Pahlawan Kemenangan Tim Thomas Ternyata Asli Gatak Sukoharjo

Shesar Hiren Rhustavito, pahlawan kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 di Denmark ternyata berasal dari Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

 Shesar Hiren Rhustavito (Badmintonindonesia.org)

SOLOPOS.COM - Shesar Hiren Rhustavito (Badmintonindonesia.org)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pebulutangkis tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito, menjadi pahlawan kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020 di Denmark.

Vito, sapaan akrabnya, merupakan warga Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Kamis (14/10/2021), talenta bulutangkis Vito muncul sejak kecil.

Vito lantas diantar orangtuanya untuk masuk ke klub bulutangkis di Kota Solo. Vito kecil menimba ilmu dan teknik bermain bulutangkis di klub selama beberapa tahun.

Vito juga kerap mengikuti beragam kejuaraan bulutangkis di wilayah Soloraya.

Baca Juga: Pebulu Tangkis Sukoharjo Bawa Indonesia Kalahkan Taiwan di Piala Thomas

“Vito kecil satu angkatan dengan anak saya saat berlatih bulutangkis. Mereka sering bertemu di turnamen atau kejuaraan bulutangkis kategori usia dini,” kata seorang tokoh bulutangkis Sukoharjo, Rudi Setyohadi, saat dihuhubungi Solopos.com, Kamis.

Kali terakhir anak Rudi bertemu Vito saat Kejurkab Bulutangkis Sukoharjo di GOR Cuplik pada 2010. “Saya masih ingat betul. Saat itu, anak saya melawan Vito di final tunggal putra. Pemenangnya anak saya, Vito kalah,” ujar Rudi.

Beberapa tahun kemudian, Vito kecil kemudian mengikuti seleksi di PB Djarum di Kudus. Dia lolos seleksi dan mengikuti pelatihan di PB Djarum selama beberapa tahun. Vito mampu mengembangkan bakat bulutangkis dengan menyabet prestasi di beragam turnamen.

Baca Juga: Jojo Menang, Indonesia Unggul 2-1 Atas Taiwan di Piala Thomas

Vito lantas masuk pelatihan nasional (pelatnas) bulutangkis di Cipayung. “Sebenarnya, Vito lebih senior dibanding atlet bulutangkis lainnya yakni Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Vito lebih dahulu masuk pelatnas dibanding kedua pebulutangkis tersebut,” ujar dia.

Semasa kecil, pebulutangkis peringkat 19 dunia itu selalu diantar bapaknya saat mengikuti latihan di klub bulutangkis.

Setelah masuk pelatnas, Vito jarang pulang ke kampung halaman lantaran padatnya program latihan dan turnamen bulutangkis yang diikutinya.

Baca Juga: Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

Dia menyempatkan diri pulang kampung saat mendapat jatah libur latihan di pelatnas. Putra pasangan suami istri (pasutri) Suhirlan-Eny Ratna Partuti itu kerap membelikan barang yang diinginkan kedua orangtuanya saat pulang kampung.

“Saya dengan Pak Hirlan sering bermain bulutangkis hingga sekarang. Vito anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya bernama Aradea Hirenni Codona dan adiknya bernama Defri Hiren Rustadovi,” kata Kepala Desa Blimbing, Suwarjo.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Disambut Selvi Ananda, BKKBN Jateng Apresiasi Kampung KB Solo

BKKBN menilai keberadaan kampung KB termasuk di Kota Solo, strategis untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Lagi, Kawanan Kera Liar Serbu Kampung, Kali Ini di Mojolaban Sukoharjo

Tidak hanya di Kebakkramat, Karanganyar, kawanan kera liar juga menyerbu Dusun Jatiteken, Desa Laban, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Desa Karangmojo Masih Kekeringan, Satlantas Sukoharjo Kirim Air Bersih

Satlantas Polres Sukoharjo membantu masyarakat dengan mengirimkan bantuan air bersih ke wilayah selatan Sukoharjo Sabtu (23/10/2021).

Maulid Nabi Muhammad, Syariah Hotel Solo Gelar Kajian Karyawan

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh tepat pada Selasa (19/10/2021), manajemen Syariah Hotel Solo melaksanakan kegiatan kajian karyawan.

Tanpa Penata Busana Pribadi, Ini Rahasia Cantik Selvi Ananda

Gaya busana Selvi Ananda selalu match dan terlihat anggun meskipun menggunakan aksesoris yang terkesan sederhana.

Waspadai Covid-19 Gelombang ke-3, Reisa Gencarkan 3M dan 3T di Solo

Pemerintah mulai gencar menggalakkan disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3T (tracing, testing, treatment) jelang libur panjang Natal dan tahun baru.

Pemkab Klaten Gandeng Tokoh Agama untuk Serukan Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menyadari besarnya pengaruh tokoh agama kepada masyarakat.

Bersarung, Berpeci, Pakai Koko Putih, Gibran Peringati Hari Santri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara peringatan HSN di Plaza Balai Kota, Jumat (22/10/2021) mengenakan sarung, peci, dan baju koko warna putih.

Sebut Seniman Daerah Pakai Ngisor Pring, Dalang Ini Minta Solusi

Seniman Solo mulai menggelar pentas langsung menyusul pelonggaran PPKM di Kota Solo, tetapi itu tidak berlaku bagi seniman ngisor pring di daerah yang masih level 3.

Cerita Rudy Eks Wali Kota Solo, Ibunya Terjerat Utang Rentenir!

Eks Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, memiliki pengalaman yang tak enak soal rentenir. Dia mengaku ibunya melarat karena terjerat utang kepada rentenir.

Banyak Warga Solo Terjerat Pinjol Ngadu ke Rudy

Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, mengaku ditemui banyak warga Solo di rumahnya beberapa bulan terakhir.

4 Seniman Solo Ini Pernah Raih AMI Awards, 2 Orang Sudah Meninggal

Sejumlah seniman di Kota Solo pernah memenangi AMI Awards selama kurun waktu 18 tahun terakhir, dua seniman di antara sudah meninggal.

2 Penyanyi, 3 Musikus dari Solo Masuk Nominasi AMI Awards 2021

Dua penyanyi dan tiga musikus Solo, yaitu Sruti Respati, Nuca, dan Aditya Ong Trio masuk nominasi AMI Awards 2021 yang diumumkan Senin (18/10/2021).

Konsleting AC, Ruang di Kantor Jasa Sih Wiryadi Terbakar

Kebakaran terjadi salah satu ruang di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Sih Wiryadi dan Rekan di pinggir Jl. Ki Mangun Sarkoro Nomor 55 Tegalmulyo, Nusukan, Banjarsari, Solo.

Di Jogonalan Klaten Ada 5 Kerbau Bule, Jadi Tontonan Gratis Warga

Wiyono, 70, warga Dukuh Dompyongan, Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, memiliki lima kerbau bule di kandang kerbaunya, sejak lebih dari tiga dekade terakhir.