Pencairan BST Rp300.000 Dari Kemensos Diperpanjang, Dinsos Karanganyar Perbaiki Data Penerima

Dinsos Karanganyar tengah memutakhirkan data warga untuk pencairan bantuan sosial tunai atau BST senilai Rp300.000 per bulan dari Kemensos.

 Ilustrasi Bantuan Sosial (Solopos/Whisnupaksa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bantuan Sosial (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karanganyar memastikan pencairan bantuan sosial tunai atau BST Rp300.000 per bulan dari Kemensos diperpanjang hingga Juni 2021.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pembinaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Karanganyar, Gunarto, saat wawancara dengan Solopos.com, Rabu (7/7/2021).

Gunarto menceritakan tim operator Dinsos Karanganyar sedang memproses pemutakhiran data untuk menyukseskan program tersebut.

Baca Juga: ASN Karanganyar Ketahuan Makan di Tempat Saat PPKM Darurat, Ini Sanksinya

“Kalau dari Kemensos ada wacana [BST diperpanjang]. Kami sudah diinformasikan soal itu. Wacana BST diperpanjang sampai Juni. Ini teman-teman operator sedang memperbaiki data,” kata Gunarto mengenai pencairan BST Kemensos untuk warga Karanganyar.

Meski begitu, hingga awal Juli ini, Dinsos Karanganyar masih memproses pemutakhiran data penerima BST untuk Mei dan Juni. Gunarto menyampaikan pemutakhiran data ditarget kelar paling lambat 30 Juli 2021.

“Perbaikan data ini kami diberi waktu sampai akhir Juli. Makanya kami berasumsi penyerahan [BST] setelah 30 Juli,” ujarnya.

Baca Juga: Langgar Aturan Makan di Tempat, 25 Penjual dan Pembeli Dikukut Satpol PP Karanganyar

Sinkronisasi NIK

Pemerintah menyalurkan BST mulai Januari hingga April pada tahun ini. Proses pencairan BST dari Kemensos bagi warga Karanganyar dilakukan bertahap, kecuali untuk April dan Mei dicairkan secara rapel.

Ia menceritakan proses pemutakhiran data fokus memadankan nomor induk kependudukan (NIK) milik masyarakat. Gunarto menyebut ada seribuan data yang harus dimutakhirkan.

“Kebanyakan NIK yang belum padan maka harus dipadankan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil [Disdukcapil]. Ternyata banyak ditemukan di DTKS itu banyak NIK yang belum padan. Begitu dicocokkan ke website Disdukcapil muncul nama orang lain, alamat lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Permohonan Bansos Sembako Untuk Warga Isoman Meroket, Pemkab Karanganyar Kewalahan

Gunarto menyampaikan proses sinkronisasi data untuk pencairan BST dari Kemensos itu membutuhkan waktu. Hal itu harus melibatkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Yang kami kirim file untuk dipadankan dengan Disdukcapil masih ada 1.000-an data. Begitu fixed bisa pencairan. Data valid kami, penerima sampai April ada 21.000-an sasaran. Itu sudah padan dengan Disdukcapil,” ungkapnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Hari Pangan Sedunia, Perpadi Bagikan Beras Gratis ke Warga Delanggu

DPC Perpadi Klaten membagikan 800 paket beras secara gratis kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di Kecamatan Delanggu, Sabtu (16/10/2021) sebagai rangkaian memperingati Hari Pangan Sedunia.

3 Desa di Sukoharjo Gelar Pilkades Antarwaktu, Ini Tahapannya

Ketiga desa yang melaksanakan pilkades antarwaktu yakni Desa Gedangan di Kecamatan Grogol, Desa Trosemi di Gatak, dan Desa Puhgogor di Bendosari.

Geger, Pengunjung Meninggal Saat Belanja di Pasar Jungke Karanganyar

Seorang warga Tasikmadu, Karanganyar, meninggal mendadak saat berbelanja di Pasar Jungke. Korban sempat terjatuh sebelum meninggal dunia.

Sabar Dulu, Pengumuman Hasil Ujian SKD CPNS Sukoharjo Tunggu Ini

Ujian SKD CPNS Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan, namun terkait jadwal pengumuman masih menunggu informasi lebih lanjut dari panitia pusat.

Siap-siap! Ada Pemadaman Listrik di Boyolali Hari Ini (16/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Boyolali hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama lima jam. Ini daerah yang terdampak.

Aturan Baru! Jagong dan Berwisata di Sukoharjo Syaratnya Sudah Vaksin

Pemkab Sukoharjo mensyaratkan wajib sudah divaksin bagi warga yang hendak menggelar dan menghadiri hajatan serta masuk ke tempat wisata.

Pemadaman Listrik Solo Hari Ini (16/10/2021), Daerahmu Terdampak?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo hari ini, Sabtu (16/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Keraton Solo Ditegur Kemendikbud, Gibran: Dirjen Cipta Karya Sudah Cek

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah membahas rencana revitalisasi Keraton Solo dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Ratusan Suporter PSS Sleman Dicegat Masuk Solo, 150 Motor Ditahan

Aparat Polresta Solo berhasil mencegah sekitar 900 suporter PSS Sleman yang hendak masuk Kota Solo saat klub sepak bola tersebut bertanding di Stadion Manahan Solo, Jumat malam.

Ramai Banteng Vs Celeng di PDIP, Dencis: Jangan Sak Karepe Dewe!

Wakil Ketua DPD PDIP Jateng Denny Nurcahyanto alias Dencis mengomentari polemik banteng vs celeng yang belakangan memanas di internal parpol tersebut.

Minim, Bantuan Subsidi Bunga Pinjaman UMKM Sukoharjo Baru Terserap 15%

Serapan bantuan subsidi bunga pinjaman modal UMKM yang digulirkan Pemkab Sukoharjo untuk mendorong pemulihan ekonomi hingga Oktober ini baru mencapai 15%.

Rombongan Suporter asal Jogja Lintasi Colomadu, Sempat Bikin Macet

Rombongan konvoi suporter asal Jogja sempat bikin macet saat melintas di Colomadu, Karanganyar, dalam perjalanan pulang dari Solo.

Kisah Sukarelawan Klaten, Tak Panik Saat Tahu Terpapar Covid-19

Sukarelawan BPBD Klaten justru terang-terangan memberitahukan ke beberapa orang yang telah ditemuinya bahwa dirinya sedang terpapar virus corona, sejak beberapa hari terakhir.

BPR BKK Wonogiri Laba Capai Rp8,5 Miliar

Dari hasil usaha 2021 ini diproyeksikan dapat memberikan deviden bagi dua pemegang saham, yakni Pemprov Jateng dan Pemkab Wonogiri pada 2022 mendatang total senilai Rp4,639 miliar.

Walah, Polemik Banteng Vs Celeng PDIP Disebut Hanya Setingan

Polemik di internal PDIP hingga memunculkan narasi banteng vs celeng belakangan ini disebut hanya setingan untuk menaikkan popularitas Ganjar dan PDIP.