SOLOPOS.COM - Yohana Theodora Juniati (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Suasana duka cita menyelimuti rumah duka Thiong Ting, Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (5/10/2019). Ratusan karangan bunga ucapan duka cita atas berpulangnya Yohana Theodora Juniati menghiasi setiap sudut Thiong Ting.

Keluarga dan kerabat terus berdatangan menyampaikan rasa kehilangan atas wafatnya istri pendiri PT Konimex, Djoenadi Joesoef, itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Yohana Theodora Juniati atau Sie Yauw Nio meninggal dunia di usia 85 tahun. Kepergian ibu empat anak itu meninggalkan berbagai kenangan yang membekas di seluruh hati para keluarga, kerabat, hingga karyawan Konimex.

Secretary of Board of Director PT Konimex, Tanto Nugroho, mengenal Yohana sebagai sosok yang memiliki naluri sosok ibu sangat besar. Yohana juga dikenal mempunyai kepedulian tinggi kepada para karyawan-karyawannya.

“Saya ingat betul ketika sekitar tahun '90an lalu, ada anak karyawan petugas angkat yang menderita kanker mata parah. Saya saat itu menerima laporan kalau sang anak hendak operasi ketiga kalinya, lantas meminta saya untuk memasukkan kabar itu ke media massa agar memperoleh bantuan. Lalu saya minta izin Ibu Yohana, namun ternyata Ibu Yohana justru membantu menyelesaikan pengobatan anak itu hingga tuntas,” ujarnya saat dijumpai .

Ia menjelaskan utang-utang karyawan itu diselesaikan seluruhnya oleh Yohana Theodora Juniati. Bahkan, Yohana ikut mencarikan obat hingga ke Pulau Sumatra karena sangat langka dan biayanya sangat mahal.

Sang anak karyawan yang menderita kanker mata setelah minum obat dari Yohana Theodora Juniati berangsur-angsur membaik hingga saat ini.

Menurutnya, para karyawan PT Konimex sangat mengenal Yohana sebagai Komisaris PT Konimex yang luar biasa. Berbagai wejangan kehidupan seperti berumah tangga, mendidik anak, hingga menjaga kesehatan sering disampaikan Yohana.

“Cara mengelola keuangan melalui hal-hal kecil namun setelah dijalankan ternyata hasilnya luar biasa. Perasaan keibuan Ibu Yohana itu sangat kuat, kami sangat kehilangan sosok beliau,” ujarnya.

Jenazah Yohana Theodora Juniati disemayamkan di rumah duka Thiong Ting Ruang H dan akan diperabukan pada Minggu (6/10/2019) dari Thiong Ting menuju Krematorium Delingan, Kabupaten Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya