Nelayan Tepian Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Sewakan Perahu untuk Wisata

Nelayan di tepian Waduk Gajah Mungkur, tepatnya dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menyediakan daya tarik wisata baru, yakni perahu wisata.

 Deretan perahu yang terparkir di pesisir Waduk Gajah Mungkur, tepatnya di dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Jumat (21/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

SOLOPOS.COM - Deretan perahu yang terparkir di pesisir Waduk Gajah Mungkur, tepatnya di dekat Pasar Sapi Wuryantoro, Jumat (21/1/2022). (Solopos/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Area tepian Waduk Gajah Mungkur, tepatnya dekat Pasar Sapi Wuryantoro di Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri No.18, Ngebel, Desa Mlopoharjo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah memiliki daya tarik wisata baru, yakni perahu wisata.

Pada Jumat (21/1/2022), tampak 30 perahu terparkir di tepian. Perahu itu milik nelayan. Salah satu pengelola perahu wisata, Santoso, menyampaikan bahwa perahu yang biasa untuk mencari ikan itu disewakan sebagai salah satu daya tarik wisata bagi masyarakat.

PromosiRaih GPTW, Telkom Jadi Dream Job Bagi Pencari Kerja di Indonesia 

Baca Juga : Ingin Wisata ke WGM Wonogiri? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Sasaran perahu wisata adalah pemancing maupun wisatawan yang hanya ingin berkeliling waduk. “Siapapun bisa menggunakan, tapi minimal dua orang kalau ingin berwisata,” kata Trimo, warga di Kecamatan Wuryantoro, saat ditemui Solopos.com di sekitar waduk, Jumat.

Santoso menambahkan bahwa masyarakat yang ingin memancing cukup membayar Rp150.000 untuk menyewa perahu. Tetapi, apabila hanya ingin berkeliling waduk saja maka biayanya Rp100.000.

Baca Juga : Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

“Tapi hanya sekitar satu sampai dua kilometer [km] saja. Kalau lebih dari itu harganya lain lagi,” ujar Santoso.

Santoso mengungkapkan wisatawan yang datang untuk memancing paling ramai pada Sabtu dan Minggu. Meski demikian, menurutnya, dalam dua pekan belakangan ini sepi.

Baca Juga : Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Kapasitas perahu hanya untuk empat hingga lima orang. Sayangnya, perahu-perahu wisata tersebut tak difasilitasi pelampung untuk keamanan penumpang.

Hal tersebut berpotensi membahayakan jika perahu bermasalah di tengah-tengah waduk dan penumpang tidak memahami cara menyelamatkan diri.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

+ PLUS Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Berita Terkini

Pemkab Wonogiri Siapkan Bangsal Isolasi Hepatitis Akut

Pemerintah kabupaten (Pemkab) Wonogiri telah mengantisipasi munculnya penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Bawaslu Boyolali Gandeng Penyandang Disabilitas untuk Awasi Pemilu

Sosialisasi diadakan untuk meningkatkan peran pengawasan partisipatif penyandang disabilitas dalam pemilihan umum (pemilu).

Bawa Sapi Bergejala PMK di Wonogiri, Peternak akan di-Blacklist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri secara tegas berupaya mencegah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak.

Solo Ditunjuk Siapkan SDM Industri Mobil Listrik Dunia, Ini Kata Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Solo Technopark yang ditunjuk jadi penyedia SDM untuk pengembangan industri mobil listrik dunia sangat sibuk setahun terakhir ini.

Riset Belanda Ungkap Tiga dari 10 Situs Jawa Kuno di Boyolali Hilang

Masa Jawa Kuno meninggalkan sejumlah peradaban di Kota Susu Boyolali, di mana berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Leiden Belanda dalam riset disertasinya pada 2009, mengungkap tiga dari 10 situs dinyatakan hilang.

Info Lur! 2.241 Loker Tersedia di Virtual Job Fair 2022 Wonogiri

Sebanyak 2.241 lowongan kerja dari 25 perusahaan tersedia pada Wonogiri Virtual Job Fair 2022.

Salah Satu Peritel Terbesar Asia Masuk Solo, Sudah Survei Lokasi Loh!

Salah satu perusahaan ritel atau peritel terbesar di Asia, PT Lulu Group Retail berekspansi ke Solo dan tengah melakukan survei lokasi.

Wuih, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Juga Bangun Jalan di Bandung Euy

Pengusaha berjuluk crazy rich Grobogan, Joko Suranto, ternyata juga pernah membangun jalan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, pakai uang pribadi senilai Rp1 miliar.

Disparbudpora Klaten Petakan Taman Nyi Ageng Rakit, untuk Apa?

Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten memetakan Taman Nyi Ageng Rakit.

Tunggu SE Wali Kota, Satpol PP Solo Minta Warga Tetap Pakai Masker

Satpol PP Solo mengimbau masyarakat tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka karena belum ada SE Wali Kota yang mengatur boleh lepas masker.

Disdukcapil Klaten Luncurkan Sakura Pengganti Sipon Keduten, Apa Itu?

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten meluncurkan pelayanan online baru bernama Sakura, akronim dari Sistem Layanan Administrasi Kependudukan Dalam Jaringan.

249 Calhaj Boyolali Tidak Bisa Naik Haji Tahun 2022, Ini Sebabnya

Kuota haji Boyolali pada 2022 sebanyak 317 calon jemaah haji dengan 91 cadangan.

Tali Pusar Masih Menempel, Ini Usia Bayi yang Membusuk di Bengawan Solo

Tali pusar masih menempel di perut bayi yang jasadnya ditemukan membusuk di pinggri Bengawan Solo di Jaten, Karanganyar.

8 Calhaj Klaten Tunda Keberangkatan Tahun Ini, Kenapa?

Kabupaten Klaten mendapatkan kuota pemberangkatan haji sebanyak 493 calon jemaah haji (calhaj) di tahun ini.

5 Desa di Karanganyar Ini Dicanangkan Jadi Desa Cantik, Apa Itu? 

Lima desa di lima Kecamatan di Karanganyar dicanangkan menjadi Desa Cantik yang merupakan kependekan dari Desa Cinta Statistik.