Nggak Cuma Semut Rangrang di Sragen, Ini Investasi Bodong yang Bikin Heboh

Investasi bodong berpola sama, yakni menghimpun dana dari nasabah dan menjanjikan menambah nilai investasi secara tajam.

 Ilustrasi semut rangrang. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi semut rangrang. (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Investasi bodong yang terbaru seperti yang terjadi pada investasi semut rangrang di Sragen, rupanya ada banyak. Investasi tersebut berpola sama, yakni menghimpun dana dari nasabah atau anggota.

Dana dijanjikan bakal berkembang hingga nilainya naik tajam. Pada kasus semut rangrang, Sugiyono, owner CV Mitra Sukses Bersama (MSB)/pengelola bisnis investasi rangrang, menjanjikan laba senilai Rp700.000 per paket.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Laba itu awalnya dijanjikan akan dibayar setiap lima bulan. Mantan PNS tersebut juga tidak bisa mengembalikan modal yang sudah disetor investor.

Baca juga: Skuad Sementara Persis Solo

Bisnis investasi ini ditawarkan dalam satu paket senilai Rp1,5 juta. Pada sidang Selasa (27/4/2021), Sugiyono dipastikan terlepas dari jeratan pidana, namun wajib mengembalikan uang mitra Rp1,5 triliun.

Lantas investasi apa saja di Indonesia yang berakhir pada kasus gagal bayar dilabeli investasi bodong?

Baca juga: Nilai Investasi Sragen Naik Miliaran Rupiah Setelah Ada Tol Trans Jawa

Investasi Kampoeng Kurma

Dikutip dari Bisnis.com, investasi Kampoeng Kurma sudah diluncurkan sejak 2016 lalu dan diketahui publik pada November 2019. Namun, sebenarnya Satgas Waspada Investasi telah menghentikan kegiatan bisnis investasi ini pada April 2019.

Bentuk penawaran investasi bodong Kampoeng Kurma, yaitu dengan model membeli kavling berkonsep syariah dan antiriba. Pihak Kampoeng Kurma mengatakan kepada calon pembeli bahwa kavling tersebut akan ditanami pohon kurma dan hasil keuntungan akan dibagikan kepada para pemilik kavling 5 tahun kemudian.

Sayangnya, ketika korban telah membeli kavling, perusahaan tak kunjung menyerahkan akta jual beli. Kavling tersebut nyatanya juga tidak ditanami kurma bahkan tidak ada wujudnya.

Baca juga: Cermati, Begini Cara Bikin 12 Zodiak Jatuh Cinta!

Investasi Sembako UD Sakinah

Investasi bodong di Sleman, DIY ini menjanjikan keuntungan 10-12 persen dari setiap event yang mereka jalankan. Dikutip dari Suara.com, UD sakinah bergerak dalam bisnis penyuplai sembako ke sejumlah hotel berbintang di Yogyakarta setiap hari.

Awalnya bisnis berjalan lancar. Dua pelaku yang sudah ditangkap pada Januari 2020 berdalih sedang menyediakan sembako dengan jumlah yang banyak untuk keperluan event seperti ulang tahun dan seminar di hotel.

Namun, hal itu hanya sebatas kedok untuk menjerat korban. Polda DIY mencatat kerugian akibat ulah pemilik investasi bodong berkedok sembako ini mencapai Rp15,6 miliar.

Baca juga: Kemenhub Lombakan Video Ajakan Tak Mudik

Investasi EDCCash

Kasus investasi bodong EDCCash merugikan 57.000 member yang sudah mentransfer uang senilai Rp5 juta. Dikutip dari Detik.com, pada kasus yang mencuat April 2021 itu, uang member senilai Rp5 juta dikonversikan menjadi 200 koin.

Perinciannya, Rp4 juta untuk koin 200 koin. Kemudian Rp300.000 untuk sewa cloud dan Rp700.000 untuk upline-nya.

Member investasi borong ini dijanjikan, dengan diam saja bisa dapat untung 0,5 persen setiap hari. Sedangkan untuk per bulan, mereka dijanjikan keuntungan 15 persen. Lewat investasi bodong ini, para tersangka EDCCash setidaknya sudah mendapat keuntungan Rp285 miliar.

Sumber: Bisnis.com, Detik.com, Suara.com

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Akhir Tahun Jadi Puncak MICE, Okupansi Hotel di Solo Diharap Ikut Terkerek

      Tiga bulan menuju akhir tahun, Oktober - Desember, menjadi momen penyelenggaraan meeting, incentive, convention, exhibition (MICE).   

      Perlu Tahu, Ini Kemudahan yang Didapat saat Pakai QRIS Antarnegara

       Layanan QR Code Indonesian Strandard (QRIS) yang menghubungkan pembayaran antarnegara (Cross-border QR) dinilai mampu memberikan kemudahan pembayaran bagi beberapa sektor.

      Jadi Incaran Para Pencari Kerja, Segini Gambaran Gaji Pegawai PT Pertamina

      Sebagai salah satu badan usaha milik negara (BUMN), Pertamina disebut memberikan gaji bernilai fantastis kepada para pegawainya.

      Informasi Rekrutmen Pertamina 2022, Para Pencari Kerja Merapat!

      Salah satu Badan Usana Milik Negara (BUMN), PT Pertamina melakukan rekrutmen atau membuka lowongan kerja pada Oktober 2022 ini.

      Imigrasi Siapkan Petunjuk Teknis terkait Paspor 10 Tahun

      Imigrasi sedang mempersiapkan petunjuk teknis dan infrastruktur kesisteman untuk mengimplementasikan aturan perubahan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun tersebut.

      PLTA Kayan Cascade Jadi PLTA Terbesar di Asia Tenggara, Airlangga: EBT Prioritas

      PLTA Kayan Cascade diproyeksikan menjadi PLTA terbesar di Asia Tenggara dengan nilai investasi sebesar US$17,8 miliar.

      Peran Strategis Kebijakan Satu Peta dalam Percepatan Pembangunan Nasional

      Menko Airlangga juga mengapresiasi penyelenggaraan rangkaian Rakernas Kebijakan Satu Peta yang juga melibatkan para mahasiswa.

      Juara Lomba Krenova 2022 akan Diseleksi Lagi untuk Mendapat Pendanaan

      Sebanyak tujuh inventor terpilih menjadi pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) 2022 kategori masyarakat umum.

      BRI Menanam Siap Bagikan 1,75 Juta Bibit Pohon, Bisa Serap 108.000 Ton CO2

      BRI Menanam merupakan inisiatif BRI dengan memberikan bibit pohon produktif atau tanaman buah kepada nasabah yang melakukan pencairan kredit.

      PT Kliring Berjangka Catatkan Barang Resi Gudang Capai Rp1,04 Triliun

      PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) yang berperan sebagai Pusat Registrasi resi Gudang merilis kinerja resi gudang tahun 2022 sampai dengan kuartal III.

      KAI Access Punya Fitur Baru, Bisa Nonton Film Tanpa Kuota di Kereta

      PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan fitur baru pada KAI Access yaitu menu Entertainment on Board (EoB) yang menampilkan berbagai hiburan melalui jaringan wifi khusus selama dalam perjalanan.

      Terdongkrak Sektor Komoditas, Penerimaan Pajak Tembus Rp1.171,8 Triliun

      Penerimaan pajak pada periode Januari-Agustus 2022 mencapai Rp1.171,8 triliun atau tumbuh 58,1 persen (year-on-year/yoy).

      Yuk, Berburu Liburan Hemat dan Seru Bersama Nusantaratour dan Bank Mandiri

      Rangkaian roadshow acara pameran produk perjalanan Nusantaratour bersama Bank Mandiri akan hadir di Solo dengan tajuk Pesta Wisata 2022 presented by Livin’ by Mandiri di Paragon Mall Solo pada Jumat-Minggu (7-9/10/2022).

      Seluruh Harga Pangan di Pasar Legi dan Nusukan Stabil, Kamis 6 Oktober 2022

      harga komoditas pangan di Pasar Legi dan Pasar Nusukan terpantau stabil pada Kamis (6/10/2022).

      Antam dan UBS Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Kamis 6 Oktober 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Kamis (6/10/2022) hari ini kompak naik untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.