Mungkinkah Hepatitis Akut Misterius Terkait Covid-19?

Sebuah penelitian berusaha mengungkapkan hubungan antaran hepatitis akut misterius dengan Covid-19.

 Ilustrasi hepatitis akut misterius. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hepatitis akut misterius. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebuah penelitian mengungkapkan kemungkinan hepatitis akut misterius terkait dengan Covid-19. Meski belum diketahu penyebabnya, sejauh ini para ahli menduga penyebabnya adalah adenovirus.

Baru-baru ini, ada laporan anak-anak mengalami hepatitis akut yang parah di Inggris, Eropa, Amerika Serikat, Israel, dan Jepang. Sebagian besar pasien datang dengan gejala gastrointestinal dan kemudian berkembang menjadi penyakit kuning dan, dalam beberapa kasus, gagal hati akut.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Sejauh ini, tidak ada paparan lingkungan yang umum telah ditemukan, dan agen infeksi tetap menjadi penyebab yang paling masuk akal. Virus hepatitis A, B, C, D, dan E belum ditemukan pada pasien ini, tetapi 72% anak dengan hepatitis akut berat di Inggris yang diuji untuk adenovirus memiliki adenovirus yang terdeteksi, dan dari 18 kasus subtipe di di Inggris, semuanya diidentifikasi sebagai adenovirus.

Ini bukan subtipe yang tidak umum, dan terutama menyerang anak-anak dan pasien dengan gangguan sistem kekebalan. Namun, menurut studi yang dirilis di Lancet itu, adenovirus 41F sebelumnya belum pernah dilaporkan menyebabkan hepatitis akut yang parah.

Baca Juga: Kenali Gejala Hepatitis Akut Misterius pada Anak dan Orang Dewasa

Dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (17/5/2022), SARS-CoV-2 telah diidentifikasi pada 18% kasus yang dilaporkan di Inggris dan 11 (11%) dari 97 kasus di Inggris dengan data yang tersedia diuji positif SARS-CoV-2 saat masuk; tiga kasus lainnya dinyatakan positif dalam 8 minggu sebelum masuk rumah sakit. Tes serologis yang sedang berlangsung kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak anak dengan hepatitis akut parah dan infeksi SARS-CoV-2 sebelumnya atau saat ini.

Sebelas dari 12 pasien Israel dilaporkan menderita Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir, dan sebagian besar kasus hepatitis yang dilaporkan terjadi pada pasien yang terlalu muda untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Infeksi SARS-CoV-2 dapat mengakibatkan pembentukan reservoir virus.

Persistensi virus SARS-CoV-2 di saluran pencernaan dapat menyebabkan pelepasan berulang protein virus melintasi epitel usus, sehingga menimbulkan aktivasi imun. Aktivasi imun berulang tersebut mungkin dimediasi oleh motif superantigen dalam protein lonjakan SARS-CoV-2 yang mirip dengan enterotoksin B6 Staphylococcal yang memicu aktivasi sel T yang luas dan non-spesifik.

Baca Juga: Waspadai Hepatitis Akut, Begini Cara Adenovirus Masuk ke Tubuh

Aktivasi sel imun yang dimediasi superantigen ini telah diusulkan sebagai mekanisme penyebab sindrom inflamasi multisistem pada anak-anak. Hepatitis akut telah dilaporkan pada anak-anak dengan sindrom inflamasi multisistem, tetapi koinfeksi virus lain tidak diselidiki.

“Kami berhipotesis bahwa kasus hepatitis akut parah yang baru-baru ini dilaporkan pada anak-anak bisa menjadi konsekuensi dari infeksi adenovirus dengan trofisme usus pada anak-anak sebelumnya. terinfeksi oleh SARS-CoV-2 dan membawa reservoir virus,” papar hasil penelitian yang dirilis pada 13 Mei 2022 itu.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Menyebar Lewat Udara & Makanan, Ini Saran Kemenkes

Pada tikus, infeksi adenovirus peka terhadap syok toksik yang dimediasi oleh Staphylococcal-enterotoxin-B, yang menyebabkan gagal hati dan kematian. Sembilan hasil ini dijelaskan oleh skewing imun tipe-1 yang diinduksi adenovirus, yang, setelah pemberian enterotoksin B Staphylococcal berikutnya, menyebabkan produksi IFN-? yang berlebihan dan apoptosis hepatosit yang dimediasi IFN-?.

“Kami menyarankan agar anak-anak dengan hepatitis akut diselidiki untuk persistensi SARS-CoV-2 dalam tinja, kemiringan reseptor sel T, dan IFN -? upregulation, karena ini dapat memberikan bukti mekanisme superantigen SARS-CoV-2 pada inang yang peka terhadap adenovirus-41F. Jika bukti aktivasi imun yang diperantarai superantigen ditemukan, terapi imunomodulator harus dipertimbangkan pada anak dengan hepatitis akut berat,” demikian penjelasan dari penelitian itu.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Studi Ungkap Kemungkinan Kaitan Hepatitis Akut dengan Covid-19

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

+ PLUS Dua Ahli Pernah Menjelaskan Ihwal Ganja Medis di Mahkamah Konstitusi

Dua orang ahli dari Korea Selatan dan Thailand pernah didatangkan ke Mahkamah Konstitusi untuk memberikan penjelasan tentang penggunaan ganja untuk kepentingan medis di dua negara itu.

Berita Terkini

Kenapa Dilarang Menikah di Bulan Muharam?

Ada sejumlah alasan kenapa dilarang menikah di Bulan Muharam.

Cerpen Gelar Haji

Laki-laki dengan gelar haji yang tak pernah berubah tabiatnya sekalipun haji tiga kali itu, pastilah akan membanggakan kehajiannya kemudian memberitahukan ke setiap orang.

Bolehkah Puasa Tarwiyah dan Arafah Sekalian Bayar Utang Ramadan?

Salah satu amalan ibadah yang sangat dianjurkan adalah puasa Tarwiyah jatuh pada 8 Dzulhijjah, dan puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Kapan Mulai Puasa Dzulhijjah? Ini Panduannya

Untuk menjawab pertanyaan kapan mulai puasa Dzulhijjah, berikut ini panduannya.

Kenapa Banyak Orang Menikah di Bulan Dzulhijjah?

Meskipun untuk waktu pelaksanaan pernikahan tidak ada waktu khusus, kenapa banyak orang menikah di Bulan Dzulhijjah?

Begini Hukum Pernikahan Beda Agama Menurut Syariat Islam

Berikut ini pembahasan hukum pernikahan beda agama baik secara syariat Islam maupun negara.

Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Ajukan Pinjaman Online agar Lekas Disetujui

Bagi Anda yang ingin mengetahui tips untuk mempercepat proses verifikasi dan persetujuan pengajuan pinjaman online atau pinjol, simak penjelasan berikut ini.

Cerpen Pembuktian

Aku yakin Djenar pasti jeli membaca cerpenku, dan akan memberikan banyak catatan. Padahal, sejujurnya niatku mengajaknya bertemu bukan untuk keperluan itu.

Cek Arti Mimpi Tenggelam, Benarkah Pertanda Buruk?

Mimpi tenggelam tentu bikin jantung berdebar-debar dan bertanya-tanya apa artinya ya?

Sangat Dianjurkan, Ini Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Banyak amalan yang dapat dilakukan umat Islam untuk menambah pahala. Salah satunya adalah dengan menjalankan puasa Senin-Kamis.

Arti Mimpi Mendapatkan Uang, Pertanda bakal Dapat Rezeki Nomplok?

Mimpi mendapatkan uang tentu bikin bahagia karena bunga tidur itu sering diartikan sebagai pertanda baik, benarkah demikian?

Cerpen Kisah Cinta Lelaki Gandrung

Kata orang-orang, bapakku miskin dan buruk rupa. Mereka bingung mengapa Ibu memilih Bapak, bukannya menjadi istri keempat Pak Warta yang kaya raya.

Apakah Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

WHO mencatat hingga Jumat (24/6/2022) ada 70 kematian di Afrika Tengah, apakah virus ini berbahaya bagi manusia?

Mengintip Layanan & Fasilitas Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang

Cardiac Center RS Columbia Asia Semarang memiliki layanan untuk penyakit jantung yang lengkap dan fasilitas cathlab standar internasional.

Kenapa Alkohol Bekonang Dinamakan Ciu? Ternyata dari Bahasa China

Tahukah Anda nama ciu yang merupakan alkohol khas dari Bekonang, Sukoharjo dinamai dengan kata dari bahasa Mandarin.

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?