SOLOPOS.COM - Ruas jalan Adi Sucipto hingga Simpang Empat Kartasura penuh bus penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah. Kemacetan lalu lintas terjadi hingga ke jalur-jalur tikus di seputar de Tjolomadu hingga Edutorium UMS, Sabtu (19/11/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Ruas jalan Adi Sucipto hingga Simpang Empat Kartasura penuh bus penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah 2022.

Kemacetan lalu lintas terjadi hingga ke jalur-jalur tikus di seputar de Tjolomadoe hingga Edutorium UMS, Sabtu (19/11/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan pantauan Solopos.com sejak Pembukaan Muktamar di Manahan Solo hingga sore di sepanjang jalur tersebut kendaraan pengangkut penggembira itu memenuhi 3/4 ruas jalan menuju ke arah Kartasura.

Sementara di sisi lain sejak Simpang Empat Manahan ke arah Simpang Tiga Kerten juga padat kendaraan yang terurai di depan Solo Square. Di ruas jalan itu pada sisi utara dan selatan digunakan bus-bus besar menepi.

Sementara usai ruas jalan tersebut kondisi jalan terpantau lengang hingga simpang empat Kartasura menuju ke arah Colomadu. Sepanjang ruas tersebut kendaraan memenuhi seluruh sisi jalan baik di sisi barat maupun timur.

Baca juga: Sejumlah Lokasi Dijaga Ketat: Boyolali Nihil Macet selama Muktamar Muhammadiyah

Tak kalah macet jalan-jalan tikus di sepanjang jalan Gonilan maupun daerah Singopuran juga menjadi jujukan kendaraan roda dua, empat, hingga bus-bus besar.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Toni Sri Buntoro mengatakan pihaknya menutup total Jalan Pabelan-Gonilan sejak pukul 15.00 WIB-18.00 WIB untuk akses umum. Jalan tetap dibuka kecuali jika ada hal urgent.

“Tadi ditutup untuk umum mulai pukul 15.00 WIb rencana akan ditutup sampai pukul 18.00 WIB,” kata Toni saat dihubungi Solopos.com melalui WhatsApp, Sabtu (19/11/2022).

Sementara pada Jumat (18/11/2022) Polres Sukoharjo telah memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap para sopir bus yang membawa rombongan penggembira tersebut.

Pemeriksaan kesehatan digelar di Terminal Kartasura dan di lokasi parkir Balai Besar Sungai Bengawan Solo.

Baca juga: Sikap Muhammadiyah dalam Pemilu 2024: Tegas Netral, Utamakan Politik Gagasan

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, melalui Kanit Kamsel Satlantas Polres Sukoharjo Ipda Niken, menjelaskan, pemeriksaan kesehatan terhadap sopir bus ini digelar untuk memastikan kondisi kesehatan sopir bus untuk memastikan keadaan sopir dalam kondisi prima dan benar-benar sehat.

“Mengingat para sopir bus ini membawa rombongan masyarakat dari berbagai daerah, sehingga apabila kesehatan sopir bus dalam keadaan baik, diharapkan rombongan masyarakat akan selamat sampai tujuan,” ungkapnya.

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, sopir bus di cek suhu tubuh serta di cek tensi darahnya. Selain itu, sopir bus yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan kemudian diberi vitamin dan makanan ringan serta air mineral.

Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, dalam kesempatan tersebut Polres Sukoharjo juga memberikan imbauan kepada sopir bus agar mengutamakan keselamatan lalu lintas.

“Kami imbau kepada para sopir bus untuk tertib lalu lintas, apabila mengantuk untuk istirahat di rest area ataupun tempat yang telah ditentukan,” ujar Ipda Niken.

Baca juga: Cerita Keseruan Penggembira Muktamar Gowes Semarang-Manahan Seorang Diri

Ipda Niken berharap melalui kegiatan ini, masyarakat yang mengikuti  Muktamar dapat selamat dari awal berangkat sampai kembalinya ke rumah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya