Tutup Iklan

ODGJ Mengamuk, Kamar Singgah Dinsos Karanganyar Dirusak

Sebelum dibawa ke RSJD Solo, ODGJ itu mengamuk hingga merusak pintu kamar mandi di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar.

 (istimewa)

SOLOPOS.COM - (istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang warga Desa Blorong, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, P, yang berstatus orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mengamuk di Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar, Selasa (26/10/2021).

Rencananya, P akan dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo untuk menjalani perawatan. Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinsos Karanganyar, Sulistyowati mengatakan, peristiwa itu terjadi Senin (24/10/2010) malam setelah P dibawa polisi dari kediamannya.

“Yang bersangkutan [P] itu sebelumnya mengamuk di rumahnya, kemudian dibawa polisi Polsek Jumantono ke sini [Dinsos],” ujarnya Rabu. Sulistyowati menambahkan, di Kantor Dinsos memang disediakan sebuah ruangan singgah untuk menampung ODGJ sebelum mereka dikirim ke RSJD.

Baca Juga: Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Namun sesampai di Dinsos, yang bersangkutan mengamuk. Bahkan P merusak pintu kamar mandi di dalam ruang singgah. Keesokan harinya atau Selasa saat P akan dibawa ke RSJD, P masih mengamuk. Dinsos lalu meminta bantuan personel Satpol PP dan aparat Polres untuk membantu pemindahan.

“Paginya susah sekali waku mau membawa yang bersangkutan ke RSJD, tepatnya pas akan mengeluarkan dia dari ruangan menuju mobil. Lalu kami minta bantuan Satpol PP, datang 10 orang tapi blm bisa karena badan orang ini juga cukup besar. Lalu kami minta bantuan polisi baru bisa dipersuasi dan akhirnya bisa naik mobil untuk dibawa ke RSJD” imbuh Sulis.

Sementara itu, Sulis juga mangatakan bahwa P pernah dirawat di RSJD dan saat ini kambuh karena putus obat. “Orang ini pernah menjalani perawatan di RSJD kemudian sudah dibawa pulang lagi dengan terapi obat. Kondisinya juga sudah tenang. Tapi kemudian putus obat, mungkin karena biaya, sehingga dia kambuh lagi,” kata Sulis.

Baca Juga: Hati-Hati, ODGJ yang Lukai Warga Sragen dengan Sabit Masih Berkeliaran


Berita Terkait

Berita Terkini

Gibran Jamin Keamanan Mahasiswa Papua Belajar di Solo

Selain menjamin Kota Solo aman ditinggali mahasiswa asal Papua, Gibran Rakabuming Raka juga menyebut Kota Bengawan layak dijadikan tujuan belajar mengingat biaya hidup yang murah dan lokasinya yang strategis.

Pilih Aneka Ayam Panggang Hanya di I Am In Love

Menu I Am In Love ini dikemas dalam aneka menu nasi boks yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Tolak Hadiah Sepeda Bupati Sragen, Siswa SD Justru Minta Bus Remote

Seorang siswa SD menolak hadiah sepeda yang ditawarkan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan memilih hadiah bus remote dengan spesifikasi khusus.

Catat! Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sragen Hari ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Round Up: Guru SMP di Wonogiri Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Seorang guru dari salah satu SMP negeri di Wonogiri meninggal dunia terpapar Covid-19, Sabtu (27/11/2021).

Ada Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Sukoharjo Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sukoharjo hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung tiga jam.

Densu hingga Endah Laras Terpantau Syuting Film di Pasar Gede Solo

Denny Sumargo (Densu) dan Endah Laras terpantau mengikuti proses syuting salah satu film di Pasar Gede Solo pada, Minggu (28/11/2021) malam.

Jadwal Pemadaman & Pemeliharaan Listrik di Klaten Hari Ini (30/11/2021)

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Klaten hari Selasa, 30 November 2021 yang berlangsung lima jam.

Buka Lagi, Kolam Keceh Bulusulur Wonogiri Dilengkapi Terapi Ikan

Kolam Keceh dilengkapi beberapa fasilitas baru seperti terapi ikan, kuliner malam, dan permainan anak.

Sekolah di Solo Diminta Kreatif Rancang Pembelajaran Campuran

Sejumlah sekolah telah berinovasi dengan penggunaan beragam aplikasi, meski ada pula yang masih beradaptasi dengan teknologi informasi.

Pemilihan Putra Putri Batik Solo Akhir Pekan Ini Panaskan SBF 2021

Ajang pemilihan Putra Putri Batik 2021, akhir pekan ini, akan memanaskan agenda Solo Batik Fashion (SBF) 2021 yang akan dibuka pada Senin (6/12/2021).

Tim Gabungan Solo Perketat Pemantauan Tempat Wisata saat PPKM Nataru

Pengetatan pemantauan tempat wistaa agar ke depan tidak muncul lonjakan kasus corona maupun klaster baru persebaran Covid-19.

Disdik Solo Matangkan Rencana PTM di Ruang Terbuka

PTM di ruang terbuka dinilai dapat mengurangi potensi penularan Covid-19 di lingkungan.

Boyolali Bangun Wisata Religi, Ada Replika Ka'bah hingga Padang Arafah

Keberadaan replika ka’bah dan miniatur objek-objek kawasan Timur Tengah akan menambahi koleksi miniatur lain seperti Patung Liberty, Menara Pizza, dan Menara Eiffel.

Keren, Desain Jembatan Unik Karya Mahasiswa UNS Solo Diwujudkan di Pati

Desain jembatan unik bikinan mahasiswa Fakultas Teknik UNS Solo dipakai untuk membangun jembatan di wilayah Kabupaten Pati.

Wonogiri Minta Perantau Tidak Mudik saat Libur Nataru

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menjelaskan sudah mengimbau para perantau melalui pengurus paguyuban perantau supaya tetap berada di wilayah masing-masing selama Nataru.