Shesar Melaju, Ruselli Tersingkir di Babak Pertama Swiss Open
ilustrasi

Solopos.com, JAKARTA-- Shesar Hiren Rhustavito melangkah ke babak kedua Swiss Open melalui kemenangan 21-15, 21-10 atas Joo Ven Soong dalam pertemuan perdana mereka di Basel, Rabu (3/3/2021) malam waktu setempat.

Vito, yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor tunggal putra, lolos dari tekanan di gim awal saat Soong berusaha membentuk dominasi di lapangan.

Seperti dilansir Antaranews dari laman BWF, Kamis (4/3/2021), interval pertama gim pembuka diwarnai aksi kejar mengejar angka kedua pebulu tangkis. Namun di interval kedua, unggulan ketujuh Indonesia mencetak keunggulan dan mengamankan gim pertama.

Baca Juga: Manchester United Kontra Crystal Palace Berakhir Tanpa Gol

Pada gim kedua, Soong mengubah strategi permainan namun Vito bisa mengatasi tantangan tersebut dan lagi-lagi menciptakan dominasi sebelum mengakhiri perlawanan Soong dalam waktu 36 menit.

Pada babak 16 besar ajang Super 300 ini, Vito akan bertemu pebulu tangkis asal Kanada Brian Yang, yang juga akan menjadi pertemuan perdana mereka di ajang turnamen BWF.

Wakil Putri Indonesia Tersingkir

Sementara itu, satu-satunya wakil Indonesia dari sektor tunggal putri Ruselli Hartawan gagal melangkah ke babak kedua Yonex Swiss Open 2021 setelah dihadang oleh pemain berkebangsaan Amerika Serikat Iris Wang di St. Jakobshalle, Basel, Swiss, Rabu.

Baca Juga: Tundukkan Wakil Prancis, Leo/Daniel Lewati Babak Pertama Swiss Open

Jika dilihat dari peringkat BWF, sebetulnya kedudukan mereka tidak terpaut jauh. Ruselli kini bertengger di peringkat ke-38, sedangkan Wang menduduki rangking 40. Sayangnya, pada pertemuan ketiga mereka di Swiss Open tahun ini, Ruselli gagal membungkam Wang.

Pada babak pertama turnamen bulu tangkis yang berhadiah total mencapai 140.000 dolar Amerika Serikat tersebut, Ruselli kalah telak dalam dua gim langsung dengan hasil 8-21, 11-21.

Pebulu tangkis berusia 23 tahun itu berhasil mencuri poin dan memimpin di awal gim pertama.  Namun , Wang terus melaju, mengumpulkan poin dengan mudah, sementara Ruselli tertinggal dan akhirnya kalah dengan skor 8-21. Masuk di gim kedua,  Wang terus mencuri angka tanpa ada perlawanan dari Ruselli yang kemudian tertunduk dengan skor penutup 11-21.

Baca Juga: Bos Baru Persis Solo Diumumkan 18 Maret, Apakah Kaesang?

Berdasarkan catatan BWF, kedua pemain tersebut pernah bertemu pada dua turnamen sebelumnya, yakni Indonesia Open 2015 dan Dutch Open 2015. Di pertemuan pertama, Ruselli unggul atas Wang.

Performa Ruselli belum menunjukkan peningkatan semenjak dua turnamen terakhir yang baru digelar Januari 2021, yakni Yonex Thailand Open dan Toyota Thailand Open.

Pada ajang Yonex Thailand Open, Ruselli langsung tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan oleh wakil tuan rumah Supanida Katethong dengan skor 14-21, 16-21. Kemudian, ia harus angkat koper dan pulang lebih awal karena takluk di tangan pemain Singapura Yeo Jia Min pada laga pembuka Toyota Thailand Open dengan perolehan 20-22, 18-21.

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom