Nekat Bonceng Tiga Naik Motor di Wonogiri? Tanggung Sendiri Akibatnya

Polres Wonogiri menggelar Operasi Patuh Candi 2022 selama 14 hari mulai Senin-Minggu (13-26/6/2022), salah satu sasarannya pengendara motor yang berboncengan tiga.

 Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto (kiri), Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, dan Dandim 0728 Letkol infanteri Deny Octaviano memeriksa kendaraan pendukung Operasi patuh Candi 2022. (istimewa/Humas Polres Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Marwanto (kiri), Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, dan Dandim 0728 Letkol infanteri Deny Octaviano memeriksa kendaraan pendukung Operasi patuh Candi 2022. (istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri menggelar Operasi Patuh Candi 2022 selama 14 hari mulai Senin-Minggu (13-26/6/2022), salah satu sasarannya pengendara yang berboncengan tiga.

Operasi Patuh Candi 2022 bertujuan menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. Kasatlantas Polres Wonogiri, AKP Marwanto, mengatakan penindakan pelanggaran lalu lintas dilakukan menggunakan electronic traffic law enforcement (ETLE), yaitu teknologi untuk menangkap pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Mereka menggunakan ETLE statis maupun mobile. “ETLE statis itu contohnya yang biasa ditemui di perempatan-perempatan. Kalau ETLE mobile bergerak secara dinamis menggunakan kendaraan Polantas pemantau lalu lintas,” kata Marwanto saat dihubungi Solopos.com, Rabu (15/6/2022) pagi.

Polisi akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pemilik kendaraan bagi pengendara yang terbukti melanggar peraturan lalu lintas melalui ETLE. Surat tersebut berisi foto bukti pelanggaran, lokasi dan waktu pelanggaran, jenis pasal yang dilanggar, dan tenggat konfirmasi.

Kemudian, jika pengendara tersebut telah mengonfirmasi dan membenarkan hal tersebut maka yang bersangkutan diharapkan segera membayar denda tilang elektronik via Bank BRI. Jika hingga masa tenggat waktu yang sudah ditentukan pengendara tidak membayar denda maka nomor polisi kendaraan akan diblokir.

Baca Juga : Baru Dimulai, Operasi Patuh Candi 2022 Demak Sudah Jaring 221 Pelanggar

Operasi Patuh Candi 2022 akan fokus menindak tujuh pelanggaran berlalu lintas, yaitu pengendara di bawah umur, pengendara berboncengan tiga, tidak menggunakan helm standar atau sabuk pengaman.

Kemudian, pengendara yang melawan arus lalu lintas. “Pengendara yang melaju melebihi batas kecepatan, pengendara dalam pengaruh alkohol, dan pengendara atau pengemudi yang memainkan telepon seluler,” ujar dia.

Terpisah, Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, menuturkan tema Operasi Patuh Candi 2022 adalah Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa. Operasi tersebut mengedepankan edukatif, persuasif, dan humanis.

Melalui operasi ini masyarakat diharapkan bisa tertib dan disiplin berlalu lintas. “Selain itu operasi ini dilaksanakan untuk menekan angka pelanggaran maupun fatalitas koran kecelakaan lalu lintas,” kata Dydit saat memimpin apel kegiatan gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2022, Senin (13/6/2022).

Baca Juga : Catat! Ini 7 Sasaran Operasi Patuh Candi 2022, Salah Satunya Main HP

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

+ PLUS Persebaran PMK Meluas, Kebutuhan Hewan Kurban 1,81 Juta Ekor

Pemerintah meluncurkan gerakan disinfeksi nasional, Kamis (30/6/2022), untuk mengendalikan penyakit mulut dan kuku (PMK). Wabah PMK makin meluas di 19 provinsi dan tak hanya menjangkiti sapi.

Berita Terkini

UNS Pasang EWS Indoor di 100 Rumah di Karanganyar, Ini Lokasinya

Ketua tim peneliti dari Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS, Ahmad Marzuki mengatakan timnya mengembangkan sensor indoor dan sudah dipasang pada 100 rumah di 11 desa di Kabupaten Karanganyar.

Kelurahan Gayam Sukoharjo Jadi Juara 1 Lomba Tiga Pilar Polda Jateng

Konsep Tiga Pilar adalah konsep kekompakan, keterpaduan, dan kerja sama dalam satuan lingkungan pemerintahan kelurahan atau desa antara lurah bersama dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas

Hewan Kurban Wajib Ada SKKH, Begini Cara Peroleh SKKH di Boyolali

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengatakan SKKH untuk hewan yang digunakan untuk kurban di dalam daerah Boyolali dan ternak yang dikirim ke luar daerah berbeda.

Vaksinasi PMK di Boyolali Sasar Sapi Sehat, Untuk Sapi Sembuh?

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan (Keswan) Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali, drh. Afiany Rifdania, mengungkapkan sapi-sapi yang sembuh dari PMK akan mendapatkan perlakuan yang berbeda.

Kereta Kuda dan Permainan Volume Besar Dilarang di CFD Klaten

CFD Jl Mayor Kusmanto Klaten digelar di sepanjang ruas jalan dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen dan digelar saban Minggu pukul 05.00 WIB-09.00 WIB.

Begini Alasan Organda Wonogiri Pamor Bus Bumel Makin Menurun

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Wonogiri, Edi Purwanto, menyebut menurunnya pamor bus bumel tak terlepas oleh sikap masyarakat yang memiliki kecenderungan mulai meninggalkan transportasi umum.

Polisi Selidiki Kasus Meninggalnya Warga Sragen Wetan, Ada Kejanggalan?

Polres Sragen tengah menangani kasus kematian seorang ibu di Sragen Kota yang dinilai ada kejanggalan

Warung Makan Solet di Makamhaji Kartasura, Lokasi Ndelik Tapi Ramai

Warung Solet menyajikan aneka menu masakan jawa. 

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.