Muncul Klaster Ponpes di Madiun, 14 Santri Terpapar Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, MADIUN -- Muncul klaster penularan Covid-19 di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun. Saat ini sudah ada 14 santri di pondok pesantren tersebut yang terpapar virus corona.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Madiun, Mashudi, mengatakan sudah dua hari terakhir kasus penularan Covid-19 di salah satu ponpes di wilayah Kebonsari terdeteksi. Pada hari pertama pelacakan ada tiga santri yang terpapar. Ketiganya remaja laki-laki berusia 16 tahun, 12 tahun, dan 13 tahun.

Selanjutnya pada Sabtu (26/12/2020) ini, terlacak ada sebelas santri yang terpapar Covid-19. Sebelas pasien tersebut merupakan remaja laki-laki.

Catat Ya, Naik Mobil Pribadi Tak Wajib Jalani Rapid Tes Antigen

Melakukan Perjalanan

Mereka yang terpapar yaitu remaja berinisial TR berusia 18 tahun, ZK berusia 14 tahun, HAM berusia 17 tahun, SNM berusia 15 tahun, AN berusia 12 tahun, IB berusia 14 tahun, MRA berusia 13 tahun, MA berusia 15 tahun, HAS berusia 17 tahun, OANW berusia 16 tahun, dan MSB berusia 13 tahun.

“Hingga saat ini sudah ada 14 santri ponpes itu yang terpapar Covid-19. Ini klaster penularan baru,” kata dia, Sabtu.

Mashudi menuturkan dari hasil keterangan para santri ponpes ini terpapar setelah sebelumnya melakukan perjalanan ke permakaman blorang. Selain itu, sepekan sebelumnya mereka juga mendapatkan kunjungan tamu dari luar kota.

Alila Solo Raih Akreditasi Prokes Nasisioonal & Internasional

Setelah itu, para santri tersebut mengalami keluhan demam dan indera penciumannya tidak berfungsi. Selanjutnya para santri tersebut menjalani tes swab dan terlacak bahwa ada belasan santri yang ternyata positif Covid-19.

“Sebagian besar santri mengalami keluhan yang sama, yaitu mengeluh tidak bisa mencium bau dan tidak bisa merasakan makanan. Saat ini, santri yang terpapar wajib melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Sedangkan seluruh santri pondok pesantren tersebut diwajibkan isolasi mandiri selama 14 hari ke depan.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom