Tutup Iklan
Pasang Home Theater? Perhatikan Dulu Hal-Hal Seperti Ini
home theater (freepik)

Solopos.com, SOLO – Jika Anda memiliki budget lebih untuk kebutuhan rumah, merenovasi ruangan menjadi home theater bisa menjadi pilihan. Home theater bisa menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton film atau bahkan karaoke bersama.

Hal ini dapat meningkatkan ikatan satu sama lain. Apalagi dengan tersedianya berbagai layanan penyedia streaming, seperti Netflix, iFlix, dan Hooq yang belakangan ini sedang diminati banyak kalangan membuat film menjadi lebih mudah untuk diakses.

Tapi sebelumnya, untuk membuat ruang home theater yang baik ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat home theater:

Ngeri! 4 Kecamatan Di Wonogiri Ini Jadi Sasaran Teror Hewan Misterius

1. Ruangan yang cukup

Home theater memerlukan ruangan tersendiri dan memerlukan ukuran yang cukup luas. Ruang tersebut akan diisi dengan beberapa barang yang cukup memakan tempat seperti TV, sofa, sound system.

Jangan lupa untuk memberikan jarak yang cukup jauh dari sofa ke layar karena terlalu dekat dengan layar tidak baik untuk kesehatan mata. Selain itu, area sirkulasi juga diperlukan untuk orang berlalu-lalang, jangan sampai satu ruangan terisi penuh dan menjadi sesak karena perabotan.

Agar desain ruang home theater optimal, hindari ruangan yang berukuran persegi sama sisi. Ruangan demikian dapat memicu distorsi suara yang berlebih. Lebih baik, sediakan ruangan yang berbentuk persegi panjang.

Alamaak! Harga Emas Antam Tembus Rp1 Juta Per Gram

2. Hindari ruangan dengan jendela

Khusus home theater, hindari ruangan dengan jendela karena cahaya dapat mengganggu pencahayaan dari layar. Tidak hanya itu, keberadaan jendela dapat memicu distorsi suara yang tidak diinginkan dari luar.

3. Kedap suara

Pilihlah material akustik seperti karpet, parket, papan gypsum dan playwood di area home theater. Gunakan material tersebut pada bagian dinding belakang dan samping. Hal ini dapat membantu agar suara dari ruangan Anda tidak bocor ke dalam ruangan atau ke luar ruangan.

4. Atur pencahayaan

Selain suara, pencahayaan merupakan aspek yang cukup penting jika Anda ingin membuat home theater. Untuk menerangi ruangan, gunakan lampu yang flat seperti lampu downlight. Jika perlu, tambahkan dimmer pada lampu untuk mengatur intensitas cahaya agar sesuai dengan kenyamanan mata. Hindari penggunaan lampu gantung atau lampu berukuran besar.

5. Audio visual

Sangat banyak TV yang beredar di pasaran dengan berbagai keunggulan yang dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Pastikan TV yang dipilih dimensi layarnya sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan. Jangan sampai memilih TV yang ukuran layarnya terlalu kecil ataupun sebaliknya. Anda juga dapat menggunakan proyektor sebagai pengganti TV untuk kesan bioskop yang lebih terasa. Begitu juga dengan sound system. Pilihlah perlengkapan peralatan suara yang sesuai dengan kapasitas ruangan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho