Ngeri! Gunung Gajah Pemalang Punya Kerajaan Siluman Terbesar

Terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, gunung ini berlokasi 35 km dari pusat Kota Pemalang, dari arah barat daya.

 Gunung Gajah (instagram/@wowok_birowo)

SOLOPOS.COM - Gunung Gajah (instagram/@wowok_birowo)

Solopos.com, PEMALANG — Gunung Gajah merupakan salah satu lokasi wisata di Pemalang yang banyak dikunjungi akhir-akhir ini. Terletak di Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, gunung ini berlokasi 35 km dari pusat Kota Pemalang, dari arah barat daya.

Memiliki ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl, Gunung Gajah bukanlah gunung yang aktif, melainkan hanya area perbukitan berbatu yang ditumbuhi pepohonan. Diberi nama gajah karena dari kejauhan terlihat seperti seekor gajah. Ditempat ini, banyak dijumpai kera-kera yang bergelantungan di pepohonan.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Seperti tempat-tempat mistis lainnya di Pemalang, Gunung Gajah juga memiliki kisah misteri. Berdasarkan pantauan Solopos.com di kanal Youtube SI MIMEN, Rabu (19/5/2021), di bagian puncak  Gunung Gajah terdapat sebuah gua yang dihuni oleh kelelawar.  Masyaraakt sekitar percaya bahwa gua yang dikenal dengan sebutan Gua Lawa itu pernah dijadikan tempat pertapaan oleh sesepuh setempat.

Baca Juga : Pemerintah Kabupaten Pemalang Bakal Patenkan Nanas Madu

Gunung Gajah diyakini memiliki aura kemistisan yang kuat. Diceritakan kala itu ada sekelompok mahasiswa pendaki yang akan melakukan pendakian di Gunung Gajah. Sebelumnya, warga setempat sudah memperingatkan sekelompok pemuda ini untuk menjaga perkataan selama mendaki.

Namun, karena terbawa  suasana, salah satu dari kelompok pendaki ini mengucapkan kata-kata tidak senonoh kepada sesama temannya, seperti layaknya pemuda jaman sekarang saat bersendau gurau, sudah pasti keluar kata-kata umpatan atau kata-kata tidak sesonoh.

Alhasil, pemuda yang berkata kotor itu jatuh ke jurang dan mayatnya tidak diketemukan. Sedangkan untuk Gua Lawa yang ada di puncak Gunung Gajah itu diyakini dihuni oleh serangkaian mahkluk gaib. Bahkan jika ditelusuri, Gua Lawa itu terhubung sampai ke bawah Gunung.

Baca Juga : Pedagang Pantai Widuri Pemalang Jalani Rapid Test

Gunung Gajah juga diyakini sebagai tempat adanya kerajaan siluman terbesar yang digambarkan  dari bentuk gunung yang menyerupai gajah tersebut. Masyarakat sekitar juga percaya bahwa  kera-kera yang bergelantungan di pohon itu adalah jelmaan manusia yang dulunya dikutuk menjadi kera karena lalai akan perintah Tuhan.

Namun hingga sekarang, belum ada kepastian perihal Gua Lawa itu karena tidak ada yang berani masuk kedalam lorong gua. Para pendaki umumnya hanya melihat dan melintasi mulut gua. Salah satu faktornya adalah gua ini dihuni oleh ribuan kelelawar sehingga baunya sangat menyengat.

Gua Lawa juga dipercaya sebagai tempat harta gaib, namun sampai sekarang tidak ada yang berhasil memilikinya. Gunung Gajah saat ini semakin menarik wisatawan. Hal ini dikarenakan adanya kesepakatan antara masyarakat Desa Gongseng dengan Perhutani untuk proyek  pengembangan.

Alhasil, Gunung Gajah makin dikunjungi warga, khususnya para kaum milenial yang ingin mengabadikan gambar diri mereka dengan latar keindahan alam yang disuguhkan dari puncak Gunung Gajah.

Sumber: Youtube SI MIMEN

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bagikan Cokelat, Cara Polres Salatiga Sosialisasikan Nomor Layanan Aduan

      Brosur yang dibagikan kepada masyarakat bukan hanya tentang Layanan 110, namun juga berisi informasi layanan publik yang ada di Polres Salatiga berupa pembuatan SIM, SKCK, tata cara pelaporan di SPKT dan layanan sidik jari Sat Reskrim.

      Desa Conto Wonogiri Jadi Desa Wisata Terbaik Jateng 2022 untuk Kategori Ini

      Desa Wisata Conto di Kabupaten Wonogiri didapuk sebagai desa wisata terbaik Jateng 2022 untuk kategori Sapta Pesona dan CHSE.

      Lima Kata Khas Semarangan, Nomor Satu Kasar bin Agresif

      Berikut lima kata-kata yang menjadi ciri khas bahasa daerah Semarang atau Semarangan.

      Selamat! Desa di Banyumas Ini Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Jateng 2022

      Desa Wisata Pekunden di Kabupaten Banyumas dinobatkan sebagai desa wisata terbaik atau meraih juara pertama dalam Gelar Desa Wisata Jawa Tengah (Jateng) 2022.

      Solidaritas, Napi & Sipir Lapas Semarang Galang Dana bagi Korban Gempa Cianjur

      Napi dan sipir Lapas Kedungpane Semarang menggelar doa bersama dan menggalang dukungan bagi korban gempa Cianjur.

      225 Pemuda Jateng Ditempa Jadi Pebisnis di Salatiga

      Yayasan Plan Indonesia dan SPPQT memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ratusan pebisnis muda asal Jateng di Salatiga.

      Miris, Gaji Guru Madrasah di Blora Rp50.000 per Bulan

      Gaji guru madrasah di Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), disebut masih jauh di bawah kesejahteraan yakni Rp50.000 per bulan.

      Kongres Ulama di Jepara Berakhir, Ini 8 Rekomendasi untuk Pemerintah Jokowi

      Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) II yang digelar di Jepara, Jateng, telah resmi berakhir dengan menghasilkan 8 rekomendasi.

      Janjikan Bisa Lolos CPNS, Guru PNS di Grobogan Dilaporkan ke Polisi

      Dua PNS, di mana salah satunya guru SMP dilaporkan ke polisi atas dugaan penipuan penerimaan CPNS di Kabupaten Grobogan.

      Selamatkan Lahan Kritis, Pemprov Jateng Tanam Jutaan Pohon

      Pemprov Jateng telah melakukan penanaman jutaan pohon sebagai upaya menyelamatkan lahan kritis.

      Sopir Ambulans di Ambarawa Jadi Korban Pembunuhan, Pelaku Diduga Perempuan

      Seorang sopir ambulans di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, diduga menjadi korban pembunuhan seorang perempuan.

      Truk Salip Truk di Jalan Kudus-Pati, Pengendara Vario Jadi Korban

      Kecelakaan maut melibatkan truk tronton dengan pengendara sepeda motor Vario terjadi di Jalan Kudus-Pati, Kabupaten Kudus.

      Warga Belum Terima Ganti Rugi Tol Semarang-Demak, PPK: Tidak Ada Nama Suparwi

      Seorang warga Desa Pulosari, Kecamatan Karangtengah, Demak, mengeklaim belum mendapatkan uang ganti rugi atas tanah yang digunakan pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi II.

      Hilang Sejak Kamis, Kakek asal Grobogan Ditemukan Meninggal di Sawah

      Seorang kakek berusia 64 tahun asal Grobogan ditemukan meninggal dunia di area sawah dalam posisi tergeletak.

      Kebut Proyek Tol Semarang-Demak, Gubernur Ganjar Bentuk Tim Khusus

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi I.