Olimpiade Tokyo Kurang 2 Pekan, Status Jepang Darurat Covid -19

Jepang menempatkan Tokyo di bawah keadaan darurat Covid-19 hingga Olimpiade Tokyo tiba karena Covid-19 dikhawatirkan berlipat ganda.

 Lambang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (Antara/Reuters)

SOLOPOS.COM - Lambang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. (Antara/Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Jepang menempatkan Tokyo di bawah keadaan darurat Covid-19 hingga perhelatan Olimpiade tiba. Penerapan ststus darurat itu karena timbul kekhawatiran penyebaran virus corona yang sedang berlangsung kian berlipat ganda selama Olimpiade Tokyo.

Dilansir Apnews, Kamis (8/7/2021), pejabat pemerintah Jepang mengusulkan untuk mengeluarkan keadaan darurat di Tokyo mulai Senin depan hingga 22 Agustus. Olimpiade Tokyo sendiri sudah tertunda satu tahun karena pandemi dan tahun ini akan dimulai pada 23 Juli hingga 8 Agustus.

Olimpiade Tokyo dinyatakan akan berlangsung tanpa penonton asing. Namun, mengingat akan diberlakukan keadaan darurat Covid-19, kemungkinan Olimpiade Tokyo itu juga tidak mengizinkan penonton lokal.

Baca Juga: Waspada Anosmia Covid-19, Ini 7 Bahan Alami Mengatasinya…

Tokyo saat ini berada di bawah langkah-langkah yang tidak terlalu ketat dengan berfokus pada mempersingkat jam buka bar dan restoran. Tetapi itu terbukti kurang efektif dalam memperlambat penyebaran virus Covid-19.

Perdana Menteri Yoshihide Suga secara resmi mengumumkan rencana darurat Kamis malam, beberapa jam setelah Presiden IOC Thomas Bach mendarat di Tokyo. Bach harus mengasingkan diri selama tiga hari di hotel bintang lima IOC di ibu kota Jepang sebelum menuju ke Hiroshima, di mana hujan lebat mengancam banjir.

Keadaan darurat yang akan datang akan menjadi yang keempat bagi Tokyo sejak pandemi dimulai. Fokus utama dari keadaan darurat adalah permintaan untuk menutup bar, restoran, dan tempat karaoke yang menyajikan alkohol.

Baca Juga: Waspada, Varian Baru Covid-19 Ancam Anak-Anak & Remaja!

Larangan menyajikan alkohol adalah langkah kunci untuk mengurangi perayaan terkait Olimpiade dan mencegah orang minum dan berpesta. Penduduk Tokyo diperkirakan akan menghadapi permintaan tinggal di rumah dan menonton Olimpiade di TV dari rumah. “Bagaimana cara menghentikan orang-orang yang menikmati Olimpiade untuk pergi minum-minum adalah masalah utama,” kata Menteri Kesehatan Norihisa Tamura.

Tokyo melaporkan 920 kasus baru pada Rabu, naik dari 714 minggu lalu dan tertinggi sejak 1.010 pada 13 Mei. Angka tersebut sejalan dengan perkiraan para ahli sebelumnya bahwa kasus harian di Tokyo bisa mencapai 1.000 sebelum Olimpiade dan bisa melonjak menjadi ribuan pada Agustus.

Sebagian Besar Tokyo

Kazuhiro Tateta, pakar penyakit menular Universitas Toho mencatat keadaan darurat sebelumnya di musim semi datang terlambat untuk mencegah rumah sakit di Osaka dipenuhi pasien.

Ryuji Wakita, direktur jenderal National Institute of Infectious Diseases, mencatat bahwa dua pertiga kasus di Jepang berasal dari wilayah Tokyo dan kekhawatiran itu adalah penyebaran infeksi ke daerah tetangga. Para ahli juga mencatat kasus di antara orang yang lebih muda dan tidak divaksinasi meningkat karena dorongan inokulasi Jepang.

Baca Juga: Ini Pertolongan Pertama Atasi Sesak Napas Pasien Covid-19

Hanya 15% orang Jepang yang telah divaksinasi lengkap, itu lebih rendah dibandingkan dengan 47,4% di Amerika Serikat dan hampir 50% di Inggris. Secara nasional, Jepang memiliki sekitar 810.000 infeksi dan hampir 14.900 kematian.

Penasihat medis pemerintah, Shigeru Omi, mengatakan infeksi Covid-19 di Jepanga sedang dalam fase ekspansi. Ia meminta semua orang di negara itua harus benar-benar memahami keseriusannya.

Dia juga mendesak pihak berwenang untuk segera mengambil tindakan keras menjelang Olimpiade dengan liburan musim panas yang semakin dekat. “Periode Juli hingga September adalah waktu paling kritis untuk tindakan Covid-19 Jepang,” kata Omi.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terkait

Espos Premium

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Mau Donor Darah Saat Pandemi? Aman Kok!

Sebelum pandemi stok darah yang dimiliki PMI cukup untuk kebutuhan empat hari, pada masa pandemi berkurang menjadi hanya dua hari. Selain khawatir tertular Covid-19, masyarakat pun sulit mengakses fasilitas donor darah akibat pembatasan mobilitas.

Berita Terkini

Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

Rionny Mainaky mengaku percaya dengan kemampuan para young guns untuk unjuk gigi di Piala Thomas dan Piala Uber.

Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

Pemain maupun pelaksana pertandingan Liga 2 harus diseleksi lewat aplikasi PeduliLindungi.

Luhut Restui Liga 2 Bergulir 26 September

Liga 2 digelar di kabupaten atau kota dengan status PPKM Level 2 dan 3.

Liga 2 Kian Dekat, Tunggakan Gaji Pemain Persis Solo Musim Lalu Belum Beres

Manajemen Persis Solo musim lalu menunggak gaji 18 pemain sekitar enam bulan.

PSG Berang, Gaji Lionel Messi Rp501 Miliar Terbongkar

L'Equipe melaporkan Lionel Messi akan mendapatkan 30 juta euro atau setara Rp501 miliar dalam dua musim pertamanya bersama PSG.

Ronald Koeman Yakin Barcelona Kalahkan Granada

Ronald Koeman mengatakan kemenangan harus dilakukan demi mengembalikkan tren positif Barcelona.

Absen Bela Persija Jakarta, Ternyata Kapten Andritany Ardhiyasa Terserang DBD

Dokter Persija, Donny Kurniawan, menyatakan Andritany Ardhiyasa awalnya menderita gangguan pencernaan dan deman sejak Sabtu (18/9).

Seri MotoGP Mandalika Indonesia bakal Digelar di Awal Musim, Catat Tanggalnya!

Speedweek telah merilis bocoran kalender MotoGP 2022. Seri MotoGP Mandalika Indonesia akan digelar di awal musim.

MU Menang Tipis Atas West Ham, Solskjaer Berang dengan Keputusan Wasit

Ole Gunnar Solskjaer berang  dan meneybut MU pantas mendapat dua tendangan penalti saat menang 2-1 atas West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris.

PSG Menang Dramatis atas Lyon, Messi Belum Bertaji

Gol Mauro Icardi mengantarkan Paris Saint-Germain memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Olympique Lyon.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Bekal Mantap Persis Solo Jelang Liga 2, Menang 9 Kali di Laga Uji Coba

Persis Solo memiliki bekal mantap jelang bergulirnya kompetisi Liga 2. Laskar Sambernyawa tercatat menang sembilan kali di laga uji coba dari 12 pertandingan yang dijalani.

Demi Solo, Pringgo Regowo Abaikan Tawaran 4 Klub

Pringgo siap memberikan performa maksimal di musim keduanya bersama West Bandits.

Kekuatan Lawan Persis Dikantongi, Tinggal Pembuktian di Lapangan

Hampir tidak ada rekaman pertandingan utuh Miftahul Hamdi dkk. yang bisa diintip lewat YouTube atau sejenisnya.

Liga 2 Segera Bergulir, Persis Solo Fokus Pemantapan Taktik

Persis Solo berencana memanfaatkan sepekan terakhir sebelum bergulirnya Liga 2 musim ini untuk pemantapan taktikal.