi Gondang, Sragen, segera berakhir pada pukul 06.30 WIB, Jumat (30/9/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Sepinya Pasar Gondang, Sragen, membuat sebagian pedagangnya memilih berjualan di pasar pagi yang berada tepat di sebelah baratnya. Di pasar pagi terdapat sekitar 200 pedagang yang berjualan mulai dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Pembeli di pasar pagi ini kebanyakan para bakul sayur keliling dari berbagai daerah di sekitar Gondang hingga perbatasan Kabupaten Ngawi, Jatim.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Salah seorang pedagang di pasar pagi, Budi Daya, 38, mengaku sebenarnya memiliki los di Pasar Gondang. Namun ia juga ikut berjualan bandeng presto di pasar pagi. Setelah pukul 06.00 WIB ia pindah ke Pasar Gondang, yang hanya dibatasi jalan beraspal selebar 6 meter itu.

“Sepinya pedagang itu sebenarnya efek dari pasar global. Tak hanya di Gondang, tetapi hampir di semua pasar tradisional sepi. Apalagi dengan adanya dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) juga berpengaruh. Semua pedagang itu butuh makan. Kami juga membutuhkan nafkah untuk keluarga. Jadi mestinya sepinya pasar itu disikapi dengan bijak,” jelas Budi saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (30/9/2022) pagi.

Budi mengatakan 200 pedagang di Pasar Pagi ini sudah berkomitmen berhenti berjualan begitu jam menunjukkan pukul 06.00 WIB. Ini untuk memberi kesempatan kepada pedagang Pasar Gondang berjualan. Dia mengatakan komitmen ini sudah berjalan bertahun-tahun.

Baca Juga: Pasar Hewan Karanganyar Masih Ditutup Hingga Waktu yang Belum Ditentukan

“Saya sendiri sebenarnya punya los di Pasar Gondang. Kalau pagi, mulai pukul 04.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB buka dhasaran di pasar pagi. Kemudian setelah itu pindah ke Pasar Gondang di sebelah timur pasar pagi. Pelanggan kami para pedagang keliling kampung yang kulakannya memang harus dinihari supaya paginya bisa berkeliling,” ujar Budi.

Selama dua jam membuka dhasaran bandeng presto di pasar pagi, Budi bisa memperoleh pendapatan Rp300.000-Rp400.000. Kemudian ia melanjutkan berjualan di Pasar Gondang sejak pukul 06.00 WIB-11.00 WIB. Di sana ia bisa mendapatkan Rp500.000.

“Pasar pagi itu ramainya karena bakul keliling itu. Kalau di Pasar Gondang itu pelanggannya warga rumahan untuk belanja sehari-hari,” jelasnya.

Mbah Warti, 68, warga Plosorejo, Gondang, juga ikut berjualan nasi gogik atau nasi tiwul di pasar pagi. Dia mengaku sudah 10 tahun berjualan di pasar pagi dan pelanggannya memang para bakul keliling. Mereka kulakan nasi gogik darinya.

Baca Juga: Inspiratif, 100 Ibu-ibu di Sragen Ini Punya WhatsApp Grup untuk Jualan Online

“Pedagang keliling itu ada yang dari Mantingan, Tambakboyo, Jawa Timur hingga ada yang dari Jenawi, Karanganyar. Tapi paling banyak ya warga seputaran Gondang,” jelasnya yang diamini pedagang bawang goreng, Rus.

Kios Pasar Dikontrakkan

Para pedagang pasar pagi ini punya wadah bernama Paguyuban Maju Bersama. Ketua Paguyuban Pedagang Maju Bersama Pasar Pagi Gondang, Wagito, 51, mengaku juga memiliki kios di Pasar Gondang. Tetapi kios itu ia dikontrakkan.

Gito, sapaannya, memilih jualan oprokan di pasar pagi untuk menjajakan roti. Dulu, Gito berjualan mulai azan Subuh sampai pagi. Sekarang dengan banyaknya pedagang yang berjualan, Gito mulai buka dhasaran di pasar pagi Gondang mulai pukul 23.30 WIB.

“Iya, pukul 24.00 WIB sudah banyak pedagang di Pasar Pagi sampai pagi pukul 05.30 WIB berkemas dan pukul 06.00 WIB bersih. Kami mengikuti ritme pasar karena pelanggan pedagang keliling itu menghendaki kulakan lebih dini. Karena barangnya dijual lagi maka pedagang menjual dengan harga grosir,” jelasnya.

Baca Juga: Sepi Penumpang, 11 Trayek Angkutan Umum di Sragen Ini Nihil Armada

Dia mengatakan para pedagang Pasar Pagi itu berani bersusah payah bangun malam dan mencari dagangan dengan harga miring. Dia mengatakan para pedagang sayuran itu mencari sayuran langsung ke petani sampai Karangpandan dan Jogorogo, Jawa Timur.

Para pedagang buah, sebut dia, juga mencari buah sampai luar kota agar mendapatkan harga yang miring. “Pasar Pagi ini juga dikelola sama-sama dikelola dinas karena menempati tanah pemerintah,” jelasnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).