Pedagangan memborong mangga Madiun saat panen tiba (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Solopos.com, SOLO -- Buah mangga saat ini mudah ditemukan di pasar maupun toko buah. Bahkan, harganya pun terbilang murah. Tercatat di salah satu pasar di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) harga satu kilogram buah mangga berkisar antara Rp6.000 hingga Rp8.000.

Dengan harga yang terbilang murah tersebut, masyarakat berbondong-bondong untuk memborong buah mangga. Namun, salah satu yang harus diperhatikan adalah daya simpan buah mangga yang tergolong tidak lama. Dilansir dari berbagai sumber, buah mangga yang sudah matang dan di simpan di lemari es hanya bisa bertahan setidaknya enam hari saja.

Baca Juga: Harga Tanah di Mipitan Solo Meroket di Atas Rp3 Juta/M2, Ini Pemicunya

Maka dari itu, diperlukan teknik penyimpanan yang sesuai agar buah mangga tetap awet dan segar. Berikut tiga tips menarik yang perlu Anda ketahui, seperti yang telah diberitakan Okezone.com, Jumat (21/08/2015).

1.Simpan suhu ruangan

Sebaiknya saat Anda membeli buah mangga, pilihlah buah yang belum terlalu matang sehingga akan lebih awat daya simpannya. Kemudian, simpan buah mangga pada suhu 18-22 derajat Celcius. Terakhir, jauhkan dari sinar matahari sampai buah benar-benar matang.

Baca Juga: Polisi Bekuk Penipu Bermodus Perbaiki Mobil Saat Sekaten di Solo

  1. Simpan dengan kantong kertas

Menyimpan buah mangga yang belum matang sebaiknya ditaruh dalam kantong kertas atau mudahnya balut buah mangga dengan kertas bekas. Hal ini bertujuan agar buah mangga tetap mendapatkan udara sehingga buah akan tampak segar dan nikmat saat dimakan.

  1. Simpan buah mangga di dalam kulkas saat sudah matang

Baca Juga: Hasil & Klasemen Liga Jerman Pekan Ke-11: Munchen Bantai Dortmund

Jika buah mangga sudah matang dengan sempurna, taruh buah mangga ke dalam kulkas. Hal ini bertujuan untuk menghentikan pematangan dalam buah.

Mudah bukan? Selamat mencoba.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten